Mencari Penghasilan Tambahan di Tengah Pandemi? Coba Usaha Ini!


Mencari Penghasilan Tambahan di Tengah Pandemi? Coba Usaha Ini! 1

Saat ini semua sektor kehidupan terpengaruh oleh pandemi covid 19. Kita tidak tahu, kapan keadaan akan kembali normal. Banyak perusahaan yang terpaksa merumahkan karyawannya. Ada juga perusahaan yang mengurangi jam kerja sehingga pendapatan karyawan berkurang. Sedangkan kebutuhan sehari-hari tetap harus dipenuhi. Bahkan biaya hidup cenderung naik.

Selain berhemat, salah satu cara untuk mengatasi masalah ekonomi adalah dengan meningkatkan penghasilan. Namun dengan kondisi dibatasinya kegiatan di luar rumah, usaha yang dapat dijalankan juga terbatas. Berikut 4 usaha yang dapat dilakukan dari rumah:

1. Menulis

Menulis adalah salah satu jenis usaha di rumah yang dapat dilakukan tanpa mengganggu kegiatan utama. Cukup dengan bermodal laptop dan jaringan internet, kamu dapat menghasilkan uang dengan jumlah yang cukup menjanjikan. Saat ini banyak situs dan media cetak yang menerima tulisan dari kontributor dengan bayaran yang lumayan.

Menulis adalah ketrampilan yang dapat dipelajari. Di internet banyak informasi trik dan tips menulis yang baik. Jika tulisanmu sudah berkualitas, kamu dapat mengirim ke situs atau media yang sesuai. Tidak perlu ke kantor pos atau ke ekspedisi untuk mengirimnya. Kamu cukup menulis email atau membuka situs yang kamu tuju, kemudian submit tulisanmu.

2. Merajut

Ketrampilan merajut bukan hanya cocok untuk nenek-nenek. Saat ini hobi merajut sudah banyak ditekuni oleh remaja putri bahkan putra. Untuk menghasilkan produk rajut yang berkualitas, kamu dapat belajar melalui youtube. Peralatan yang dibutuhkan untuk merajut juga cukup sederhana, yaitu hookpen, benang rajut, benang jahit, ritsleting dan kain pelapis. Jika kamu belum mempunyai mesin jahit untuk menyatukan rajutan dengan kain pelapis, jangan bingung. Kamu bisa memasangnya dengan jahit tangan.

Pendapatan dari merajut juga cukup menjanjikan. Hasil rajut dengan kualitas premium dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi. Cara pemasaran produk rajutan juga cukup mudah. Kamu dapat menggunakan media sosialmu seperti FB, instagram , WA atau melalui marketplace.

3. Mendampingi sekolah daring

Sampai saat ini anak-anak masih harus bersekolah dari rumah dengan daring. Sedangkan tidak semua orang tua dapat bekerja dari rumah. Ada beberapa kantor yang masih meminta karyawan untuk masuk kerja dengan protokol kesehatan. Anak-anak yang bersekolah daring perlu mendapat pendampingan dari orang tua, terutama yang masih di bangku SD.

Kamu dapat memanfaatkan kondisi ini dengan membuka jasa mendampingi sekolah daring bagi anak-anak yang orang tuanya bekerja di luar rumah. Jika kamu enggan untuk datang ke rumah siswa yang kamu dampingi, kamu dapat membuka jasa dengan sistem siswa yang datang ke rumahmu.

4. Menjual media tanam organik

Pandemi covid membuat banyak orang mempunyai hobi baru, yaitu bertanam. Ini adalah peluang untuk mendapatkan uang. Banyak pecinta tanaman dadakan ini yang tidak tahu cara membuat media tanam organik yang baik. Kamu dapat menjual media tanam organik dalam kemasan plastik, konsumen tinggal memindahkan ke pot.

Pembuatan media tanam organik sangat mudah. Bahan yang dibutuhkan berupa tanah gembur, kompos dan abu sekam. Komposisi media tanam organik adalah 2:1:1, yaitu dua bagian tanah, satu bagian kompos dan satu bagian abu sekam.

Kalau biasanya orang menjual tanah dalam satuan hektar atau m² kali ini kamu dapat menjual tanah dalam satuan kilo ya. Kamu dapat memasarkan media tanam organik melalui media sosial atau titip ke penjual pot dan tanaman.

Ternyata banyak peluang untuk mendapat tambahan penghasilan dari rumah yang dapat dikerjakan. Tinggal bagaimana kamu memulai dan mempertahankan usaha yang kamu jalankan. Bisa jadi usaha ini akan menjadi sumber penghasilan utama untukmu. Selain mudah dikelola, dalam menjalankan usaha ini kamu tidak perlu meninggalkan rumah.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Isnaini

   

Mantan bankir, ibu rumah tangga yang mempunyai hobi menulis dan merajut. Menulis merupakan cara untuk menambah teman, ilmu dan wawasan.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap