Menelusuri Tempat-tempat Wisata di Sumatera Selatan

Menelusuri Tempat-tempat Wisata di Sumatera Selatan

Dibandingkan dengan propinsi-propinsi lain, terbilang terlambat dalam mengembangkan industri pariwisatanya. Padahal, cukup banyak potensi wisata di propinsi yang beribukotakan Palembang ini yang memiliki nilai jual, tidak saja bagi wisatawan lokal, tapi juga wisatawan manca.

Karena itulah membekali diri dengan berbagai rekomendasi tempat wisata di menjadi sangat perlu, sebelum melakukan trip ke propinsi ini, agar tidak keliru dalam memilih tempat wisata yang Anda inginkan. Sebab, cukup banyak tempat wisata indah yang justru kurang diperhatikan utamanya dari sisi promosi, sehingga destinasi tersebut luput dari perhatian para wisatawan.

Berikut beberapa tempat wisata di propinsi yang pantas untuk dimasukkan ke dalam jadwal kunjungan.

Pulau Kemaro

Menelusuri Tempat-tempat Wisata di Sumatera Selatan

Tidak banyak wisatawan yang tahu tentang keberadaan pulau yang berada di tengah ini. Padahal di situ terdapat vihara yang banyak dikunjungi umat Budha, serta pagoda megah berlantai Sembilan.

Baca juga  Mengenal Rumah Adat dari Semende

Di Pulau Kamaro ini juga berdiri pohon cinta, yang konon menurut kepercayaan masyarakat setempat, jika ada sepasang kekasih yang mengukir nama mereka di pohon tersebut, maka hubungan cinta yang mereka bangun akan berlanjut hingga kejenjang pernikahan.

Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Menelusuri Tempat-tempat Wisata di Sumatera Selatan

Berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 50 hektar, hutan wisata satu-satunya di Palembang ini memiliki fasilitas yang lengkap sehingga menjadi tempat wisata keluarga yang paling di favoritkan di Palembang.

Selain berenang, bermain di taman, atau menaiki perahu, pengunjung juga dapat menyaksikan atraksi gajah serta melihat beraneka jenis binatang, karena tempat wisata ini juga memiliki kebun binatang serta tempat penangkaran buaya. Taman Hutan Wisata Punti Kayu sendiri adalah hutan pinus kota terbesar se-Indonesia.

Baca juga  Festival Sriwijaya XXIX Tahun 2021, Ajang Promosi Budaya dan Wisata Sumatera Selatan

Lematang Indah

Menelusuri Tempat-tempat Wisata di Sumatera Selatan

ini bisa dijadikan sebagai salah satu dari beberapa tempat wisata di , karena menyajikan pemandangan alam yang indah dengan lingkungan sekitar yang sangat asri. Keindahan tersebut tidak hanya dijumpai di lokasi yang memiliki ketinggian 40 meter itu saja, tapi juga di sepanjang perjalanan menuju ke lokasi ini.

Arung Jeram Sungai Manna

Menelusuri Tempat-tempat Wisata di Sumatera Selatan

Bagi Anda yang menyukai sambil berolahraga, Sungai Manna bisa dijadikan pilihan. Sungai yang terletak di kecamatan Tanjungsakti Kabupaten Lahat ini memiliki arus yang deras dengan jalur sungai yang sempit serta tingkat kesulitan yang bervariasi. Itu sebabnya, bagi pecinta arung jeram akan sangat menyukai sungai ini karena medannya yang cukup menantang.

Baca juga  Tari Gending Sriwijaya, Ucapan Selamat Datang dari Bumi Sriwijaya

Makam Ki Gede Ing Suro

Menelusuri Tempat-tempat Wisata di Sumatera Selatan

Jika ingin mengunjungi situs bersejarah, Makam Ki Gede Ing Suro tidak boleh dilewatkan, karena tokoh ini merupakan cikal-bakal dari Raja-Raja di Palembang. Di kompleks pemakaman yang dibangun pada pertengahan abad XVI ini terdapat 38 makam yang mengisi 8 bangunan yang ada.

Selain tempat-tempat wisata sebagaimana tersebut di atas, masih banyak destinasi wisata lainnya di seperti: , , Benteng Kuto Besak, Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin, Taman Kambang Iwak, Gelora Sriwijaya, Lematang Indah, Masjid Cheng Ho, Rumah Limas, Gunung Dempo, serta Bukit Siguntang. (*)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan