Menemukan nilai F-Tabel (Uji Distribusi F) dengan Microsoft Excel


Menemukan nilai F-Tabel (Uji Distribusi F) dengan Microsoft Excel 1

Nilai F-Tabel atau nilai distribusi F kerap kali digunakan untuk melakukan pemrosesan data statistik dan model matematis seperti uji pengaruh parsial simultan variabel independen X terhadap variabel dependen Y, Uji ANOVA dan sebagainya.

Nilai F-Tabel biasanya dibandingkan dengan nilai F-value (F-hitung) ketika melakukan analisis data misalnya dalam analisis regresi multi-variabel (analisis berganda). Analisis-analisis tersebut dilakukan guna memahami cara kerja atau menyelesaikan suatu masalah dalam kehidupan nyata (real life) dengan metode matematis.

Kenapa nilai ini disebut dengan nilai F-Tabel? Hal itu dikarenakan nilai-nilai yang diperoleh sudah tersusun dalam wujud matriks tabel berdasarkan derajat bebas 1 (degree of freedom 1), derajat bebas 2 (degree og freedom 2) dan nilai selang kepercayaan yang diperlukan. Namun ternyata kita dapat menemukan nilai F-Tabel ini dengan bantuan Microsoft Excel loh.

Langkah yang dilakukan juga tergololong singkat dan cepat untuk membantu kita ke langkah analisis selanjutnya. Sangat efisien bukan? Hal yang kita perlukan sebelumnya hanyalah aplikasi Microsoft Excel yang telah terpasang dan bekerja normal di perangkat kita. Yuk kita langsung masuk ke pengeksekusiannya!

1. Buka Microsoft Excel dan Buat Workbook Baru

Gambar 1. Workbook Baru (Sumber: Dokumentasi Pribadi Penulis).
Gambar 1. Workbook Baru (Sumber: Dokumentasi Pribadi Penulis).

Pertama kalian tentunya harus membuka program Microsoft Excel di PC atau Handphone kalian kemudian buatlah lembar kerja baru. Kalian dapat membuka aplikasi Microsoft Excel di perangkat berbagai perangkat seperti Android, Iphone maupun PC (Mac OS, Windows dan Linux).

2. Ketikkan Formula pada Sebarang Cell

Gambar 2. Formula Distribsui F (Sumber: Dokumentasi Pribadi Penulis).
Gambar 2. Formula Distribsui F (Sumber: Dokumentasi Pribadi Penulis).

Kedua, ketikan formula pada sebarang cell di lembar kerja. Formula yang harus dimasukkan adalah =FINV(prob;df1;df2). Kemudian rubah prob sesuai derajat kepercayaan yang kalian inginkan misalnya sebesar 0,05.

Rubah derajat bebas 1 (df1) menjadi banyak variabel yang terdapat pada data kalian, misalnya terdapat 5 variabel dalam dataset maka masukkan angka 5.

Lalu rubahlah derajat bebas 2 (df2) menjadi (banyak data amatan-banyak variabel-1) misalnya data yang kita peroleh memiliki banyak data amatan sebanyak 30 data, maka angka yang harus dimasukkan ke dalam formula adalah (30-5-1).

Sehingga formula akan bisa ditulis penuh seperti ini =FINV(0,05;5;(30-5-1)).

3. Nilai F-Tabel Telah Muncul

Gambar 3. Nilai Distribusi F Telah Muncul (Sumber: Dokumentasi Pribadi Penulis).
Gambar 3. Nilai Distribusi F Telah Muncul (Sumber: Dokumentasi Pribadi Penulis).

Tadaaa!!! Muncul lah nilai dari F-Tabel dengan Numerator (Derajat Bebas 1) dan Denumerator (Derajat Bebas 2) yang ingin temukan. Selanjutnya hasil dari nilai distibusi F ini dapat digunakan pada analisis data dasar maupun lanjutan seperti analisis regresi dan analisis lanjutan lainnya.

Bagaimana? Cukup efisien dan memudahkan pekerjaan bukan? Cukup menghemat waktu penyelesaian masalah dibanding kita melakukan look up pada tabel yang memiliki banyak angka disana. Saya harap artikel ini akan membantu sebagaimana mestinya dalam setiap kegiatan dan aktifitas positif pemrosesan dan pengolahan data kalian.

Ohiya! Sedikit informasi bahwa nilai distribusi F yang dihasilkan via Microsoft Excel ini agak sedikit berbeda dengan nilai yang terdapat pada kebanyakan tabel distribusi ya.

Karena nilai pada tabel distribusi yang beredar pada internet atau buku yang berkorelasi pada ilmu matematika maupun statistika cenderung melakukan pembulatan beberapa angka untuk menghemat tempat dan penulisan tabel. So, silahkan kalian tentukan style yang sesuai dalam memeroses data!

Have fun to data!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

andra_faris

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap