Mengamalkan Prinsip Dasar Muamalah Pada Per Ekonomian Indonesia

Mengamalkan Prinsip Dasar Muamalah Pada Per Ekonomian Indonesia 1

Sebuah interaksi antara sesama manusia dalam islam kerap disebut muamalah. Manusia adalah makhluk sosial dimana manusia membutuhkan bantuan dari sesama. Dalam menciptakan masyarakat dengan ekonomi yang berjalan baik, maka adanya yang disebut muamalah dalam islam, dimana muamalah mencangkup hubungan jual beli, sewa menyewa, utang piutang dan lain sebagainya. Pada dasarnya muamalah membantu mengatur berjalannya kehidupan sosial sesama manusia agar berjalan secara harmonis dan menghindari perselisihan maupun pertikaian.

Muamalah memiliki 2 prinsip, yaitu :

·         Prinsip umum, Secara umum adanya perizinan untuk melakukan kegiatan muamalah ; jual beli, sewa menyewa dan sebagainya. Muamalah dilakukan dengan tujuan dan niatan untuk membawa kebaikan kepada sesama. Ada baiknya saat melakukan muamalah, kita harus memelihara tawazun (nilai keseimbangan). Saat melakukan kegiatan muamalah, seseorang harus menghindari kezaliman dan bersikap adil, jujur serta Amanah.

·         Prinsip khusus, Saat menjalankan muamalah, halal merupakan persyaratan utama dalam segala objek yang akan digunakan. Pada umumnya, saat menjalankan muamalah terjalin keridhaan antara kedua belah pihak. Pihak yang menjalankan muamalah ada baiknya menumbuhkan sikap jujur, adil, dan Amanah.

Muamalah sangat erat kaitannya dengan syariat islam, dimana di dalamnya memiliki aturan untuk menjauhi larangan Allah dan dapat menjalankan kegiatan dalam berbagai aspek sesuai ajaran islam, layaknya aspek ekonomi. Berbeda dengan ekonomi konvensional yang tidak sesuai syariat islam, maka muamalah memiliki kelebihan dan keistimewaan, karena muamalah erat kaitannya dengan syariat islam. Salah satu contoh kelebihan yang di miliki ekonomi syariah adalah menghindari riba. Saat perekonomian berjalan mengikuti syariat islam, akan terjalin hubungan yang baik antar masyarakat, seperti zakat, zakat dapat membantu mengurangi kemiskinan saat pendistribusian zakat berjalan dengan baik, jujur, dan amanah. Zakat dipercaya  mampu dan berhasil membantu kelangsungan hidup sesama manusia serta membantu meratakan perkembangan ekonomi.

Sikap yang perlu di miliki sebagai seorang muslim maupun pelaku kegiatan muamalah tak luput dari menjunjung tinggi kejujuran, keadilan, dan dapat mengemban sebuah amanah. Seperti yang Rasulullah saw selalu ajarkan, sebagai seorang muslim ada baiknya kita menjunjung tinggi sikap-sikap baik seperti itu. Saat melakukan kegiatan muamalah, ada baiknya sebagai pihak yang menjalankan menanamkan dalam dirinya sikap-sikap tersebut, saat pihak yang melakukan kegiatan muamalah menanamkan sikap jujur, hubungan antar kedua belah pihak akan berjalan harmonis tanpa ada dusta di antara mereka. Saat pihak yang melakukan muamalah menanamkan sikap adil, kedua belah pihak akan terhindar dari kedzaliman dan perasangka buruk yang dapat menyakiti hati satu sama lain. Saat pihak yang melakukan muamalah merupakan seseorang yang amanah, maka akan timbul kepercayaan di tengah kedua belah pihak.

Saat ini pemerintah Indonesia telah ikut serta dalam mengembangkan ekonomi dan perbankan syariah di Indonesia. Salah satunya dengan pembentukan Komite Nasional Ekonomi Syariah yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas pasar keuangan Syariah di Indonesia. Saat ini pemerintah sedang berfokus untuk meningkatkan beberapa sector produksi di bidang makanan, fashion, dan turis dengan sertifikasi halal, hal ini dapat tercapai dengan bantuan dana sosial islam *(ZISWAF).

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

raikhana