Mengantuk Saat Puasa? Atasi dengan Tips Berikut


Mengantuk Saat Puasa? Atasi dengan Tips Berikut 1

Di Bulan suci Ramadhan tentunya masyarakat muslim di seluruh belahan dunia menjalankan ibadah puasa. Namun, saat berpuasa kita kerap kali merasakan kantuk yang berlebihan. Mengantuk saat berpuasa dapat disebabkan oleh beberapa hal, yakni kekenyangan saat sahur, tidak sahur sama sekali, terlalu banyak tidur, kurang tidur dan kelelahan. Rasa kantuk ini tentunya cukup mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan. Konsentrasi menurun dan hilangnya fokus akan berdampak pada hasil kerja yang sedang kita lakukan.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menghilangkan kantuk yang menyergap tiba-tiba.

Berolahraga Ringan

Puasa tidak menjadi alasan seseorang untuk tidak berolahraga. Tentunya dengan olahraga yang ringan dan tidak terlalu menguras energi, misalnya yoga, berjalan kaki, sit up, push up, dan sebagainya. Dengan berolahraga, tingkat konsentrasi akan jauh lebih meningkat ditambah jika olahraga dilakukan di ruang terbuka dengan udara yang bersih. Hal ini akan membuat pikiran dan badan menjadi lebih segar sehingga kantuk pun dapat teratasi.

Kurangi Konsumsi Gula

Saat berpuasa ada baiknya mengurangi konsumsi gula untuk mencegah rasa kantuk yang berlebihan. Batasan konsumsi gula untuk pria maksimal 37,5 gram sehari, sedangkan wanita maksimal 25 gram sehari. Misalnya saat berbuka, Anda telah mengonsumsi kurma sebanyak 2 buah, maka hindari untuk meminum minuman yang manis.

Jangan Begadang

Begadang tidak hanya akan berpengaruh negatif pada kinerja organ-organ dalam tubuh tetapi juga akan mengganggu pola jam tidur. Apalagi saat berpuasa tentunya pola jam tidur pun menjadi berubah dimana kita harus bangun pagi untuk sahur. Sehingga aturlah pola tidur dengan baik yakni 7-8 jam sehari. Jika kurang dari itu maka tentu saja keesokan harinya kita akan mengalami rasa kantuk yang berlebihan.

Mengobrol dengan Orang Lain

Cara ini terbilang cukup ampuh untuk mengatasi kantuk, karena dengan mengobrol otak akan bekerja dan mengirim sinyal untuk berpikir sehingga konsentrasi serta fokus akan meningkat. Berkomunikasilah secara nyata dengan orang lain, apabila komunikasi yang dilakukan hanya sekedar membalas pesan singkat maka kantuk tidak akan hilang, bahkan berakhir dengan kita tidak membaca pesan singkat tersebut karena tertidur.

Melakukan Hobi

Lakukanlah hobi untuk menyegarkan pikiran misalnya mendengarkan musik, membaca berita, atau hanya sekedar menjelajahi social media. Setelah melakukan hobi tersebut untuk refreshing maka pikiran akan kembali segar dan fokus untuk melakukan suatu pekerjaan

Tips-tips di atas bisa Anda coba untuk menghilangkan kantuk. Namun, apabila rasa kantuk yang datang begitu kuat maka sebaiknya anda tidurkan kurang lebih 10-15 menit. Lalu ketika Anda bangun, tentunya badan dan pikiran akan kembali fresh dan rasa kantuk pun hilang. Tetapi jangan lupa untuk menyetel alarm agar tidur Anda tidak berlebihan. Yuk! Jangan jadikan puasa menjadi alasan kita untuk bermalas-malasan. Bangunlah mindset bahwa setiap kegiatan yang kita lakukan saat puasa akan menjadi berkah pahala yang tak ternilai.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

sylvianidya

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap