Mengapa Anak Usia Dibawah 4 Tahun Sebaiknya Tidak Makan Popcorn?


Mengapa Anak Usia Dibawah 4 Tahun Sebaiknya Tidak Makan Popcorn? 1

Siapa yang tak tahu popcorn. Makanan yang satu ini sangat terkenal diseluruh penjuru dunia. Popcorn menjadi snack favorit tidak hanya di kalangan anak-anak muda, tapi para orang tua bahkan anak-anak kecil yang usianya belum genap 3 tahun pun menggemari makanan satu ini. Bagaimana tidak, meskipun berbahan dasar jagung, tapi popcorn telah diolah sedemikian rupa sehingga memiliki tekstur yang lembut dan lumer di mulut. Hal ini membuat siapa pun langsung jatuh cinta pada popcorn karena tak ada kesulitan sama sekali saat memakan atau mengunyahnya. Ditambah lagi dengan varian rasanya yang bermacam-macam. Dari rasa original, sweet, stroberi, mocca, vanila, dan masih banyak lagi.

Namun tahu kah Anda, jika popcorn sebaiknya jangan diberikan pada anak-anak yang usianya dibawah 4 tahun?

“Kenapa?”

“Kan popcorn teksturnya lembut. Langsung lumer di mulut, jadi tidak membuat tersedak dan tidak bahaya bagi anak-anak.”

Ya, memang, popcorn bertekstur lembut dan langsung lumer di mulut, tapi bagi anak-anak yang usianya masih dibawah 4 tahun, bahaya popcorn hampir sama seperti mainan kecil dan baterai. Satu contoh kasus yang terjadi di tahun 2019, di Amerika Serikat, saat itu seorang anak laki-laki berusia 2 tahun dibawa ke rumah sakit oleh kedua orang tuanya setelah makan popcorn, karena si anak mendadak mengalami batuk dan langsung demam tinggi. Setelah diperiksa dan difoto rontgen oleh dokter, baru diketahui ternyata popcorn dan remahannya masuk ke dalam paru-paru si anak yang menyebabkan dia susah bernafas. Tapi untunglah dengan penanganan yang cepat, si anak bisa tertolong dan sembuh.

Mengapa Anak Usia Dibawah 4 Tahun Sebaiknya Tidak Makan Popcorn? 3

Dari pengalaman tersebut, Ibu dari anak laki-laki itu mulai berhati-hati dan tidak sembarangan memberikan makanan pada anaknya. Dan dia juga berharap agar para orang tua lainnya menjadikan pengalaman buruknya itu sebagai pelajaran agar tidak terulang lagi pada anak-anak yang lain. Karena hal inilah popcorn sebaiknya jangan diberikan pada anak-anak yang usianya masih dibawah 4 tahun.

Tapi bagaimana penjelasan yang sebenarnya tentang popcorn yang bisa masuk ke paru-paru si anak laki-laki itu? Menurut para ahli, anak-anak yang usianya masih dibawah 4 tahun, mereka masih belum bisa mengunyah dan menelan makanan dengan sempurna, hal ini disebabkan gigi-gigi dan organ-organ dalam tubuh mereka masih dalam masa pertumbuhan, jadi masih belum tumbuh sempurna seperti layaknya anak-anak yang berusia 4 tahun keatas. Oleh karena itu anak-anak yang usianya dibawah 4 tahun belum bisa mengunyah makanan mereka sampai halus, hingga makanan apapun termasuk popcorn bisa tertelan dalam keadaan kasar, belum dihaluskan oleh gigi-gigi mereka.

Sedikit ulasan tentang popcorn diatas semoga bisa menambah pengetahuan kita agar lebih berhati-hati dalam menjaga dan mendampingi putra putri kita dalam masa pertumbuhan mereka. Salam sehat untuk putra putrinya ya bund! ;-D


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Dewi Mariya Ulfah

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap