Mengapa Bisa Ada Oasis di Padang Pasir

Mengapa Bisa Ada Oasis di Padang Pasir

Jika kita membicarakan padang pasir pasti kita tidak akan terlepas juga untuk membicarakan , sebuah kolam atau seperti danau yang keberadaannya tepat di tengah-tengah padang pasir yang sangat luas. Mengapa bisa ada ? Bagaimanakah proses terbentuknya di padang pasir?

merupakan suatu bentang alam atau bentuk permukaan bumi yang berupa hamparan pasir yang sangat luas dan sangat minim terdapat tumbuhan karena tanahnya yang bersifat kering dan sedikit mendapatkan curah hujan. Dalam hamparan dapat terbentuk sebuah peristiwa alam yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber mata air tidak hanya bagi hewan dan tumbuhan, tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh manusia yang bernama Oase atau disebut juga . Istilah Oase diambil dari bahasa turuna Mesir Demotik yaitu Wahe atau Uahe yang berarti tempat tinggal.
merupakan daerah yang sangat subur dan memiliki beberapa pepohonan yang ada di sekitarnya. Bahkan, apabila ini meliputi wilayah yang besar tidak menutup kemungkinan bahwa ini merupakan habitat bagi berbagai macam binatang dan juga berbagai macam tumbuhan serta tempat tinggal bagi manusia. Lantas bagaimanakah cara terbentuknya di hamparan padang pasir yangluas itu?

Mengapa Bisa Ada Oasis di Padang Pasir

Proses terbentuknya ini adalah hasil dari reaksi pelapukan batuan. Seperti yang sudah kita tahu bahwa suhu dan udara gurun di siang hari merupakan suhu udara yang sangat terik dan sangat panas. Sebaliknya, pada malam hari bisa berubah menjadi sangat dingin. Karena perbedaan suhu tersebut, batuan jadi begitu mudah hancur karena pelapukan. Batuan yang mengalami pelapukan biasanya hancur dan berubah menjadi butiran pasir. Saat ada angin, pasir tersebut akan ikut terbawa terbang terbawa ke tempat yang rendah.

Di tempat yang rendah inilah butiran pasir akhirnya mengendap dan berubah menjadi lapisan kedap air. Selain itu, proses ini juga dibantu dengan kehadiran sungai di bawah tanah atau Aquifer, di mana air dapat mencapai permukaan melalui tekanan alamiah. Lapisan kedap air yang tersusun atas batuan hasil endapan tadi menyebabkan air terjebak dalam suatu kantong atau penyimpanan bawah tanah.

Kemudian kemunculan air-air ini sering dimanfaatkan para burung yang bermigrasi dan kemudian menjatuhkan bibit-bibit berbagai pohon yang mereka bawa hingga terbentuklah . Dan kemunculan hujan yang meski hanya dalam intensitas yang sangat rendah juga membantu kesediaan air di dalam cekungan ini. Dan pembentukan ini bisa memakan waktu bertahun-tahun. Jadi, seperti itulah bagaimana proses terbentuknya di tengah padang pasir yang sebenarnya daerah yang sangat minim air itu.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

El-Pedia