Mengapa Harus Membeli Buku Original?

Mengapa Harus Membeli Buku Original? 1

Dunia bajakan semakin hari semakin besar saja. Berkat teknologi yang semakin berkembang, sekali klik kita bisa menemukan beribu-ribu toko buku bajakan yang menjual buku-buku best seller dengan harga yang super duper murah. Selain maraknya toko buku bajakan di marketplace-marketplace terkenal, ada peran dari masyarakat pula yang menjadikan toko buku tersebut menjadi toko buku bajakan yang semakin besar. Yakni menjadi pembeli di toko buku bajakan tersebut.

Ya, bayangkan saja jika dalam sehari ada 1000 orang yang katanya pecinta buku membeli buku bajakan dengan harga 20.000, berapa banyak keuntungan yang pembajak-pembajak dapatkan? 20 juta dalam sehari, hitungan tersebut hanya hitungan untuk pembelian satu buku. Para pembajak tersebut mendapatkan keuntungan kotor.  Keuntungan tersebut ia lahap sendiri. Tidak bayar editor, tidak bayar biaya percetakan, tidak bayar royalti penulis, tidak bayar orang-orang yang ikut serta dalam menerbitkan satu buku.

Oleh karena hal di atas tersebut, saya akan menuliskan beberapa alasan mengapa harus membeli buku original.

1. Menghargai karya penulis

Mencari ide dalam menulis itu susah, perlu riset dan waktu yang panjang. Boleh jadi penulis tersebut sampai tidak bisa tidur setiap hari karena memikirkan alur naskah yang ditulis. Tapi lihatlah, para pembajak itu hanya menunggu penulis menerbitkan buku baru dan boom, dia akan mencetak beribu-ribu tanpa mempedulikan biaya-biaya yang lain. Kalau kita yang ngakunya fans dari penulis tersebut, dan masih tega membeli buku bajakan. Fix, kita menjadi fans yang membunuh idola sendiri.

2. Kualitas buku sangat baik

Kita pasti sudah sering mendapatkan informasi mengenai perbedaan fisik dari buku original dan buku bajakan. Ya, dari kertas dan tinta yang digunakan sangat-sangat berbeda. Jika buku original menggunakan kertas yang baik, tinta yang baik, margin rapih, warna cover buku jelas. Sedangkan buku bajakan menggunakan kertas dengan kualitas buruk, margin berantakan, warna cover buku pudar, dan seringnya bau tinta sangat menyengat. Dari informasi tersebut kita bisa memilih mana yang paling baik untuk dibeli.

3. Buku yang dibaca akan menjadi berkah

Semua yang tertuang di dalam buku bernilai ilmu, karena dengan satu buku masyarakat menjadi tau hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah didapatkan dimanapun.

Jik buku yang dibeli adalah buku pengetahuan untuk sekolah misalnya, dan buku tersebut menjadi acuan kita untuk mengerjakan semua tugas yang diberikan. Maka dapat dipastikan ilmu yang di dapat akan tidak berkah. Karena dalam mendapatkan buku melalui jalan yang tidak baik yakni membeli buku bajakan.

4. Memperlihatkan kualitas diri

Orang yang sering membeli buku bajakan sebenarnya menjatuhkan dirinya sendiri. Padahal diri sendiri mampu untuk membeli berbagai macam jenis barang keluaran terbaru, tapi tidak mampu untuk membeli buku original dengan alasan harga buku terlalu mahal. Padahal untuk ukuran ilmu, harga yang dipatok sudah sangat masuk akal. Oleh karena itu akan terlihat bagaimana kualitas orang-orang yang membeli buku bajakan tersebut.

Itu dia 4 alasan mengapa kita harus membeli buku original. Jika masih sulit sekali untuk lepas dari buku bajakan, mulailah dengan mengurangi sedikit demi sedikit. Maka seiring berjalannya waktu kita akan sadar dan mengerti. Bahwa membeli buku bajakan sama dengan berbuat tindak kejahatan dengan semua orang yang terlibat dengan penulis. Dan akhirnya mengubah haluan untuk selalu membeli buku-buku original dalam melengkapi referensi bacaan harian.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nurul Hidayah