Mengapa Indonesia Butuh Program Literasi Digital?

Mengapa Indonesia Butuh Program Literasi Digital? 1

Program Literasi Digital Nasional resmi diluncurkan oleh Presiden Jokowi. Peresmian ini bertetapatan dengan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2021. Adapun tema yang diusung dalam program Literasi Digital Nasional adalah ‘Indonesia Makin Cakap Digital 2021’.

Apa itu literasi digital? Mengapa literasi begitu penting untuk saat ini sehingga sampai dibuatkan menjadi program nasional? Apa manfaatnya bagi masyarakat Indonesia saat Ini? Apa contohnya literasi digital tersebut? Pertanyaan-pertanyaan ini terlintas dalam benak saya ketika melihat berita tentang peluncuran program ini. Mari kita simak ulasan berikut ini.

Pengertian Literasi Digital

Dalam KBBI, literasi bermakna kemampuan menulis dan membaca, pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu, dan kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Dan dalam KBBI sendiri literasi digital bermakna kemampuan untuk memahami informasi berbasis komputer.

Secara sederhananya, literasi digital merupakan segala hal yang berbentuk konten/informasi, kemudian disebarkan secara luas dengan pemanfaatan teknologi berupa internet. Konten yang dibuat banyak sekali bentuknya.

Contohnya dapat berupa tulisan artikel yang memuat pengetahuan, gambar yang memudahkan masyarakat untuk lebih mengerti dari penjelasan di artikel, video yang menjelaskan informasi yang membantu meningkatkan kualitas diri.

Literasi digital bukanlah hal yang asing bagi generasi sekarang. Apalagi generasi sekarang sudah sangat terbiasa dengan media yang membantu dalam membuat literasi digital. Hampir setiap hari bermunculan pembuat konten. Siapa saja bisa menjadi pelaku dalam pelaksanaan literasi digital.

Mengapa Literasi Digital Penting?

Manusia kecenderungannya haus akan informasi. Untuk itulah dibutuhkan pembuat informasi tersebut. Informasi yang dibuat kemudian dilihat oleh pencari informasi.  Di masa sekarang segala hal dibutuhkan secara cepat. Dengan literasi digital, segala konten/informasi yang dibutuhkan akan cepat diperoleh.

Selain itu manfaat yang dapat diperoleh dari literasi digital adalah membuat seseorang menjadi lebih kreatif, membuat lebih terampil, memperluas pertemanan, dan banyak manfaat lainnya. Intinya literasi digital ini akan membuat hidup kita menjadi lebih mudah.

Bagaimana Menyikapi Literasi Digital?

Tantangan dalam literasi digital tentu saja ada. Literasi yang beredar tidak melulu positif. Banyak sekali konten negatif yang berseliweran. Bahkan banyak sekali berita hoax menjadi sumber perpecahan di masyarakat.

Untuk itu kita harus bersikap lebih kritis lagi. Menyikapi dengan baik dari perkembangan literasi digital ini. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah memperbanyak membuat konten-konten yang positif.

Semakin banyak konten positif akan membuat peluang konten negatif beredar semakin redup. Harapannya si pembuat konten negatif dapat tersadar dan berbalik membuat konten positif.

Dari sedikit penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa pemerintah merasa sangat bertanggung jawab dalam meningkatkan sumber daya manusia dengan memunculkan konten kreatif yang baru. Negara ingin membantu dengan membuat program ini. Tujuannya untuk membantu para konten kreatif ini dengan menyediakan wadah untuk belajar berkreasi lebih baik lagi.

Seperti kita ketahui dalam memujudkan mimpi dari program ini sehingga masyarakat Indonesia semakin cakap memanfaatkan digital ke arah yang lebih baik, sangat diperlukan kerjasama dari seluruh masyarakat. Hal ini merupakan tugas besar bersama yang sangat bisa diwujudkan untuk menuju Indonesia lebih baik. Jadi, litersi digital sangat dibutuhkan untuk membuat Indonesia lebih maju.

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ian Bangun