Mengapa Kendaraan Menjadi Boros BBM?

Mengapa Kendaraan Menjadi Boros BBM?

yang menggunakan pembakaran dalam tentu membutuhkan . Butuh sesuatu yang dibakar untuk menghasilkan tekanan yang cukup untuk menggerakkan - penggerak suatu

juga memiliki harga yang biasanya berubah setiap kurun waktu tertentu. Bisa naik setiap tahunnya, tapi bisa turun juga, tergantung kondisi ekonomi di negara. Selain harganya berubah, juga umumnya memiliki variasi tertentu. Misalnya Pertamax, Pertalite, dan Premium.

Karena menggunakan untuk menggerakkan , tentu butuh keiritan tertentu agar bisa dipakai untuk kebutuhan yang lebih banyak. Hanya saja, banyak orang yang masih bingung mengenai alasan mengapa menjadi boros bahan bakarnya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa menjadi boros.

Kapasitas yang besar

Kapasitas yang besar tentu bisa mendongkrak performa sehingga menghasilkan tenaga dan yang lebih terasa mengangkat. Namun dengan naiknya performa juga perlu diimbangi dengan pengeluaran yang lebih demi menghasilkan engergi yang lebih besar pula. Karena yang dibutuhkan menjadi lebih banyak, otomatis menjadi lebih cepat habis.

Baca juga  Tips Memilih Mobil Baru Sesuai Kebutuhan

Tenaga yang kurang

Banyak orang beranggapan dengan tenaga yang kecil bisa membuat konsumsi menjadi lebih irit dan efisien. Pada beberapa kasus memang iya, tapi tidak berlaku jika tenaganya kurang dari apa yang dibutuhkan. Semisal, jika tenaga yang kita butuhkan kurang, tentu kita akan memacu lebih dengan cara menginjak gas lebih dalam. Dengan begini, tetap saja yang dikeluarkan menjadi banyak.

Jalanan macet

Jalanan macet juga bisa membuat bahan bakar menjadi lebih boros. Mengapa? Karena saat macet tetap menyala sedangkan tidak bergerak. Karena itu, bahan bakar akan banyak terbuang. Selain itu, jalanan yang macet juga membuat lebih cepat panas dan tentu membuat harus mempekerjakan pendingin yang mana menggunakan tenaga juga. Tentu beban kerja jadi bertambah.

Baca juga  Mengapa Kendaraan Saya Boros? Inilah Tips Hemat BBM dalam Mengemudi Kendaraan

Ubahan tertentu

Jika ada ubahan tertentu pada , bisa jadi ubahan itu memengaruhi keiritan bahan bakar. Misalnya saja penggantian knalpot yang diklaim menambah tenaga. Ketika tenaga bertambah, secara otomatis bahan bakar yang digunakan juga menjadi lebih banyak. Atau jika ada pengubahan di manajemen pembakaran, konsumsi bahan bakar pasti berubah.

Kerusakan pada atau lain

Mesin yang memiliki kerusakan sangat mungkin membuat penggunaan bahan bakar menjadi boros. Banyak faktornya, tapi umumnya mesin yang mengalami kerusakan memiliki tenaga yang kurang. Sehingga, pengemudi juga umumnya akan memacu gas lebih besar karena tenaganya menjadi kecil. Dalam kata lain, efisiensinya memburuk.

Baca juga  Apa Jadinya jika Kendaraan Besar Menggunakan Mesin Bensin?

Mengebut

Sudah pasti, mengebut membuat konsumsi bahan bakar lebih boros. Untuk mencapai kecepatan tinggi, tentu bahan bakar yang harus dibakar juga menjadi lebih banyak. Jelas hal ini membuat mengebut menghabiskan banyak bahan bakar. Selain membutuhkan pasokan bahan bakar lebih banyak, mengebut juga menyebabkan mesin lebih cepat lelah dan panas sehingga membuat pendingin perlu bekerja.

Beban berlebih

Setiap sudah dirancang untuk mengangkat beban yang mana bisa dikatakan sebagai beban maksimum. Itu artinya, hanya bisa stabil pada jumlah beban yang sudah ditentukan. Jika beban yang dibawa melebihi standar pabriknya, maka akan membuat mesin harus dipacu lebih sehingga membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Lief

   

Sukses hanyalah tentang seberapa beruntung kita. Tuhanlah yang menentukan keberuntungan itu, kita hanya bisa berdoa dan berusaha.