Mengapa Kita Harus Saling Menghormati?


Mengapa Kita Harus Saling Menghormati? 1

Negeri kita, Indonesia memiliki ragam ras, suku, dan bahasa, serta memiliki enam kepercayaan resmi (agama). Jelas, yang satu berbeda dengan yang lainnya. Perbedaan-perbedaan tersebut adalah rahmat yang perlu dijaga dan dipelihara agar apa yang menjadi cita-cita bangsa, yaitu kedamaian, keamanan, kesejahteraan, dan sebagainya dapat dirasakan oleh semua warga negara Indonesia. Perbedaan-perbedaan tersebut juga merupakan kekayaan yang bangsa ini miliki. Pun perbedaan-perbedaan tersebut harus kita hargai. Di sini maka diperlukan sebuah sikap saling menghormati di antara sesama.

Kata menghargai menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia mempunyai arti bermacam-macam, di antaranya: memberi, menentukan, menilai, membubuhi harga, menaksir harga, memandang penting (bermanfaat, berguna), menghormati. Maka, menghargai memeliki makna yang sama (sinonim) dengan kata menghormati.

Kecenderungan sebagai manusia secara alamiah adalah keinginan untuk mendapat tanggapan atau penghargaan atas apa yang dilakukannya. Kebutuhan untuk menuangkan ekspresi (kesenangan) diri secara positif telah mendorong setiap orang untuk terus menghasilkan karya terbaik demi kebaikan dirinya dan orang lain. Oleh karena itu, upaya dan hasil karya kreatif yang berguna bagi kemaslahatan orang banyak sudah selayaknya memperoleh penghargaan yang positif pula. Menghormati dan menghargai hasil karya orang lain harus dilakukan tanpa memandang derajat, status, warna kulit, atau pekerjaan orang tersebut karena hasil karya merupakan pencerminan dari pribadi seseorang.

Tak hanya pada soal karya, menghormati orang lain juga pada soal apa saja, bahkan soal pada sesuatu yang remeh-temeh sekalipun. Seperti, teman kita menyukai makanan, maka apa yang teman sukai tersebut harus kita hargai sebagai bentuk kita menghargai  sebuah perbedaan. Pada pokoknya, saling menghormati memberikan banyak manfaat bagi kita khususnya dalam membina hubungan dengan orang lain.

Beberapa alasan, mengapa kita harus saling menghormati (menghargai)? Di antaranya, karena manusia dapat mengambil manfaat dari saling menghormati, karena alasan berikut:

1.    Saling Membutuhkan

Pernahkah kalian membayangkan jika segala sesuatu harus dilakukan sendiri: bekerja sendiri tanpa dibantu oleh orang lain?  Sampai ketika ada suatu masalah kalian mengambil keputusan sendiri? Pasti itu sangat melelahkan, merepotkan, atau bahkan tidak mungkin dilakukan oleh diri kita sendiri. Jadi intinya, kita semua saling membutuhkan.

2. Saling Menguntungkan

Selain saling membutuhkan, ternyata kita semua juga bisa saling menguntungkan. Kita merasa beruntung karena bisa berbagi dengan orang lain: kita mendapat pemasukan uang dan mendapat kepuasan karena ada orang lain yang mau menggunakan hasil karya kita. Orang lain juga merasa diuntungkan dengan keberadaan kita karena mereka bisa mendapatkan apa yang mereka perlukan dari kita.

2.    Saling Mengisi

Tidak ada satu orangpun yang benar-benar serupa dengan orang lain. Anak kembar sekalipun memiliki perbedaan. Kita memiliki perbedaan dalam kepribadian, talenta (bakat), kemampuan, gaya hidup, kebiasaan, dan kebutuhan. Namun perbedaan inilah yang membuat hidup menjadi lebih kaya, bervariasi (beragam), dan menyenangkan karena kita bisa saling mengisi.

4. Saling Menguatkan

Dengan bekerja sama, segala sesuatu akan terasa lebih mudah. Masalah menjadi lebih ringan dan menjadi lebih mudah dicarikan solusinya jika dipecahkan bersama. Pekerjaan berat akan menjadi lebih mudah dan lebih cepat selesai jika dikerjakan bersama.

Untuk itulah, sebagai makhluk sosial, jelas manusia perlu saling menghormati di antara sesamanya agar selalu tercipta rasa perdamaian, keamanan dan tidak terjadi sebuah keonaran. Perbedaan bukanlah sebuah alasan untuk selalu bertikai. Justeru perbedaan adalah rahmat (al ikhtilafu rahmatun).

Semoga sikap saling menghormati menjadi dasar kita dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, sehingga selalu tercipta sebuah kedamaian dan ketenteraman di tengah-tengah kita. Amin.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Holikin

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap