Mengapa Kurma menjadi Makanan Populer Selama Ramadan?

Mengapa Kurma menjadi Makanan Populer Selama Ramadan?

Ramadan tahun ini jatuh pada bulan ke-empat dalam kalender Islam.

Setiap hari selama bulan Ramadan bagi muslim yang melaksanakan ibadah puasa dia tidak makan atau minum di siang hari.

Ini dimaksudkan sebagai ritual spiritual untuk menyucikan jiwa dan memusatkan perhatian kepada Tuhan.

Meskipun puasa dilakukan pada siang hari, tentunya ada makanan ringan yang dimakan sebelum fajar disebut Sudhoor kemudian makanan lain setelah senja yang disebut Iftar.

Berbuka puasa dengan kurma selalu menjadi tradisi saat bulan Ramadan, dalam literatur hadis tertulis bahwa Rasulullah akan berbuka puasa dengan kurma matang sebelum dia akan salat.

Baca juga  Macam dan Contoh Kemukjizatan Al-Qur'an di Dunia

Oleh karena itu, makan kurma pada saat ini memiliki makna spiritual. Kurma memiliki sejarah panjang di Timur Tengah karena telah dibudidayakan di daerah tersebut selama ribuan tahun.

Iklim yang panas dan gersang menyediakan kondisi ideal bagi pohon kurma untuk berkembang, maka tidak heran jika di daerah gurun pasir seperti Afrika, Saudi Arabia, Mesir, dan Irak dapat ditemui.

Baca juga  Kenali 5 Penyakit Ini Yang Terjadi Saat Bulan Puasa

Akan tetapi pada zaman selanjutnya, pedagang dari mesir menyebarluaskan ke Indonesia, di mana buah kurma ini merupakan buah multifungsi bagi kesehatan dan kecantikan tubuh seorang wanita.

Kurma juga memiliki banyak manfaat selama bulan Ramadan karena tinggi gula dan vitamin seperti kalium magnesium serta sumber serat dan karbohidrat yang sangat baik.

Saat berpuasa tubuh dapat dengan mudah mengembangkan kondisi kesehatan ringan seperti gula darah rendah, sakit kepala dan lesu.

Baca juga  Shalat Tasbih Menjadi Sarana untuk Mendapatkan Lailatul Qadar 1443 H

Nutrisi yang ditemukan dalam kurma dapat membantu meringankan kondisi ini dan menyediakan sumber energi.

Kurma juga dikenal membantu pencernaan dan dapat mencegah sakit perut saat makan dalam jumlah besar setelah lama tidak makan.

Mengapa Kurma menjadi Makanan Populer Selama Ramadan?

Selain saat hari puasa biasanya pada dipenghujung bulan Ramadan, diadakannya Hari Raya Idul Fitri.

Selama perayaan ini, sangat populer bagi keluarga untuk mengadakan pesta untuk keluarga dan kerabat di mana kurma sangat populer bersama dengan makanan lain seperti madu, roti, buah ara, buah-buahan dan zaitun.

Jadi seperti itulah, sejarah singkat mengapa kurma populer selama bulan Ramadan!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Putri Nur Winda Sari