Mengapa Sumpit Lebih Populer Daripada Sendok Pada Orang China?

Mengapa Sumpit Lebih Populer Daripada Sendok Pada Orang China? 1

Sumpit, Darimanakah Asal-usulnya? Sendok dan garpu merupakan alat bantu makan yang paling mudah dan paling sering kita gunakan untuk menyantap makanan yang tengah terhidang di hadapan kita. Tetapi, pada beberapa negara seperti China, Jepang, dan Korea mereka justru lebih memilih menggunakan sumpit sebagai alat makan utama. Mengapa mereka lebih memilih sumpit ketimbang sendok dan garpu? Mari kita bahas terlebih dahulu sejarah sumpit itu sendiri.

Tidak sesederhana bentuknya, ternyata sumpit memiliki sejarah yang cukup panjang. Pada zaman kehidupan primitif yang terjadi antara 4000-5000 tahun sebelum masehi, sumpit pertama diprediksi terbuat dari bambu karena nenek moyang bangsa Tiongkok tinggal di dalam hutan. Banyak yang menganggap masyarakat prasejarah menggunakan ranting sebagai sumpit untuk mengambil masakan dari dalam panci yang panas.

Mengapa Sumpit Lebih Populer Daripada Sendok Pada Orang China? 3

Barulah kemudian di era dinasti Tsian dan Tsang, muncul sumpit yang terbuat dari material mewah seperti gading gajah dan giok. Penggunaan sumpit akhirnya menyebar ke negara tetangga Tiongkok pada abad ke-7, mulai dari Jepang, Korea hingga tersebar sampai ke Vietnam. Lalu mengapa alat makan sumpit bisa lebih populer daripada sendok dan garpu di daerah tersebut?

Jadi sebenarnya, pada abad ke-10, masyarakat China sebenarnya pada awalnya juga menggunakan sendok sebagai alat makan mereka. Ini karena mereka mengkonsumsi bahan pangan milet atau sejenis biji-bijian untuk kemudian diolah menjadi bubur serta menyantapnya dengan menggunakan sendok untuk menyuapkan makanan ke mulut. Metode masak masyarakat Asia pada zaman tersebut adalah merebus dan mengukus. Selain milet, ada juga bahan pangan seperti non gandum sayuran atau lainnya.

Nah, sumpit adalah alat bantu makan untuk mengambil makanan jenis non gandum tersebut. Kemudian seiring berjalannya waktu, pada abad ke-10, gandum akhirnya menggeser milet atau biji-bijian sebagai makana pokok di China dan Korea. Untuk memakan-makanan dari olahan tepung gandum, seperti pangsit dan mie, masyarakat China akhirnya beralih ke sumpit dikarenakan sendok dianggap tidak bisa mengangkat makanan tersebut secara efisien.

Sejak saat itulah hingga hari ini mie dan pangsit adalah makanan tepung terigu paling disukai di daerah China. Popularitas mereka juga telah mengubah sumpit menjadi alat makan yang lebih banyak digunakan daripada sendok.
Itulah cerita awal mengapa sumpit menjadi alat makan yang paling populer di negeri Tirai Bambu daripada sendok. Dan bagaimana dengan Anda, lebih memilih sumpit ataukah sendok? Atau tergantung pada jenis masakan yang tengah kita makan?

Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

El-Pedia