Mengapa Usia Anak disebut Periode Emas atau Golden Periode?


Mengapa Usia Anak disebut Periode Emas atau Golden Periode? 1

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Mereka mengharapkan anak mereka menjadi seorang dewasa kelak yang memiliki potensi besar dan memiliki kehidupan yang Bahagia dan sejahtera. Banyak orang tua melakukan usaha dengan harapan anak-anaknya tumbuh cerdas dan menjadi terbaik.

Tentunya mereka mengharapkan anak mereka menjadi yang terbaik. Alangkah bangganya orangtua pada anak mereka. Untuk mencapai itu usaha dilakukan untuk memaksimalkan potensi anak dimulai sejak dini.

Saat ini, dalam lima tahun terakhir pemerintah fokus meningkatkan Kesehatan anak melalui program-program yang bertujuan untuk menurunkan stunting, wasting, underweight, anemia, kekurangan gizi dan lainnya. Tujuannya adalah untuk mencapai Periode Emas Tumbuh kembang anak.

1. Apa itu Periode Emas tumbuh kembang anak?

Berbicara tentang emas, pasti kita membayangkan sesuatu yang murni dan bernilai. Sama dengan periode emas tumbuh kembang anak. Periode emas adalah rentang waktu pertumbuhan sel otak anak mencapai puncak tertinggi dan hanya dialami sekali dalam seumur hidup. Dan apabila sudah melewati periode tersebut, maka tidak bisa diulangi lagi.

2. Mengapa disebut periode emas atau golden periode?

Seperti yang sudah disampaikan diatas, maka pada durasi waktu ini pertumbuhan sel-sel otak anak bertumbuh dengan kecepatan maksimal dan menakjubkan. Goldberg S. menyebutkan pada periode ini pertumbuhan sel otak anak terjadi secepat kilat dan hanya terjadi sekali dalam seumur hidup. Pada periode ini anak akan menangkap semua informasi dan merekam didalam otaknya.

Oleh karena itu direkomendasikan untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anak diusia ini, karena pemberian pengasuhan yang baik akan menjadi fondasi dalam kehidupan anak secara fisik, emosional, kognitif dan psikososial, bahkan spiritual. Itulah mengapa disebut memberikan pengasuhan yang tepat pada anak usia ini disebut juga sebagai penanaman fondasi hidup manusia. Karena pengalaman – pengalaman awal kehidupan anak akan membentuk kehidupan anak dimasa selanjutnya.

3. Berapa usia di sebut periode emas?

Periode emas anak adalah sejak kandungan sampai usia dua tahun, dan dilanjutkan sampai anak usia lima tahun. Pada seribu hari pertama kehidupannya (1000 HPK) merupakan percepatan perkembangan sel otak terbaik pada anak, dan dilanjutkan sampai lima tahun meskipun tidak secepat waktu dua tahun pertama kehidupannya. Sementara 1000 HPK adalah usia kehamilan 270 hari ditambah dengan 730 setelah kelahiran.

Selain itu, pemberian intervensi yang tepat pada anak dengan periode emas ini merupakan investasi hidup anak dimasa mendatang. Memberikan intervensi pada anak kurang gizi sebanyak satu orang akan mengembalikan investasi ke negara lebih kurang 13%. Dan anak yang mengalami pengalaman gangguan pertumbuhan dan masalah gizi pada masa anak-anak akan memberikan risiko terjadinya penyakit degenerative (penyakit tidak menular, seperti hipertensi, jantung, obesitas, kolestrol) pada masa dewasanya.

4. Apakah otomatis anak mengalami pertumbuhan emas sesuai usianya?

Sebutan sebab akibat terjadi pada proses ini. Seorang anak tidak serta merta memiliki tumbuh kembang yang menakjubkan tanpa adanya intervensi atau pengesuhan yang baik. Soerang anak akan mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan yang terbaik dan menakjubkan ini apabila anak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, pelayanan Kesehatan, perlindungan anak, lingkungan yang aman dan nyaman, stimulasi yang cukup serta dukungan dari keluarga.

Setiap kita bisa berkonsultasi pada tenaga kesehatan dan konselor anda untuk memastikan apakah anak anda sudah mendapatkan intervensi yang tepat serta tumbuh kembang anak yang tepat sesuai usianya. Anda juga bisa melihat artikel penulis di topik yang lain, atau bisa menanyakan perihal tersebut kepada penulis.

Pada akhirnya, apa yang ditanam itu yang akan kita tuai. Yang ditanamkan kepada anak-anak kita adalh yang terbaik, karena setiap orang tua menginginkan setiap anaknya tumbuh sehat. Mereka mampu belajar dengan semangat dan memiliki kemampuan yang terbaik. Dan harapannya mereka menjadi manusia dewasa yang bertanggung jawab pada diri sendiri dan oranglain.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Bawang Merah

   

Seorang yang menumpahkan kekesalan, sedih, amarah, bahagia dan rasa syukur dengan menulis. Menulis adalah teman suka duka. Juga seorang Konselor Menyusui, Pegiat Anak, dan peduli dengan seputar anak.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap