Mengenal Aneka Jenis Mi

Mengenal Aneka Jenis Mi 1

Siapa sih yang tidak suka mi atau belum pernah memakan mi? Bahkan, tidak sedikit balita yang sudah menjadikan mi sebagai makanan favoritnya.

Bukan hanya mi instan yang sering kita lihat di iklan TV dan sering kita konsumsi, mi ternyata memiliki beragam jenis, mulai dari bahan yang digunakan, tekstur, hingga rasa yang berbeda. Berikut merupakan beberapa mi yang biasa kita temukan di sekitar kita.

1. Mi Kuning

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Mi Kuning merupakan jenis mi yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Mi kuning juga dikenal dengan sebutan mi telur karena terbuat dari bahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan telur. Mi kuning biasa dijual menjadi dua jenis, yaitu mi basah dan mi kering. Mi instan yang sering kita konsumsi itu termasuk dalam jenis mi kuning kering. Mi kuning basah biasa digunakan untuk sajian mi ayam, bakso, mi tek-tek, mi Aceh, hingga bakmi Jawa.  

2. Bihun

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Bahan dasar untuk membuat bihun adalah tepung beras. Bihun memiliki warna putih bening dan berbentuk seperti mi  kuning tetapi lebih tipis. Bihun mudah ditemukan dalam masakan-masakan Chinese food karena bihun merupakan salah satu jenis mi dari Tiongkok. Dalam masakan Indonesia, bihun dapat diolah menjadi berbagai varian masakan, seperti bihun goreng, bihun kuah, sajian bakso, hingga menjadi isian pada makanan seperti risoles.

3. Soun

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Banyak orang yang menyamakan soun dengan bihun. Padahal, soun dan bihun merupakan dua jenis mi yang berbeda. Soun terbuat dari campuran tepung jagung dan tepung kacang hijau. Tekstur soun pun lebih kenyal jika dibandingkan bihun. Bentuk soun juga lebih kecil daripada bihun. Soun biasa digunakan dalam sajian soto, capcai, dan aneka tumis soun.

4. Misoa

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Selain bihun dan soun, orang-orang kadang juga sulit membedakan misoa. Sekilas, misoa memang terlihat mirip dengan bihun dan soun. Namun, misoa adalah jenis yang berbeda dengan bihun ataupun soun. Misoa terbuat dari tepung terigu yang memilki tekstur halus dan berbentuk tipis. Teksturnya yang halus dan tipis ini membuat misoa sering dijadikan sebagai bahan masakan untuk balita ataupun lansia. Umumnya, misoa dijual dalam bentuk misoa kering yang kemudian dapat diolah menjadi beragam masakan. Beberapa masakan yang dapat menggunakan misoa, yaitu sup, misoa goreng, hingga misoa tumis yang dicampur dengan aneka bahan masakan lain.

5. Kwetiau

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Berbeda dengan ketiga jenis mi sebelumnya, kwetiau memiliki bentuk yang lebih lebar dan pipih. Kwetiau terbuat dari bahan dasar tepung beras. Sebelum dimasak, kwetiau memiliki warna putih bersih dengan tekstur yang kenyal. Sajian kwetiau yang paling terkenal adalah kwetiau goreng.

6. Ramen

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Ramen merupakan salah satu jenis mi asal Jepang yang paling terkenal. Mi jenis ramen ini juga sudah banyak yang tersedia dalam bentuk instan. Ramen terbuat dengan bahan yang mirip dengan mi kuning, yaitu tepung terigu yang dicampur dengan telur. Perbedaannya, ramen ditambahkan bubuk kansui untuk mendapatkan tekstur yang lebih lembut dan kenyal. Warna mi ramen ini juga tidak sekuning mi kuning. Mi ramen ini biasa digunakan pada aneka sajian ramen.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh