Mengenal Ekosistem Hutan Mangrove Lebih Dalam

Mengenal Ekosistem Hutan Mangrove Lebih Dalam

Ekosistem Mangrove merupakan tempat yang belum banyak orang ketahui. Kebanyakan orang apabila mendengar istilah mangrove pasti langsung berfikiran tentang belajar ekosistem atau study tour.

Padahal, ekosistem Mangrove menyimpan keindahan alam yang tidak ditemukan di tempat lainnya.

Gambar Hutan Mangrove PIK (sumber diambil dengan kamera handphone penulis, 14/05/2022)
Gambar Hutan Mangrove PIK (sumber diambil dengan kamera handphone penulis, 14/05/2022)

Tempat ini bisa dijadikan salah satu tujuan untuk healing melepaskan penat dari sibuknya ibu kota.

Dikutip dari Dinas Lingkungan Hidup, menurut Giat hutan Mangrove merupakan sekumpulan pepohonan yang tumbuh di area sekitar garis pantai yang dipengaruhi oleh pasang surutnya air laut serta berada pada tempat yang mengalami akumulasi bahan organik dan pelumpuran.

Hutan Mangrove yang juga biasa dikenal dengan sebutan hutan bakau ini merupakan sebuah ekosistem yang bersifat khas karena adanya aktivitas daur penggenangan oleh pasang surut air laut.

Baca juga  Apa Yang Terjadi Jika Air Laut Berubah Menjadi Air Tawar

Sebelum lebih jauh, masih banyaknya miskonsepsi antara pengertian Mangrove dan bakau.

Sebenarnya, Mangrove mencakup semua jenis tumbuhan yang ada di kawasan tanah yang memiliki salinitas tinggi, tergenang, berlumpur, atau terpengaruh pasang surut air laut.

Sementara tanaman bakau merujuk kepada tanaman dari jenis Rhizopora sp saja. Jadi tanaman bakau (Rhizopora sp) adalah salah satu jenis tumbuhan dari ekosistem Mangrove.

Digaris bawahi ya peeps bakau dan Mangrove bukan tumbuhan yang memiliki makna yang sama.

Salah satu hutan Mangrove yang ada di Jakarta ialah Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk yang berada di Kawasan Pantai Indah Kapuk.

Tempat ini bisa jadi salah satu tujuan untuk healing bersama keluarga, teman, bahkan pasangan. Selain untuk healing, tempat ini bisa dijadikan sebagai salah satu penelitian konservasi bagi mahasiswa atau masyarakat setempat.

Baca juga  Capai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Ekowisata Hutan Mangrove
Gambar pendopo di Hutan Mangrove PIK, sumber diambil dengan kamera handphone 14/05/2022)
Gambar pendopo di Hutan Mangrove PIK, sumber diambil dengan kamera handphone 14/05/2022)
Gambar halaman yang ada di tengah Hutan Mangrove PIK, sumber diambil dengan kamera handphone 14/052022)
Gambar halaman yang ada di tengah Hutan Mangrove PIK, sumber diambil dengan kamera handphone 14/052022)

Hutan Mangrove memiliki banyak fungsi bagi kehidupan, sebagai tumbuhan untuk mencegah abrasi pantai, sudah tentu sebagai penghasil oksigen, dan hutan Mangrove ini mempunyai peran sebagai tempat tinggal binatang di dalamnya seperti ikan, kepiting, udang, dan moluska, ada juga kera, kadal monitor, penyu laut, ikan gelodok, dan buaya muara.

Jauh akan hal terdapat buaya, Taman Wisata Alam Angke Kapuk ini sangat aman untuk dikunjungi ya, peeps!

Ekosistem Mangrove sangat bermanfaat bagi sumber belajar melalui praktikum lapangan. Habitat Mangrove ini sangat berperan penting dalam program pendidikan, rekreasi, konservasi, dan penelitian.

Menjadikan ekosistem Mangrove sebagai tempat belajar secara langsung mampu menumbuhkan rasa keikutsertaan kita dalam menjaga cagar alam, suaka marga satwa, taman nasional, maupun cagar biosfer.

Baca juga  4 Peluang Bisnis Bagi Kalian Yang Berada di Daerah Pantai

Mengingat begitu pentingnya hutan Mangrove bagi kelangsungan lingkungan hidup kita, sudah seharusnya kita menyadari pentingnya konservasi ulang terhadap penanaman tumbuhan mangrove.

Upaya yang dapat dilakukan seperti melakukan reboisasi dan memberikan sanksi atau denda kepada yang melanggar hukum kelestarian ala mini.

Serta perlu adanya edukasi tambahan bagi masyarakat agar hutan mangrove ini lebih dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat.

Menjaga Mangrove merupakan bagian dari tindakan nyata atas kepedulian kita terhadap lestarinya alam dan kehidupan.

Mulai dari diri sendiri, marilah jaga lingkungan demi hidup dan kehidupan.

untuk mengetahui informasi lebih lanjut, kalian bisa mencari informasi dari media sosial lain TWA Mangrove ya, peeps!!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Sabrina Zahrani Safitri