Mengenal Jajanan Pasar Di Kota Pemalang, Nomor 2 Unik Banget!

Mengenal Jajanan Pasar Di Kota Pemalang, Nomor 2 Unik Banget! 1

Kota pemalang merupakan kota yang memiliki julukan “Pusere Jawa”, dan merupakan kota yang memiliki slogan “IKHLAS”. Saking ikhlasnya sampai-sampai orang luar kota sering tidak menyadari bahwa di Jawa Tengah memiliki kota yang bernama Pemalang. Kota Pemalang ini berada di antara kota Tegal, dan kota Pekalongan, tak ayal kota Pemalang sering disangka tidak ada sebab 2 kota sebelum dan sesudahnya lebih dominan dikenal masyarakat luas lewat batik yang dihasilkan dan sumber tangkapan lautnya.

Meskipun kotanya tidak terlalu terkenal, tetapi tetap ada yang bisa dibanggakan dari kota Pemalang, seperti nanas madu dan soto grombyangnya. Selain itu, banyak juga jajanan pasar yang sampai saat ini tetap hits dan masih jadi primadona santapan sarapan warga Pemalang. Apa saja sih jajanan pasar yang masih digandrungi sampai sekarang? Ini dia.

1. Gemblong

Mengenal Jajanan Pasar Di Kota Pemalang, Nomor 2 Unik Banget! 3

Jajanan pasar ini terbuat dari beras ketan putih dan campuran parutan kelapa. Sehingga tekstur yang dihasilkan sangat lembut. Penyajiannya pun cukup unik, gemblong dipotong-potong menjadi persegi atau jajar genjang lalu disiram kuah santan dan ditaburi serundeng kelapa yang sudah dimasak dengan gula merah dan dibungkus menggunakan daun pisang. Sangat menggoda bukan? Biasanya satu porsi gemblong yang dijual di desa-desa masih relatif murah kisaran Rp 2.000- Rp 3.000,- saja.

2. Gempolan

Mengenal Jajanan Pasar Di Kota Pemalang, Nomor 2 Unik Banget! 4

Jajanan yang satu ini bentuknya unik dan berwarna-warni. Dilihat dari warnanya, kita bisa tau bahwa yang merah merupakan rasa strawberry, warna coklat tentu saja itu rasa coklat dan yang berwarna putih rasa original. Dibuat dari tepung beras, jajanan gempolan juga merupakan jajanan yang masih eksis sampai sekarang. Bentuknya yang unik dan rasanya yang gurih mampu membuat anak-anak kecil terpikat dan menjadikan makanan ini santapan sarapan mereka.

Penyajiannya juga simpel, kuah santan dan bulatan warna-warni dipisah agar bentuknya tetap bulat. Sebab jika dijadikan satu antara kuah santan dan bulatan warna-warni akan menjadi satu menjadi bubur. Satu porsi gempolan biasanya dijual mulai dari Rp 3.000,- saja.

3. Blendung

Mengenal Jajanan Pasar Di Kota Pemalang, Nomor 2 Unik Banget! 5

Nah jajanan yang satu ini pasti banyak yang kenal, mirip dengan jajanan jasuke. Bahan dasar jajanan blendung juga berasal dari jagung yang direbus, tetapi ukuran jagung yang digunakan cenderung lebih besar dari jagung yang dipakai untuk jajanan jasuke. Sebab jagung yang digunakan untuk pembuatan jajanan blendung biasanya akan direbus sampai butiran jagungnya memuai dan retak, sehingga saat dimakan teksturnya lebih lembut dan dapat dikunyah lebih mudah.

Penyajiannya juga mirip dengan gemblong yakni menggunakan daun pisang, jagung rebus yang sudah di pipil di campurkan dengan kelapa parut yang sudah dibumbui sedikit garam kemudian di atasnya biasanya disiram air gula merah. Untuk satu porsi jajanan blendung bisa dibeli mulai dari Rp 3.000,- saja.

Nah itu dia 3 jajanan pasar di kota pemalang yang masih digandrungi warganya sampai sekarang. Rasanya enak, dan harganya yang sangat ekonomis mampu membuat warga tetap memilih satu diantaranya untuk dijadikan santapan sarapan. Akan ada part 2 untuk lanjutan jajanan pasar ini ya. Karena masih banyak jajanan pasar lain dari kota Pemalang untuk dikenalkan pada kalian semua, stay tune!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nurul Hidayah