Mengenal Jembatan Suramadu Terpanjang di Indonesia


Mengenal Jembatan Suramadu Terpanjang di Indonesia 1

Jembatan merupakan sebuah sarana penghubung antara satu tempat ke tempat lain itu melewati sebuah sungai atau sebuah tebing curam. Jembatan sendiri dapat dilalui kendaraan baik roda empat maupun roda dua, dengan tujuan agar lebih memudahkan sarana transportasi baik menghubungkan antar desa, kecamatan, kota maupun provinsi. Jembatan yang kita kenal jembatan terpanjang di Indonesia adalah Jembatan Suramadu yang memiliki panjang 5438 meter atau sekitar 5 Kilometer yang menghubungkan antara wilayah Surabaya dengan Pulau Madura.

Jembatan Suramadu 
Jembatan Suramadu 

Jembatan Suramadu ini merupakan mega proyek yang sudah lama dirancang sejak era Soekarno kemudian tahun 2003 Presiden Megawati Soekarnoputri dia mulai kembali mencanangkan pembangunan Jembatan Suramadu ini dan pada akhirnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Juni 2019 meresmikan jembatan terpanjang di Indonesia ini, kemudian mulai dioperasionalkan untuk sarana transportasi menghubungkan antara Surabaya dengan bangkalan Madura.

Jembatan Suramadu di waktu sore
Jembatan Suramadu di waktu sore

Jembatan Suramadu merupakan tonggak perekonomian antara wilayah Surabaya khususnya wilayah Jawa Timur dengan dengan Madura mempercepat sarana transportasi dan pembangunan, serta mempermudah akses kegiatan perekonomian di Jawa Timur khususnya di Pulau Madura. 

Tujuan dibuatnya jembatan ini tidak lain adalah terkait dengan percepatan pembangunan percepatan perekonomian yang merata dan mempercepat transportasi wilayah Surabaya dengan Madura. 

Jalan tol suramadu
Jalan tol suramadu

Jembatan Suramadu sendiri memiliki tiga Bentang jembatan atau tiga bagian yaitu bagian jembatan layang, ada jembatan penghubung dan jembatan utama.

Jembatan Suramadu sendiri termasuk kategori jalan tol dan jembatan ini termasuk jembatan terpanjang di Indonesia merupakan penghubung Selat Madura atau laut Madura yang berada di atas laut Madura.

Proses pembangunan Jembatan Suramadu ini memang memakan waktu yang cukup lama yaitu 6 tahun mulai tahun 2003 sampai tahun 2009 meskipun sebelumnya telah lama dirancang namun pada era Presiden Soeharto khususnya pada tahun 1998, sejak Indonesia mengalami krisis atau terjadi krisis di berbagai negara terutama di Indonesia yang mengakibatkan perencanaan pembangunan Jembatan Suramadu ini sementara terhenti, karena adanya krisis moneter waktu itu.

Kemudian pada akhirnya tahun 2003 Presiden Megawati Soekarno Putri mulai kembali meresmikan pembangunan jembatan ini, dengan adanya jembatan Suramadu ini diharapkan proses pembangunan dan juga kegiatan ekonomi maupun saran kegiatan transportasi dengan wilayah pulau Madura menjadi lebih aktif, lebih cepat sebelumnya transportasi menggunakan kapal kapal kargo, kapal penumpang untuk menghubungkan antara Surabaya Jawa Timur khususnya dengan pulau Madura.

Jembatan ini menelan biaya sekitar 4.5 Triliyun, merupakan dana APBN, dengan kontruksi yang sangat baik, akan bertahan hingga ratusan tahun. Yang menarik dari jembatan ini, sisi bagian tengah yang merupakan jembatan layang, sebagai penghubung kapal yang akan melintasi jembatan, dengan kondisi jalan dibuat lebih tinggi dari jembatan utamanya.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap