Mengenal Jenis-Jenis Komedi yang Harus Anda Ketahui

Mengenal Jenis-Jenis Komedi yang Harus Anda Ketahui 1

Komedi adalah suatu karya lucu yang umumnya bertujuan untuk menghibur dan membuat orang tertawa. Dalam seni teater ini, komedi juga merupakan salah satu genre teater yang berasal dari Yunani Kuno.

Maka dari itu komedi merupakan hal yang dapat menghubungkan satu dengan lainnya. Namun, apa yang lucu bagi anda belum tentu lucu bagi orang lain. Karna ini semua terjadi karena selera jenis komedi yang berbeda-beda. Makal hal ini anda harus mengetahui beberapa jenis komedi.

Berikut Jenis-jenis Komedi yang Ada!

Slapstick

Slapstick adalah jenis komedi fisik yang mudah dicerna dan bermain dalam lingkup yang luas. Komedi ini mencakup tiga hal utama yaitu derita, celaka, dan aniaya. Jenis komedi ini bisa anda lihat saat seorang komedian jatuh dari kursi yang terbuat dari styrofoam, saling mendorong, memasukan benda asing ke dalam mulut hingga melempar makanan ke wajah seseorang. Jenis komedi ini digunakan oleh Mr. Bean, Warkop DKI, Opera van Java, dan Charlie Chaplin.

Komedi Hitam

Komedi hitam atau dikenal juga dengan sebutan black joke atau dark jokes adalah jenis humor atau komedi yang didasari dari observasi sisi gelap kehidupan sehari-hari. Aspek yang digunakan mencakup kejadian aktual dari dunia politik, hiburan, olahraga, rasisme, agama, terorisme, dan peperangan.

Komedi Biru

Selain komedi hitam, komedi juga ada yang berwarna biru. Komedi biru adalah komedi yang membahas hal-hal yang berbau seks dan tema-tema tabu lainnya. Anda bisa menemukan jenis komedi ini dalam karakter Mike Myers, Jimmy Carr, dan Chris Tucker.

Mencela Diri Sendiri

Self Desprecating Jokes alias lelucon mencela diri sendiri adalah jenis komedi yang populer pada ajang ‘Stand Up Comedy”. Banyak komika mencela dirinya sendiri sebagai materi komedi mereka. Humor jenis ini juga banyak digunakan di kalangan anak muda di Instagram.

Sebenarnya humor di “Stand Up Comedy” dan Instagram adalah konsep yang sama, yakni merealisasikan sesuatu dengan diri sehingga anda jadi tertawa sendiri.

Observasi

Komedi jenis observasi adalah jenis komedi yang berasal dari hal yang benar-benar terjadi di kehidupan sehari-hari. Seperti fenomena di dunia hiburan, masalah dengan pasangan bahkan dunia politik. Jenis komedi ini biasanya digunakan juga dalam acara “Stand Up Comedy”.

Komedi Karakter

Komedi jenis karakter ini adalah komedi yang didasari kepintaran seorang komedian dalam menciptakan sebuah karakter bertingkah lucu. Komedi karakter juga bisa dengan menirukan karakter lucu seseorang. Ciri utama dari komedi karakter adalah keunikan ekspresi seorang komedian dalam menampilkan emosi, tingkah laku, dan mimik muka yang menggelikan.

Parodi

Komedi parodi merupakan jenis komedi dimana menertawakan sesuatu dengan meniru atau membuat imitasi dari yang orisinal dengan selucu mungkin. Bisa dibilang, parodi bermain dengan familiarity, semakin dekat dengan sesuatu yang diparodikan, maka akan semakin mudah untuk membuat penonton melihat di mana bagian kelucuannya.

RomCom

Salah satu jenis komedi favorit banyak orang karena menggabungkan drama romantis dengan komedi ke dalam sebuah bentuk humor. Biasanya, jenis komedi ini membicarakan sisi-sisi kelucuan dalam menjalin hubungan romantis, entah mulai dari peristiwa pertengkaran, putus-nyambung, dan bahkan hadirnya orang ketiga di hubungan mereka.

ScrewBall

Meskipun terdengar asing, namun sejatinya jenis komedi ini terbilang cukup populer. ScrewBall adalah jenis komedi yang biasanya di filmkan yang menekankan pada karakter utama yang unik, esentrik, aneh, dan bermasalah. Saking bermasalahnya, hal-hal yang dihadapi pun juga sangat amat tidak masuk di akal. Kelucuannya hadir dari rasa tidak percaya terhadap masalah dan karakter yang ditampilkan.

Itulah beberapa jenis-jenis komedi yang mungkin anda baru mendengar, komedi adalah hiburan yang simple namun banyak hal yang bisa di pelajari lebih dalam lagi dari hiburan yang satu ini terutama untuk pecinta komedi sendiri. Semoga Bermanfaat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

rohman

   

penulis yang masih dibantu dengan keyboard