Mengenal Jenis Rumput Sepakbola Yang Banyak Digunakan Saat Ini

Mengenal Jenis Rumput Sepakbola Yang Banyak Digunakan Saat Ini 1

Sebuah fasilitas lapangan dengan standar internasional dan standar federasi sepak bola memang menjadi hal cukup penting sebagai penunjang diselenggarakan kegiatan sepakbola saat ini.

Di kompetisi Eropa, lapangan dengan kualitas terbaik, dengan warna sangat hijau dan tentunya sudah berstandar internasional menjadi hal biasa apalagi dengan kompetisi sepakbola yang cukup ketat seperti Liga Inggris, Serie A Italia, maupun kompetisi sepak bola terbesar lainnya di dunia.

Namun tak hanya di sepakbola profesional, beberapa waktu terakhir memang cukup menjamur dengan adanya penerapan standar lapangan dengan kualitas terbaik di kompetisi sepakbola amatir disetiap distrik.

Mengenal Jenis Rumput Sepakbola Yang Banyak Digunakan Saat Ini 3

Dengan adanya fasilitas yang terbaik, dan juga kualitas rumput yang mumpuni akan sangat berpengaruh terhadap kualitas bermain tim sepakbola.

Namun belum banyak yang tahu beberapa jenis rumput yang dipergunakan saat ini di berbagai fasilitas olahraga sepakbola baik manca negara maupun di tanah air.

Berikut beberapa jenis rumput lapangan sepakbola yang perlu anda tahu.

1. Cynodon Dactylon

Jenis rumput pertama yang lagi kekinian, adalah jenis Cynodon dactylon, yang mulai banyak diterapkan di lapangan lapangan hampir diseluruh dunia, khususnya juga di Indonesia.

Ini merupakan lapangan dengan teksturnya yang sangat lembut, dan tipis dengan permukaan lapangan yang tak begitu terlihat rumput aslinya.

Ini yang biasanya digunakan untuk lapangan golf, namun juga digunakan untuk lapangan sepakbola. Karena teksturnya yang lembut dan halus, maka dapat mempermudah mengalirnya aliran bola ke lapangan.

Karena biaya perawatan nya juga tak begitu mahal, maka tak heran jika banyak lapangan di Eropa maupun di Indonesia yang juga menggunakan rumput jenis ini.

Namun selain ada kelebihan pasti ada kelemahannya, dimana akar dari rumput ini tidak begitu kokoh ketimbang rumput jenis lain, dan mudah mengelupas apalagi ketika sering digunakan.

2. Zoysia Matrella

Jenis rumput kedua yang paling sering digunakan di lapangan sepak bola adalah ZM atau Zoysia Matrella.

Ini merupakan jenis rumput yang sangat cocok dan paling banyak digunakan pada lapangan sepakbola modern saat ini.

Ini juga dikenal dengan teksturnya yang tak begitu kasar namun juga tak begitu lembut, namun sangat cocok untuk mengurangi angka resiko cedera pemain, atau lecetnya fisik pemain ketika berjibaku di lapangan.

Dengan karakternya ujung rumput nya yang runcing, dan juga memiliki akar nya yang lebih kuat dibanding rumput jenis nomor satu tadi.

Warnanya juga terlihat lebih hijau pekat, dan juga jenis rumput ini terbilang lebih mahal dari rumput lainnya. Apalagi dengan perawatan yang sedikit lebih rumit dan harus rajin memotong rumput setiap waktu.

Jenis rumput ini yang seringkali di pergunakan di stadion-stadion megah di Eropa, bahkan juga digunakan di stadion kebanggaan Indonesia Gelora Bung Karno saat ini.

Di Indonesia sendiri saat ini menang sudah banyak yang menerapkan lapangan dengan standar rumput berkualitas terbaik dan berstandar FIFA.

Apalagi di era sepakbola modern, rumput dengan jenis yang berkualitas nomor satu menjadi pilihan utama untuk stadion stadion baru khususnya di Indonesia yang sedang gencar-gencarnya membangun fasilitas Stadion yang berstandar internasional.

Tak heran jika mereka juga mempergunakan rumput dengan kualitas terbaik agar lebih mempercantik  stadion mereka.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.