Mengenal Joan Gamper, Pendiri Barcelona

Mengenal Joan Gamper, Pendiri Barcelona 1

Mungkin kebanyakan penggemar maupun fans berat Barcelona tak Begitu tahu tentang pendiri klub yang berjuluk Baulgrana ini.

Barcelona bukan lagi sebuah tim biasa, namanya begitu melambung dan munculnya banyak pemain berkelas dunia yang kerap menghiasi perhelatan Barcelona disetiap ajang.

Terkadang klub itu dibuat oleh pendiri yang berasal dari negara yang sama dimana klub itu dilahirkan. Namun hal tersebut tak dialami oleh Barcelona, dimana klub ini didirikan oleh Pria berkebangsaan Swiss, yang sengaja datang ke daratan Spanyol awalnya untuk kepentingan bisnis.

Namun selang beberapa waktu, Pria bernama Joan Gamper, yang lahir di Zurich, Swiss pada tahun 1877 ini mulai tertarik dengan lahirnya ide untuk membuat klub sepakbola.

Kecintaan nya itu ditandai dengan lahirnya FC Zurich yang merupakan tim kuat asal Swiss bersama FC Basel saat ini.

Saking cintanya dengan sepakbola, tak hanya FC Zurich saja yang ia dirikan, namun beberapa waktu di Spanyol, ia tertarik merencanakan membuat klub sepakbola bernama bersama orang Inggris dan Spanyol bernama FC Barcelona.

Tepatnya pada tahun 1899, FC Barcelona resmi di didirikan oleh Joan Gamper bersama sekumpulan warga Barcelona yang ikut meramaikan geliat tersebut.

Selain mendirikan klub Barcelona, Joan Gamper juga terlibat langsung sebagai pemain Barcelona pada tahun 1899 hingga 1903, setelah karirnya sebagai pemain usai, ia pun akhirnya menerus kan dengan didaulat sebagai Presiden Barcelona hingga beberapa waktu.

Selama menjadi pemain, Gamper telah mempersembahkan beberapa trofi pertama Baulgrana saat itu. 

Asal Muasal Jersey

Mengenal Joan Gamper, Pendiri Barcelona 3

Jika diihat sejak klub ini berdiri, selalu konsisten mempergunakan kostum kebanggaan mereka biru merah maroon yang menandai identitas Barcelona sampai saat ini.

Ternyata pemilihan warna corak Jersey Barcelona, merupakan inisiatif dari pendiri Joan Gamper yang terinspirasi oleh FC Basel yang mempergunakan Jersey warna biru merah yang juga menyukai warna kostun Basel yang merupakan klub asal Swiss.

Warna biru merah diambil dari bahasa Spanyol yaitu Baulgrana yang merupakan julukan tim catalan ini.

Kisah Meninggalnya Joan Gamper

Dibalik kesuksesannya mendirikan klub Barcelona dan juga kiprahnya selama menjadi pemain dan presiden klub, tak dialaminya ketika usianya menginjak tua.

Joan Gamper dikabarkan meninggal dunia akibat peristiwa bunuh diri yang ia lakukan akibat depresi yang ia alami karena faktor finansial.

Banyak yang menyayangkan kepergian Joan Gamper yang begitu menyedihkan. Padahal selama masih muda ia meninggalkan segudang prestasi dan juga jasanya mengangkat Barcelona menjadi klub sepakbola yang merajai Spanyol saat itu, disaat Barcelona sedang mengalami permasalahan krisis keuangan hebat.

Joan Gamper Trophy

Mengenal Joan Gamper, Pendiri Barcelona 4

Mengingat jasa-jasanya yang sulit dilupakan, Joan Gamper akhirnya diabadikan dalam sebuah turnamen pra musim Barcelona yang rutin diselenggarakan sebelum kompetisi setiap tahunnya dimulai.

Joan Gamper Trophy diselenggarakan di markas Barcelona, dan sudah ada sejak tahun 1966.

Seperti diketahui jika Joan Gamper tiba di Barcelona pada di Barcelona pada 1898 dan berlatih olahraga di jalan-jalan lingkungan Sant Gervasi. Setahun kemudian dia mendirikan klub sepak bola FC Barcelona dan mengambil peran sebagai pemain.

Joan Gamper pertama kali menjadi presiden Barcelona pada tahun 1908 sampai dengan tahun 1909, dimana dilanjut kan kemudian pada periode tahun 1910-1913, Periode tahun 1917-1919, periode tahun 1920-1921, dan periode tahun 1924-1925. 

Yang menarik, prestasi terbaik lainnya Joan Gamper adalah membantuk Barcelona bisa mendapatkan stadion nya sendiri yang saat ini bernama Nou Camp.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Blind