Mengenal Jurusan Ilmu Komunikasi & Prospeknya Ke Depan

Mengenal Jurusan Ilmu Komunikasi & Prospeknya Ke Depan

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan salah satu jurusan terfavorit hampir di semua PTN. Mengapa tidak? Jurusan ini memiliki banyak peminat dan memberikan studi yang benar-benar relevan dengan dunia profesional ataupun kehidupan sehari-hari.

Karena manusia sebagai makhluk sosial harus menjalin relasi dengan manusia lainnya. Dan, cara paling sederhana untuk menjalin relasi tersebut adalah dengan Bahasa yang disampaikan melalui komunikasi. 

Perlu diingat bahwa komunikasi tidaklah mudah dilakukan terutama untuk kepentingan bisnis, menyampaikan maksud tersirat, komunikasi dengan atasan, individu, kelompok dan lainnya.

Oleh karena itu, dengan menyambung pendidikan di Ilmu Komunikasi kamu dapat mempelajari hal ini dan mempraktikkannya dengan lebih baik.

Apa Itu Jurusan Ilmu Komunikasi

Jika dilihat dari pertanyaan “apa itu Jurusan Ilmu Komunikasi” maka jawabannya sederhananya adalah salah satu jurusan di Ilmu Sosial yang mempelajari komunikasi yang nantinya dapat dihubungkan dengan disiplin ilmu lainnya.

Contohnya saja; ekonomi, sosial, politik dan lain-lain. Oleh karena itu, Ilmu Komunikasi dikenal dengan jurusan multidisipliner.

Kemudian, di dalam jurusan ini nantinya kamu akan mempelajari banyak hal yang berhubungan dengan komunikasi. Perlu diingat bahwa komunikasi ini sifatnya kompleks sehingga harus dipelajari sebaik mungkin.

Adapun beberapa hal yang bisa kamu pelajari dalam jurusan ini antara lain:

  • Komunikasi kelompok
  • Komunikasi antar individu
  • Komunikasi yang dilakukan dengan diri sendiri
  • Komunikasi pemasaran dan bisnis
  • Komunikasi politik
  • Komunikasi massa dan organisasi
  • Dll

Bergantung kepada kampus tujuan masing-masing namun biasanya pada semester 1 mahasiswa di Jurusan Ilmu Komunikasi akan mempelajari pengetahuan umum dan beberapa mata kuliah pengatar Komunikasi.

Mulai semester 2 atau 3 baru kamu akan mendapatkan mata kuliah utama untuk jurusan masing-masing.

Setiap Jurusan Ilmu Komunikasi biasanya juga memiliki bidang peminatan yang bisa dipilih sesuai keinginan masing-masing. Biasanya peminatan tersebut terdiri dari:

  • Periklanan (advertising)
  • Public relations, dan
  • Jurnalistik

Semua peminatan ini memiliki fungsi dan keunggulannya masing-masing. Namun, semuanya sangat penting bagi pengembangan karir kamu ke depan ketika di dunia profesional kerja nanti.

Prospek Pekerjaan Jurusan Ilmu Komunikasi Ke Depan

Baca juga  Dari Privilege Hingga Beban, Inilah yang Dirasakan Ketika Menjadi Mahasiswa

Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya bahwa jurusan ini memiliki tiga peminatan utama yaitu; advertising, jurnalistik dan public relation.

Jadi, dapat dipastikan bahwa prospek pekerjaan jurusan ini berhubungan dengan peminatan tersebut. Adapun prospek pekerjaan dari Jurusan Ilmu Komunikasi antara lain:

1. Penyiar

Baca juga  Alasan Pria Sejati Cenderung Tidak Banyak Bicara

Penyiar sendiri merupakan pekerjaan yang cukup luas karena tersedia baik itu di TV, radio dan lainnya. Terutama untuk zaman ini di mana terdapat berbagai platform yang membutuhkan penyiar profesional seperti Youtube dan lainnya.

Karena penyiar yang memahami Ilmu Komunikasi yang baik pasti dapat menyampaikan informasi yang diinginkan dengan efektif dan efisien.

2. Advertising

Periklanan yang baik harus bisa  meyakinkan dan menarik perhatian calon konsumen dengan bahasa yang singkat dan mudah dipahami.

Hal ini bisa dipelajari secara otodidak namun lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi yang sudah menguasai ilmu dan praktik komunikasi dengan baik dapat membuat kata dan kalimat advertising yang menarik sehingga dapat menarik perhatian public.

3. Humas

Lulusan jurusan ini juga sangat cocok menjadi bagian dari divisi Humas yang dimiliki oleh perusahaan, organisasi ataupun pemerintahan.

Karena Humas bekerja dengan menyampaikan informasi dan membuat citra yang baik di mata publik.

4. Wartawan, Reporter, dan Jurnalis

Baca juga  Negara di Kawasan Asia yang Memiliki Kualitas Pendidikan Unggul

Pekerjaan profesional lain yang cocok untuk lulusan jurusan ini adalah menjadi seorang jurnalis, wartawan ataupun reporter.

Ketiga pekerjaan ini memang berbeda namun membutuhkan skill komunikasi yang baik agar informasi dan berita yang disampaikan dapat dihapami dengan mudah oleh para pendengar.

Perbedaan terbesar dapat dilihat dari jurnalis dengan wartawan dan reporter. Jurnalis biasanya menuliskan berita baik di media digital atau surat kabar fisik.

Sedangkan wartawan dan reporter bekerja dengan melakukan komunikasi langsung dengan menjalin komunikasi menarik dengan narasumber ataupun dengan menyampaikan berita langsung di lapang.

Melalui penjelasan di atas kamu dapat memahami bahwa Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan jurusan dengan prospek yang besar.

Selain studi core yang diberikan berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari kamu juga bisa menjadikannya sebagai modal utama untuk mendukung karir profesional ke depannya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Digstraksi Official

   

Digstraksi adalah platform untuk mempertemukan penulis independen & pembaca yang haus informasi.