Mengenal Lebih Dekat Klub AS Monaco

Mengenal Lebih Dekat Klub AS Monaco 1

AS Monaco merupakan klub yang masuk dalam kompetisi sepakbola di Liga Pramcis atau League 1 dan sebuah klub non Prancis yang berdiri pada tanggal 23 Agustus tahun 1924.

Klub ini memiliki kepanjangan bernama lengkap Association Sportive de Monaco Football Club, dan berjuluk Les Rouge et Blanc atau Si Merah dan Putih.

Klub ini bermain di markas stadion Stade Louis II, yang berkapasitas 18.523 penonton, dan merupakan klub non Prancis dari negara Monako.

Sejarah Klub

Mengenal Lebih Dekat Klub AS Monaco 3

Awalnya klub ini berdiri pada tahun 1924, dan merupakan salah satu klub negara yang sampai saat ini berkompetisi di Liga Prancis.

Klub ini awalnya memulai masa kejayaan pada saat era Arsene Wenger mantan nahkoda Arsenal yang terbilang sukses mengangkat pamor AS Monaco serta mempersembahkan beberapa tropi juara

Wenger mengawali karirnya dengan berperan sebagai pelatih AS Monaco sejak tahun 1988 hingga tahun 1994. 

Awalnya klub ini mulai berkarir di kompetisi Liga Prancis pada tahun 1933, saat itu AS Monaco atau klub yang dijuluki Les Monégasques ini ditawari dan dipanggil oleh Federasi Sepakbola Prancis untuk masuk dalam kompetisi sepakbola profesional di Prancis.

Mengenal Lebih Dekat Klub AS Monaco 4

Setelah beberapa tahun mengalami masa suram di kompetisi Prancis, yang membuat klub ini harus tersingkir dari kerasnya persaingan klub utama Prancis.

Namun akhirnya AS Monaco kembali bermain di kompetisi profesional di kasta kedua Liga Prancis tahun 1948, mereka akhirnya perlahan tampil konsisten dan membaik kemudian membawanya kembali promosi ke kasta tertinggi Liga Prancis pada tahun 1953.

Stade Louis II

Mengenal Lebih Dekat Klub AS Monaco 5

Stadion Stade Louis II menjadi saksi bisu lahirnya sepakbola besar AS Monaco dikancah persepakbolaan di Prancis. 

Stadion berkapasitas 18 ribu penonton ini merupakan kandang atau home base AS Monaco yang saat ini berlaga di Liga Champions Eropa.

Stade Louis II mengadopsi nama tokoh yang berperan mengorganisir olahraga terstruktur di Negara Monaco. Kemudian ia membangun fasilitas olahraga yang sampai saat ini dikenal dengan Stadion Stade Louis II.

Stadion ini terbilang paling sepi setiap asa event pertandingan klub AS Monaco, tercatat hanya rata-rata sekitar 9 ribu penonton yang hadir distadion dari kapasitas 18 ribu penonton.

Namun stadion ini pernah mengukir banyak sejarah khususnya dalam penyelenggaraan event kompetisi Eropa seperti pertandingan Piala Super Eropa.

Stade Louis terbilang menarik mengingat stadion ini dibangun diatas lahan reklamasi dan berada di pusat dermaga Monako, sebagai akibat keterbatasan lahan di negara terkecil di dunia setelah Vatikan.

Skuad dan Prestasi 

Mengenal Lebih Dekat Klub AS Monaco 6

AS Monaco total telah mengemas delapan kali gelar juara Liga Prancis atau Ligue 1 kompetisi tertinggi di level Liga Prancis.

Dan mereka juga menjuarai liga divisi kasta kedua Liga Prancis sebanyak dua kali. Serta trofi Coupe de France  sebanyak lima kali.

Skuad Utama AS Monaco 2021/2022 :

Radosław Majecki, Guillermo,  Cesc Fàbregas, Benoît Badiashile, Axel Disasi,  Gelson Martins,  Aurélien Tchouaméni,  Myron Boadu, Wissam Ben Yedder, Jean Lucas, Caio Henrique, Willem Geubbels, Ismail Jakobs, Jean Marcelin, Alexander Nübel, Aleksandr Golovin.

Djibril Sidibé, Strahinja Pavlović, Youssouf Fofana, Anthony Musaba, Ruben Aguilar, Krépin Diatta, Pietro Pellegri, Vito Mannone, Kevin Volland, Maghnes Akliouche, Chrislain Matsimliot Matazo, Sofiane Diop, Wilson Isidor, Félix Lemaréchal

Klub ini pernah mendatangkan beberapa pemain mahal yang berlabel pemain bintang seperti Radamel Falcao, Jems Rodriguez dan sederet pemain bintang saat klub ini dibeli oleh pengusaha potasium asal Rusia bahkan saat itu total belanja klub ini pernah mencapai 90 juta poundsterling.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

BLUTS