Mengenal Lebih Dekat Klub Atalanta

Mengenal Lebih Dekat Klub Atalanta 1

Atalanta merupakan sebuah klub yang bermain di kompetisi Serie A Italia yang bernama lengkap Atalanta Bergamasca Calcio, banyak yang menyebut Atalanta Bergamo atau Atalanta BC.

Klub ini berpusat di Bergamo, Lombardy, Italia, dan memiliki julukan Orobic. Klub ini kembali promosi ke Seri A pada musim 22010/2011 dari kasta kedua Serie B.

Klub didirikan pada tahun 1907 dengan bermarkas di stadion kebangaan mereka stadion Atleti Azzurri d’Italia, Bergamo, Italia, dengan Kapasitas tempat duduk 21.300 orang.

Sejarah dan Logo

Mengenal Lebih Dekat Klub Atalanta 3

Banyak yang bertanya-tanya pastinya mengenai gambar logo klub Atalanta ini, dengan gambar perempuan berambut panjang. Sejarah pemebentukana logo tersebut memang berlangsung sangat panjang dimana beberapa pemuda asal Swiss awalnya membangun ide membuta sebuah klub sepakbola baru, dengan basis klub di Bergammo, nama yang terlihat lebih mentereng.

Namun awal mula logo klub Atalanta ini hanyalah sebuah motif garis-garis hitam dan biru seusai warna identik klub ini, kemudian tahun 1960 mulailah gambar perempuan berambut panjang yang terlukiskan di dalam logo Klub Atalanta ini hingga sekarang, diwujudkan dalam sosok dalam mitologi Yunani bernama Atalanta yang sedang berpose tampak dari samping wanita itu menghadap ke depan. Itulah mengapa, klub ini dijuluki La Dea (Sang Dewi)

Mengenal Lebih Dekat Klub Atalanta 4

mengadopsi dari sebuah kisah menarik dari sang dewi, akhirnya dibentuklah sebuah  klub dari kota Bergamo, Italia, yang kemudian menelaah sebagai peruwujudan perjuangan Atalanta seperti nama klub Bergamo ini, yang mereka gunakan sebagai nama klub hingga sekarang.

Mengenal Lebih Dekat Klub Atalanta 5

Berawal dari sebuah klub asal Bergamo, Atalanta Bergamasca Calcio. Mengaplikasikan seorang wanita bernama Atalanta yang dipergunakan sebagai simbol dalam logo klub ini, namun tidak hanya sebatas pemaknaan atau sekedar gambar yanag tertuang dalam sebuah logo klub saja, namun juga memiliki sebuah arti dan juga filosofi sebuah klub sepakbola yang sedang bermain.

Hal ini membuktikana jika Atalanta bukanlah tim sebagai predikat klub Italia yang bermain slow dan lebih banyak bertahan. Namun perwujudan sebagai klub yang mampu bermain menyerang sejak musim 2019/2010, sebagai pembuktian klub ini menjadi klub dengan gaya permainan yang beda dengan klub lain di Italia.

Kostum

Mengenal Lebih Dekat Klub Atalanta 6

Atalanta memiliki kostum kebanggaan mereka biru hitam sesuai dengan warna di logo klub mereka, sebagai ikon klub asal Bergamo ini. Denagn pemberian tahun berdirinya klub ini serta nama klub ini Atalanta yang diberikan dibagian atas gambar perempuan tersebut.

Stadion Atletic Azzurri d’Italia  

Mengenal Lebih Dekat Klub Atalanta 7

Atalanta bermain dikandang mereka di Stadion Atleti Azzurri d’Italia, sebagai home base mereka dalam mengarungi kompetisi sengit di Serie A setiap musimnya. 

Stadion ini dibangun sejak tahun 1928 dengan nama lama Mario Brumana, dia merupakan tentara fasis yang berasal dari Valle Imagna. Dan stadion yang berkapasitas 26.000 penonton, merupakan kandang dua klub bernama Atalanta BC dan Albinoleffe.

Prestasi Klub

Mengenal Lebih Dekat Klub Atalanta 8

Klub didirikan oleh kelompok pelajar asal Swiss, Mereka total telah bermain sebanyak 58 kali di kompetisi Serie A, sementara 28 kali di kompetisi Serie B, dan hanya satu musim bermain di Serie C. Sementara di sisi prestasi Atalanta memperoleh beberapa catatan prestasi terbaiknya selama mereka berkompetisi di kompetisi sepakbola Italia. 


Berbicara prestasi, Atalanta juga pernah menorehkan beberapa prestasi terbaiknya namun diajang Coppa Italia dan juga gelar juara Serie B kompetisi kasta kedua di Liga Italia.

Berikut catatan prestasi klub Atalanta :

  • Piala Italia atau Coppa ItaliaJuara Pada Tahun : 1962/63
  • Juara Kompetisi Serie Bpada Tahun: 1927/28, 1939/40, 1958/59, 1983/84, 2005–06, 2010–11
  • Juara Kompetisi Serie C1pada tahun :1981-82.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

All Sport