Mengenal Lebih Dekat Klub Chievo Verona

Mengenal Lebih Dekat Klub Chievo Verona 1

Chievo Verona sebuah kesebelasan yang berasal dari kota sub urban di Kota Verona yang memiliki nama lengkap Associazione Calcio Chievo Verona, klub ini memiliki julukan SrLJulukan Gialloblu artinya kuning-Biru, selain itu juga berjuluk Mussi Volanti artinya “Keledai-Terbang” dalam bahasa Venesia), kemudian ada lagi berjuluk Ceo artinya Chievo”.

Klub ini bermain di kompetisi Serie A, dan telah ada sejak tahun 1929 dan bermain di stadion kebanggaan mereka Marcantonio, Verona.

Sejarah 

Mengenal Lebih Dekat Klub Chievo Verona 3

Klub Chievo Verona telah ada sejak tahun 1929, yang didirikan oleh sekumpulan pecinta olahraga yang merupakan kelompok suburban kecil di wilayah Verona. 

Awal mulanya klub ini hanya bermain di kompetisi amatir di Provinsi Veneto, mengikuti beberapa kejuaraan amatir melawan klub pekerja di kota kota lain Italia.

Chievo ini awalnya mempergunakan kostum merah Hitam, sementara kostum kebanggaan mereka kuning biru baru diperkenalkan pada musim 1957/1958, dan kemudian merangsek ke Serie D pada tahun 1975 bermain di kompetisi resmi federasi.

Pemilik klub yang juga membesarkan klub ini hingga promosi ke Serie C2 dan Serie C1 adalah tidak lain seorang pengusaha gula yang memiliki perusahaan gula bernama Paluani. Nama ini sampai saat ini masih dipergunakan sebagai sponsor utama klub ini.

Ia pria bernama Luigi Campedelli dengan Awalnya pelatih bernama Gianni Bui yang membawa klub ini awalnya berkiprah di kompetisi resmi Italia.

Logo

Mengenal Lebih Dekat Klub Chievo Verona 4

Setiap klub memiliki logo masing-masing, begitu juga dengan klub Chievo Verona, klub ini mempergunakan logo dengan warna identik kuning kombinasi biru, dengan gambar manusia menunggangi kuda dengan warna biru dan jga ada tulisan 1929, sebagai tahun lahirnya klub ini.

Marcantonio Bentegodi

Mengenal Lebih Dekat Klub Chievo Verona 5

Stadion Marcantonio Bentegodi merupakan kandang dari klub yang berbasis di Kota Verona ini. Stadion ini berkapasitas 39.211 penonton, dan menjadi home base dari dua klub Verona yaitu Chievo Verona dan Hellas Verona.

Stadion ini tak hanya dipergunakan untuk kegiatan sepakbola saja, namun juga berbagai ajang kegiatan olahraga, seperti olahraga rugby yang acapkali menggunakan stadion ini.

Secara umum dan banyak terlintas di sepakbola Serie A, stadion ini memang hanya dipergunakan oleh dua tim besar Italia, Chievo Verona dan Hellas Verona, namun siapa yang menyangka stadion ini juga dipergunakan oleh klub Serie D, Virtus Verona, merupakan klub yang bermain dikasta keempat Italia ini.

Memang kebanyakan orang mengenal stadion ini hanya dipergunakan oleh dua tim besar Chievo Verona dan Hellas Verona, kedua klub ini memang pernah sama-sama di Serie A dan saling berkompetisi sebagai dua klub terbaik di Verona dengan perdebatan dan iklim persaingan satu kota yang tinggi, belum lagi kedua suporter saling bersitegang ketika dua klub ini berada di stadion ini.

Sebuah keniscayaan dimana stadion ini masih dipergunakan oleh dua klub elit Italia, meski kabarnya Chievo akan dibubarkan dan Hellas Verona terdegradasi ke kasta kedua Liga Italia. Namun stadion tetap memiliki kenangan terindag dari dua klub yang berbasis di Verona. 

Pertandingan dua klub ini dinamakan derby Della Scalla dan selalu menghadirkan atmosfer pertandingan yang sengit di Serie A. Meski menurt catatan Hellas Verona lebih bagus dari Chievo, dan jumlah pendukungnya juga tak sebanyak Hellas Verona namun kedua klub tetap dianggap satu level dan memiliki kans besar di sepakbola Italia.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ole Ole