Mengenal Lebih Dekat Klub Deportivo La Coruna

Mengenal Lebih Dekat Klub Deportivo La Coruna 1

Klub bernama lengkap Real Club Deportivo de La Coruna merupakan kesebelasan asal Spanyol yang berkiprah di kompetisi La Liga, kompetisi Liga sepakbola tertinggi di Spanyol.

Klub ini berdiri sejak tahun 1906 dan bernama lengkap Real Club Deportivo de La Coruña, S.A.D. Sementara klub ini memiliki julukan Depor dan Super Depor yang artinya si biru dan putih.

Klub ini bermarkas di Stadion Riazor yang berkapasitas 34.600 penonton dan telah satu kali meraih gelar juara pada musim 1999/2000 serta dua kali memenangkan trofi Copa Del Ray dan tiga super Copa.

Sejarah

Mengenal Lebih Dekat Klub Deportivo La Coruna 3

Sejak klub ini berdiri tahun 1906, sebenarnya mengalami perjuangan panjang, mengingat klub ini mengawali persaingan ketat di kasta kedua Liga Spanyol. 

Ia memulai dengan sepuluh klub yang memperebutkan tiket promosi ke La Liga, dan dalam kurun waktu tahun 1940 hingga tahun 1945, masa dimana depor julukan Deportivo La Coruna mengawali musim pertama nya di La Liga.

Kemudian selepas tahun 1945, Deportivo kembali degradasi dan turun kasta ke Divisi Segunda, ibarat mengalami pasang surut di persepakbolaan Spanyol. Deportivo akhirnya kembali ke kasta tertinggi La Liga beberapa tahun kemudian.

Stadion Riazor

Mengenal Lebih Dekat Klub Deportivo La Coruna 4

Stadion bernama lengkap Estadio Municipal de Riazor yang berLokasi di A Coruña, Spanyol merupakan staidon kandang dari klub Deportivo La Coruna, termasuk stadion terbesar ke 14 di Spanyol.

Stadion ini dibangun sejak 1940 kemudian stadion ini diresmikan pada 28 Oktober tahun 1944. 

Stadion ini berkapasitas 34.600 penonton, dengan kapasitas awal 32.660 penonton.

Stadion mengalami kebangkrutan pada tahun 1940 sebelumnya stadion ini dipergunakan untuk kkuh Depor sebagai home base mereka, sejak klub ini didirikan tahun 1906.

Mengenal Lebih Dekat Klub Deportivo La Coruna 5

Stadion ini memang diprioritaskan untuk menyelenggarakan final Piala Dunia 1982 sebagai langkah awal memperomosikam stadion ini Riazor sebagai salah satu stadion terbaik di Spanyol.

Beberapa pertandingan pembuka Deportivo saat peresmian stadion ini pada tahun 1944 menjadi langkah awal klub yang berbasis di kota la Coruna ini.

Total stadion ini telah tiga kali mengalami renovasi sebanyak tiga kali yaitu pada tahun 1982, kurun waktu tahun 1995–1998, dan tahun 2018. Stadion ini di Arsiteki oleh arsitek ternama bernama Santiago Rey Pedreira.

Fran

Mengenal Lebih Dekat Klub Deportivo La Coruna 6

Fran Pemain yang telah berjasa banyak dan memainkan total karirnya bersama Deportivo La Coruna hampir 17 tahun mulai dari kurun waktu tahun 1988 hingga tahun 2005 serta ia merupakan kapten Deportivo paling lama mengemban ban kapten.

Ia menjadi pemain kunci dan keberhasilam Deportivo menjuarai trofi paling bergengsi di Spanyol satu gelar juara La Liga, dua gelar juara Copa Del Rey, dan satu gelar Piala Super Spanyol.

Masa karirnya di Deportivo sangat lama, hingga ia menjadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak bersama Depor dengan 436 penampilannya bersama Depor hingga akhirnya tahun 2005 ia memutuskan berhenti dari dunia sepakbola sebagai pemain.

Roy Maakay

Mengenal Lebih Dekat Klub Deportivo La Coruna 7

Pemain satu ini tentu tak asing, apalagi juga pernah merumput bersama Feyenord dan menjaid bintang di Bayern Munchen saat itu. Pemain ini bisa dibilang juga berjalan mulus ketika masih berseragam Deportivo.

Pemain kelahiran 1975 ini menjadi salah satu penyersng tersubur di Depor dengan raihan gelar top skor di La Liga, dan oemain yang memiliki andil besar saat Deportivo menjuarai kompetisi La Liga di Musim 1999/2000 dengan Raihan 22 gol, serta mencetak hattrick yang mengantarkan Depor juara saat itu.

Deportivo sebenarnya memiliki banyak pemain hebat dan musim 1992/2000 menjadi musim keemasan klub yang berasal dari Coruna ini, yang akhirnya mengantar klub ini tampil sebagai jawara di La Liga saat itu, bukan hanya itu dua gelar Copa Del Rey dan Supee Spanyol menjadi bukti keperkasaan Deportivo dibawah kepemimpinan 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

All Sport