Mengenal Lebih Dekat Klub Fiorentina

Mengenal Lebih Dekat Klub Fiorentina 1

Fiorentina merupakan klub asal Italia yang bermain di kompetisi Serie A Italia, klub kasta tertinggi di Serie A, yang didirikan sejak 1926 silam.

Klub ini bernama lengkap ACF Fiorentina S.p.A ini memiliki home base di stadion Artemio Franchi, yang berjuluk Violla atau ungu dengan warna kostum kebanggaannya ungu.

Sejarah

Klub ini awalnya didirikan oleh seorang warga kebangsaan Italia, keluarga Medici di Italia yang bernama lengkap ACF kepanjangan dari Associazione Calcio Fiorentina.

Klub ini dulunya merupakan gabungan dua klub yaitu, CS Firenze dan PG Libertas, mereka akhirnya menamakan ACF Fiorentina hingga sekarang.

Tujuannya tidak lain agar dua klub itu menjadi kokoh dan bisa menjaid klub yang diperhitungkan di level sepakbola Italia. Dan dengan nama Calcio Fiorentina, diharap klub ini memberikan kebangkitan sepakbola Italia dan bisa merupakan Salah satu pencetus sepakbola modern di Italia.

Mengenal Lebih Dekat Klub Fiorentina 3

Pada tahun 1931, Fiorentina naik ke kompetisi Serie A setelah lama berkutat di divisi bawah, dan saat itu pula Calcio Fiorentina meresmikan stadion yang dipergunakan hingga sekarang dengan nama nya Giovani Bertaz mamian saat ini diganti menjadi Artemio Franchi.

Stadion ini salah satu stadion bersejarah di Italia, dan saat itu pula Fiorentina menjelma menjadi klub papan atas di Serie-A dengan diperkuat beberapa pemain beken saat itu.

Tahun 1940 menjadi tahun bersejarah bagi La Viola julukan Fiorentina, ketika mereka meraih trofi Coppa Italia untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, dan setelah itu mereka tak mampu kembali meraih kejayaan karena faktor non teknis.

Artemio Franchi

Mengenal Lebih Dekat Klub Fiorentina 4

Stadion yang telah sejak tahun 1931 dipergunakan oleh Fiorentina tentunya menjadi saksi atas klub ini selama berkiprah di kompetisi Seri-A Italia.

Stadion ini berkapasitas 47.000 penonton dan ni diresmikan pada tahun 1931, pada awalnya stadion ini diberi nama stadion Giovanni Francesco Berta, yang merupakan seorang tokoh fasis Florentine, yang kemudian akhirnya diganti nama menjadi Artemio Franchi pada 1991, nama ini diambil dari nama mantan arsitek Fiorentina, bernama Artemio Franchi.

Itulah sejarah stadion ini sejak awal berdiri dengan berganti nama menjadi Artemio Franchi yang kita kenal saat ini.

Stadion ini berada di dekat pusat Kota Florence, dan di stadion terdapat menara tinggi yang tingginya mencapai 230 kaki, yang bernama Menara Marathon.

Stadion ini mulai direnovasi pada tahun 1990, saat gelaran piala dunia tahun 1990, sebelum akhirnya diganti nama menjadi stadion Artemio Franchi.

Stadion ini dibangun oleh arsitek terkenal bernama Pier Luigi Nervi, dia adalah seorang arsitektur terkenal di Italia. Dia juga selain seoarnh arsitek Pier juga berprofesi sebagai penulis  penting di Italia.

Sedangkan untuk  konstruksi bangunan stadion ini memakam lebih dari dua tahun dalam beberapa tahapan hingga Akhirnya diresmikan pada tahun 1931.

Dan mengalami banyak perubahan terutama sektor bangku atau tempat duduk, dan juga penambahan menara Marathon.

Prestasi 

Mengenal Lebih Dekat Klub Fiorentina 5

Jika dilihat prestasi Fiorentina sejauh ini, klub ini hanya mengkoleksi dua gelar juara Seri-A dua kali yaitu musim 1955/1956 dan musim 1968/1969.

Sementara di ajang Coppa Italia, klub ini merasakan enam kali gelar yaitu pada musim 1939/40, 1960/61, 1965/66, 1974/75, 1995/96 dan 2000/01. Sementara satu gelar Piala Super Italia pada tahun 1996.

Mengenal Lebih Dekat Klub Fiorentina 6

Daftar pemain Fiorentina musim 2021/2022 :

Pietro Terracciano, Lucas Martínez Quarta, Cristiano Biraghi, Nikola Milenkovic, Giacomo Bonaventura, José Callejón, Riccardo Saponara, Dušan Vlahović, Gaetano Castrovilli, Youssef Maleh, Erick Pulgar, Aleksa Terzić, Tòfol Montiel, Nicolás González, Lorenzo Venuti, Marco Benassi, Antonio Rosati, Luca Ranieri, Alfred Duncan, Riccardo Sottil, Sofyan Amrabat, Alessandro Bianco,  Louis Munteanu, Bartłomiej Drągowsk, Aleksandr Kokorin Igor  Matija Nastasić.

Jika dilihat dari prestasi klub ini hanya beberapa kali meraih gelar juara terutama di ajang Seri-A. Dan prestasi terbanyaj diraih di gelaran Coppa Italia meski pernah diperkuat pemain-pemain hebat seperti Gabriel Batistuta, Sebastian Frey.

Ada fakta menarik Fiorentina yaitu warna khasnya ungu.  Warna ungu ini menjadi ikon klub yang berbasis di kota Florence ini.  

Warna ungu ini juga dipergunakan diwarna kostum Fiorentina karena kesalahan tukang cuci kostum Fiorentina saat itu, yang mencampur warna merah kostum denhan warna putih kostum dan mencucinya secara bersamaan akhirnya timbulah warna ungu yang identik dengan Fiorentina sampai saat ini.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ole Ole