Mengenal Lebih Dekat Klub Glasgow Rangers

Mengenal Lebih Dekat Klub Glasgow Rangers 1

Glasgow Rangers merupakan klub ibukota Skotlandia, Glasgow. Glasgow Rangers merupakan rival terbesar Glasgow Celtic yang merupakan Klub satu kota.

Klub ini berdiri tahun 1872, bernama lengkap Rangers Football Club, klub ini bermain di stadion kebanggaan mereka di Stadion Ibrox yang berkapasitas 50.817 penonton.

Klub ini memiliki Julukan The Gers, dan Beruang Teddy atau The Teddy Bears. Klub ini juga memiliki julukan si Biru Muda, atau dalam bahasa Inggris, The Light Blues.

Sejarah

Mengenal Lebih Dekat Klub Glasgow Rangers 3

Glasgow Rangers sebuah klub ibukota dengan pamor tinggi sejak tahun 1872, melalui empat penggemar sepakbola di Skotlandia, bernama Moses, Peter Mc Neill, Peter Campbell, William McBeath.

Sebelum resmi menjadi klub profesional, Rangers menjalani laga exhibition melawan Callandar FC denga hasil 0-0, pertandingan bersejarah tersebut dihelat di markas Stadion Gaslgow Green tahun 1872 silam.

Mengenal Lebih Dekat Klub Glasgow Rangers 4

Debut di laga Liga Skotlandia pada tahun 1876, saat melawan Timnas Wales sekaligus peresmian klub yang baru berdiri tersebut.

Sementara pertama kali Rangers mengikuti kompetisi Piala Skotlandia atau Scottish Cup. Sementara pertandingan derbi sekota Glasgow antara Rangers melawan Celtic digelar pada tahun 1888, namun harus mengalami kekalahan 5-2.

Sementara liga Skotlandia baru pertama kali digelar pada musim pertamanya pada 1890/1891 dan Liga terdiri dari 10 klub Skotlandia.

Stadion Ibrox

Mengenal Lebih Dekat Klub Glasgow Rangers 5

Stadion ini dibangun sejak tahun 1929 kemudian direnovasi kembali pasa tahun 1970 dan 1980. Stadion ini berkapasitas 50.817 penonton. Termasuk salah satu stadion terbesar di Skotlandia, dan bertingkat tiga.

Stadion menjadi markas kesebelasan Glasgow Rangers  yang berada di kota Glasgow, Skotlandia. Stadion ini diarsiteki oleh tiga arsitek ternama bernama Archibald Leitch, The Miller Partnership, dan Gareth Hutchison.

Mikel Arteta

Mengenal Lebih Dekat Klub Glasgow Rangers 6

Mantan pemain Arsenal yang juga saat ini menjabat Sebagai pelatih Arsenal Mikel Arteta, pernah membela klub ibukota Skotlandia ini.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini, memperkuat klub Glasgow Biru pada periode tahun 2002 hingga tahun 2004.

Ia total sudah mengoleksi 14 gol dari total 68 penampilan nya bersama klub biru. Mantan pelatih Arsenal ini juga merasakan gelar Trebel winner bersama Glasgow Rangers, antara lain Liga Skotlandia, Piala Skotlandia, Piala Liga.

Karirnya bersama tim ibukota ini terbilang moncer namun ia tak dapat mempersembahkan gelar di musim keduanya bersama Rangers.

Gennaro Gattuso

Mengenal Lebih Dekat Klub Glasgow Rangers 7

Mantan gelandang bertahan AC Milan, dan juga punggawa timnas Italia, Gennaro Gattuso juga pernah merasakan atmosfer sepakbola Skotlandia bersama klub ibukota ini.

Namun kecemerlangan Gattuso mengawali karirnya sebelum ia ke AC Milan adalah dengan membela klub Glasgow Rangers selama satu musim.

Gattuso pernah berseragam Rangers pada musim 1997-98, saat ia masih berumur 19 tahun yang direkrut dari klub Italia, Perugia.

Setelah penampilannya apik di Rangers, AC Milan pun tertarik memboyongnya, namun sebelum ke AC Milan ia membela Salernitana.

Prestasi

Mengenal Lebih Dekat Klub Glasgow Rangers 8

Glasgow Rangers ini telah menjuarai beberapa gelar bergengsi di Skotlandia, dan lebih banyak meraih gelar terbanyak gelar Liga Domestik dengan Raihan 55 gelar juara.

Serta meraih gelar Trebel winner atau dobel trofi paling banyak di dunia. Piala Skotlandia sebanyak 33 kali, Piala Liga Skotlandia sebanyak 27 kali, dan memenangkan Piala Winner UEFA tahun 1972 serta peringkat kedua tahun 1961 dan tahun 1967.

Rangers merupakan menjalani debut Derby Old Form atau Derby kota Glasgow antara Rangers melawan Celtic dengan tidak sempurna kala harus menyerah atas Celtic dengan skor telak 5-2. Namun jika dibandingkan klub lain, Rangers paling banyak mengkoleksi gelar juara Liga Skotlandia dengan 55 gelar juara.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ole Ole