Mengenal Lebih Dekat Klub Moenchen Gladbach

Mengenal Lebih Dekat Klub Moenchen Gladbach 1

Moenchen Gladbach merupakan kesebelasan asal Jerman yang bermain untuk Bundesliga Liga tertinggi di kompetisi sepakbola Jerman.

Klub ini berdiri sejak tanggal 1 Agustus 1900, dan beejukuk Fohlen atau para anak kuda. Klub ini bermain dikandang stadion Borussia Park kota Moenchengladbach.

Klub ini pernah menjuarai lima kali gelar juara Bundesliga dan beberapa Piala Jerman dimasa nya. Klub yang identik dengan kostum mereka hitam kombinasi putih memiliki nama lengkap Borussia VfL 1900 Mönchengladbach e.V.

Sejarah

Mengenal Lebih Dekat Klub Moenchen Gladbach 3

Klub ini berdiri pada tun 1900, dengan nama Borussia 1900, kemudian nama ini terus digunakan klub ini hingga tahun 1910, denhan menambahkan nama Moenchengladbach dibelakang menjadi Borussia 1900 Moenchengladbach.

Nama ini dikenal sebagai asal klub ini dari kota Moenchengladbach, dan mengalami masa kemilangannya pada tahun 1970-an. Dalam waktu tahun 1972 hingga 1980, klub ini sukses melaju ke beberapa final kompetisi Eropa seperti Liga Champions.

Klub ini menorehkan prestasi emas saat menjuarai dua gakat bergengsi di daratan Eropa ini. Hal ini senada dengan banyaknya pemain bertalenta hebat yang ada di skuad Moenchengladbach saat itu.

Awalnya klub ini bermain di kompetisi Verbandsliga, kompetisi tertinggi yang pernah mereka raih, dan tahun 1947 mereka bangkit setelah adanya perang, kemudian mereka bermain di kompetisi regional Oberliga West pada 1950.

Penampilan mereka semakin membaik, mereka promosi ke Bundesliga pada tahun 1965 dibawah pelatih kawakan Hennes Weisweiler.

Mengenal Lebih Dekat Klub Moenchen Gladbach 4

Salah satu yang menonjol dari klub ini adalah banyaknya pemain muda yang menghiasi skuad Moenchengladbach ini. Moenchengladbach berubah menjadi kuda hitam yang patut diperhitungkan di Bundesliga.

Mereka lebih bermain menyerang, dengan skuad pemain mudanya. Klub ini banyak mengalam perubahan terutama dari kepelatihan, meski sempat mengalami manis pahitnya kompetisi, bukan hanya manis saja klub ini juga pernah degradasi ke kasta kedua.

Namun pada tahun 2011 dibawah kepemimpinan pelatih berkebangsaan Swiss, Lucien Favre klub kembali menjadi kekuatan di Bundesliga, dan membawa klub ini tampil kali kedua di kompetisi Liga Champions Eropa.

Logo

Mengenal Lebih Dekat Klub Moenchen Gladbach 5

Logo klub ini identik dengan warna hitam putih dengan bentuk trapesium. Sementara ada huruf B yang merupakan kepanjangan dari Borussia nama klub pertama kali berdiri Borussia 1900.

Logo ini memiliki corak dengan garis -garis hitam putih sebagai lambang warna ciri khas Borussia Monchengladbach.

Stadion Borussia

Mengenal Lebih Dekat Klub Moenchen Gladbach 6

Stadion Borussia merupakan kandang dari Moenchengladbach ini, stadion ini berkapasitas 54 ribu penonton yang sempat fenomenal karena tanpa tempat duduk namun akhirnya dibuatkan tempat duduk.

Stadion ini berada di Hennes-Weisweiler-Allee. Stadion ini sebenarnya menggantikan Stadion lama, Bökelberg dengan kapasitas lebih sedikit dibanding Stadion Borussia.

Stadion ini diresmikan pada bulan Juli 2004, dan berkapasitas total 54.057 tempat duduk. Dengan sebagian tidak bertempat duduk dan memang diperuntukkan untuk berdiri.

Stadion yang menyimpan banyak memori keberhasilan kub ini dipentas sepakbola khususnya di Jerman. Stadion yang menjadi saksi berkembangnya klub yang berasal dari kota Moenchengladbach ini.

Nama Borussia Monchengladbach masih dipergunakan hingga sekarang, dan lebih dikenal dengan nama Moenchengladbach tanpa menyebut Borussia didepan nya.

Klub ini mengalami perkembangan pesat dalam 10 tahun terakhir ini dan banhak melahirkan pemain-pemain hebat dan potensi masuk ke dalam khas Tim panser Jerman yang akan datang.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

All Sport