Mengenal Lebih Dekat Klub Nice

Mengenal Lebih Dekat Klub Nice 1

Nice merupakan sebuah klub sepakbola profesional yang berpusat di Kota Nice, dan merupakan salah satu klub yang pentas di kompetisi tertinggi Liga Prancis bertajuk Ligue 1.

Klub ini bernama lengkap Olympique Gymnastie Club de Nice-Côte d’Azur, didirikan pada tahun 1904, dan merupakan salah klub besar di Kota Nice.

Klub ini bermain di stadion kebangaan mereka Allianz Riviera, klub ini memiliki julukan Les Aiglons dan Le Gym.

Sejarah

Mengenal Lebih Dekat Klub Nice 3

Klub yang bernama lengkap Olympique Gymnaste Club Nice Côte d’Azur biasa disebut atau disingkat  OGC Nice, didirikan pada tahun 1904 di sebuah Kota di Perancis yang merupakan kawasan oemukiman Les Baaumettes dengan nama sebelumnya pertama kali Gymnaste Club.

Nice sebuah klub profesional yang didirikan dengan fokus olahraga atletic atau tidak hanya sepakbola saja, namun jga olahraga lain. Klub ini didirikan oleh Marquis de Massengy d’Auzac, kemudian melahirkan klub sepakbola profesional dengan nama OGC Nice, yang kemudian dengan warna jersey kebesaran mereka hitam merah seperti jersey yang identik dengan klub AC Milan.

Nice pertama kali bermain di Liga Regional di bawah perserikatan sepakbola Prancis, bernama Ligue du Sud-Est dengan musuh bebuyutan mereka Marseille. 

Nice memperoleh prestasi pertama mereka pada musim 1947-1948 ketika klub ini sukses mengangkat trofi kompetisi kasta kedua Prancis Ligue 2. Sementara masa keemasan klub ini terjadi pada dekade tahun 1950 an ketika Nice sukses menyabet 4 gelar juara Ligue 1 atau kompetisi tertinggi Liga Prancis dan juga dua gelar Piala Prancis atau Coupe de France.

Allianz Riviera

Mengenal Lebih Dekat Klub Nice 4

Stadion yang merupakan aset berharga klub yang berbasis di Kota Nice ini, bernama Allianz Riviera. Merupakan stadion yang berkapasitas  35.624 penonton. Stadion ini awalnya dibangun kembali pada tahun 2011 sebelumnya bernama Stade de Nice, dan berubah nama menjadi Allianz Riviera bukanlah nama asli, yang kemudian diberikan nama sponsor utama stadion ini, mengingat Allianz yang merupakan perusahaan asuransi Jerman bersedia untuk menjadi sponsor utama stadion, akhirnta namanya pun menjadi Allianz Rivier, bukan Allianz Arena seperti di Muenchen ya.

Pertandingan pertama digelar di stadion berkapasitas 32.000 penonton ini, dengan pertandingan pembuka antara Nice vs Valenciennes menjadi yang pertama digelar,dan Nice sukses mengawali debutnya di stadion ini dengan skor fantastis 4-0 tanpa balas.

Wesley Sneijder

Mengenal Lebih Dekat Klub Nice 5

Salah satu mantan pemain Nice yang pernah membela Nice pada kurun waktu 2017-2018-2019, dan merupakan mantan gelandang Belanda yang pernah bermain untuk Ajax, Inter MIlan, dan juga Real Madrid. Merupakan gelandang serba bisa dan juga andalan timnas Belanda saat itu. 

Ia bergabung ke Nice dengan status bebas transfer dari klub asal Turki Galatasaray dan memperkuat Nice saat itu dengan rekan lamanya Mario Balotelli yang juga pernah bersama di Inter Milan.

Prestasi

Gelar Kompetisi dalam Negeri

  • Ligue 1 atau Liga Utama Perancis sebanyak empat kali (4) yaitu pada musim  1950–51, musim 1951–52, musim 1955–56, musim 1958–59
  • Ligue 2 kasta kedua Liga Perancis sebanyak empat kali (4) yaitu pada musim 1947–48, 1964–65, 1969–70, 1993–94
  • Division 3 kasta ketiga sebanyak dua kali (2) yaitu pada musim 1984–85, 1988–89
  • Coupe de France atau Piala Perancis sebanyak tiga kali yaotu pada musim : 1951–52, 1953–54, 1996–97
  • Trophee des Champions sebanyak satu kali yaitu pada tahun 1970.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ole Ole