Mengenal Lebih Dekat Klub Sassuolo

Mengenal Lebih Dekat Klub Sassuolo 1

Klub bernama lengkap Unione Sportiva Sassuolo Calcio merupakan klub sepak bola asal Italia yang berbasis di kota Sassuolo, Emilia-Romagnaz Italia.

Sassuolo ini berdiri sejak tahun 1922, dan berkompetisi di Seri A Italia, kompetisi tertinggi di Liga Italia, sejak klub ini promosi ke kasta tertinggi pada musim 2012/2013, untuk pertama kali nya sepanjang sejarah.

Klub ini dijuluki Neroverdi atau klub hitam hijau, dan bermain di stadion Mapei Stadium, yang berkapasitas 23.717 penonton, yang terletak di Città del Tricolore, Reggio Emilia. Seragam kebanggaan mereka hitam hijau sebagai warna karateristik klub ini.

Sejarah

Mengenal Lebih Dekat Klub Sassuolo 3

Cita-cita klub ini akhirnya terlaksana, mimpinya sempat ditunda selama satu tahun, kemudian musim 2012/2013 menjadi tahun paling berbahagia bagi klub yang berpusat di Sassuolo ini.

Sassuolo menjalani masa emasnya setelah memenangi kompetisi Serie B, dan akhirnya melenggang lancar promosi ke Serie A, untuk kali pertama dibawah armada pelatih Eusebio Di Francesco, yang juga merupakan bekas pelatih dan juga mantan pemain Primavera AS Roma.

Logo

Mengenal Lebih Dekat Klub Sassuolo 4

Logo klub Sassuolo ini disebut-sebut mirip dengan logo klub ternama Barcelona. Namun perbedaan nya hanyalah pada warna nya saja.

Jika Sassuolo mempergunakan warna hitam hijau jika Barcelona dengan perpaduan warna biru merah sebagai waran kebesaran mereka.

Hal ini menjadi perhatian saat Sassuolo pertama kali promosi ke Serie A 8 tahun silam. Klub berjuluk Neroverdi ini menggunakan logo dengan gambar perisai dimana pada posisi bagian atas terbagi menjadi dua bagian.

Ada gambar bola dibawah tulisan klub Sassuolo, identik dengan logo-logo klub besar seperti Barcelona yang memiliki logo yang hanpir sama dengan Sassuolo. 

Mapei Stadium

Mengenal Lebih Dekat Klub Sassuolo 5

Stadion Mapei merupakan markas klub Sassuolo yang berada di kota Emilia. Stadion yang baru dibangun pada 1994/1995 ini  menggantikan stadion lama mereka stadion Miranello yang sudah tidak layak digunakan.

Stadion ini berkapasitas 20.084 penonton, nama Mapei merupakan sponsor tadion yang mulai dibuka tahun 1995 ini,pada tahun 2013 sebagai cikal bakal lahirnya Mapei Stadium.

Mengenal Lebih Dekat Klub Sassuolo 6

Stadion ini dibeli oleh pemilik klub, dengan demikian stadion ini resmi menjadi milik klub Sassuolo sebagaimana juga sponsor mereka Mapei.

Awalnya nama stadion ini diberi nama Stadio Città del Tricolore oleh pemerintah setempat,, namun akhirnya nama tambahan Mapei resmi digunakan untuk stadion ini.

Kostum

Mengenal Lebih Dekat Klub Sassuolo 7

Untuk urusan kostum, klub ini jelas mempergunakan nkostum berwarna hijau hitam sebagai lambang kebesaran klub ini, identik dengan logo mereka yang mempergunakan warna hijau dan hitam sebagai perpaduan warna yang enak untuk dilihat.

Mengenal Lebih Dekat Klub Sassuolo 8

Sedangkan dibagian depan kostum, ada tulisan Mapei yang tidak lain merupakan nama sponsor klub ini. Mapei disebut sponsor termahal di Liga Italia Serie A.

Domenico Berardi

Mengenal Lebih Dekat Klub Sassuolo 9

Salah satu andalan klub Sassuolo dan juga punggawa timnas Italia, dan menjadi salah satu dari beberapa pemain kunci gimnas Italia yang sukses mengantar Italia meraih gelar bergengsi Piala Eropa 2021 kemarin.

Berardi disebut suksesor Sassuolo, sekaligus pemain paling berpengaruh di klub yang promosi sejak musim2013/2014 silam.

Ia bergabung dengan Sassuolo jauh sebelum klub ini masih berada bdi Serie B, dan perannya begitu vital mengantar Sassuolo meraih gelar Serie B, sekaligus pertama kali naik kasta.

Ia disebut pemain paling produktif di Sassuolo dengan 100 lebih koleksi golnya bersama klub yang berjukuk Verardi ini.

Ia merupakan pemain binaan akademi sepakbola Cosenza, lahir di Cariati, tanggal 1 Agustus 1994 (27 tahun). Ia bergabung ke Sassuolo junior sejak umur 16 tahun dan menjalani debut pertamanya bersama Sassuolo pada Agustus 2012 dan langsung membuat gol perdananya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ole Ole