Mengenal Lebih Dekat Klub Westham United

Mengenal Lebih Dekat Klub Westham United 1

Salah satu klub yang berkompetisi di Liga Inggris, Westham United, tentunya memiliki sejarah dan prestasi terbaik di sepakbola Inggris.

Klub yang bermarkas di stadion London sejak 2019 ini memiliki julukan The Hammers, dan klub yang selalu konsisten bermain di kompetisi tertingggi di Liga Inggris ini.

Klub ini berdiri sejak tahun 1895 dan sudah lebih dari seratus tahun lamanya klub ini berkiprah di kompetisi sepak bola Inggris, dulunya bermain di kandang Boylend Ground sebelum akhirnya pindah ke stadion London.

Sejarah

Mengenal Lebih Dekat Klub Westham United 3

Klub ini berdiri sejak tahun 1895 dan masih diberi nama klub Thames Ironwork FC. Nama ini diambil dari sebuah perusahaan besi terkenal di dekat sungai Thames.

Klub ini berbasis di London Timur, sebelum akhirnya klub ini bereformasi dan berganti nama menjadi Westham United hingga sekarang.

Klub Thames Ironworks saat itu keluar dari kompetisi dan berubah nama menjadi Westham United, pada Juli 2017. Dan klub Thames Ironwork resmi  mengundurkan diri dari seluruh kompetisi di Inggris.

Klub ini sebenarnya tak kalah tenar dengan klub lain di London Timur seperti Chelsea, Arsenal, Tottenham Hotspur. Namun nama Thames Ironwork disebut paling dikenal mengingat perjuangan klub ini dimulai dari masyarakat tangan-tangan besi yang bekerja di perusahaan Thames Ironwork, sebagi pandai-pandai cikal bakal lahirnya klub Wetham United ini.

Namun hingga saat ini Wetham United banyak melahirkan pemain-pemain beken seperti sejak reformasi klub ini menjadi Westham United.

Pemain-pemain itu seperti Frank Lampard, Bobby Moore Joe Cole, Glen Johnson, Rio Ferdinand, Michael Carrick, Paul Ince, yang bisa dikatakan sebagai pemain-pemajn penting timnas Inggris saat itu.

Logo

Mengenal Lebih Dekat Klub Westham United 4

Setiap klub sepak bola memiliki logo masing-masing, begitu juga dengan Westham United pasti juga memiliki logo klub. Klub ini memiliki logo dengan gambar dua palu yang saling bersilang, sebenarnya filosofi gambar Palu yang dilambangkan dengan bersilang, menunjukkan alat yang biasanya dipergunakan oleh sebuah industri kapal serta besi di mana klub ini berasal.

Makna yang mendalam soal logo Westham United ini adalah tentang sejarah klub ini yang dimulai dari sebuah industri besi dan perkapalan di dekat sungai Thames. Begitulah pemberian logo gambat paku yang identik dengan tukang pandai besi.

West Ham sendiri didirikan oleh para pekerja besi di sekitar sungai Thames. Gambar Boleyn Castle kemudian ditambahkan ketika West Ham mengadopsi Boleyn Castle FC sebagai tim cadangan mereka.

Logo terbaru mereka menghilangkan pucuk lancip di kastil serta mengurangi jumlah jendela salibnya

Jersey

Mengenal Lebih Dekat Klub Westham United 5

Klub ini memakai Jersey kebanggaan dengan warna ciri khas konstum mereka adalah merah tua biru yang menjadi Jersey dari masa ke masa, meski mengalami beberapa perubahan dari coraknya saja.

Awalnya klub ini mempergunakan warna Jersey biru navy, namun sejak tahun 1900 akhirnya warna Jersey klub ini ditambah dengan corak warna merah anggur, sepertinya mengadopsi klub Aston Villa yang terlebih dahulu mempergunakan Jersey mirip West Ham united ini, mengingat Aston Villa saat itu menjadi klub paling disegani di Liga Inggris dan menyabet beberapa gelar bergengsi, begitulah awal mulai lahirnya Jersey westham United ini.

Stadion

Mengenal Lebih Dekat Klub Westham United 6

Klub ini sekarang menggunakan stadion baru bernama London Stadium atau Stadion Olimpic sejak tahun 2016, dan sebelumnya mempergunakan stadion Upton Park atau Stadion Boylend Ground sebagai home base nya hingga 100 tahun lebih.

Stadion Olimpic dibangun dengan kapasitas lebih besar dari stadion sebelumnya. 80.000 kapasitas tempat duduk menjadi stadion kebanggaan Arnada London Timur ini.

Prestasi

Semenjak klub ini berdiri klub ini sudah mempersembahkan beberapa prestasi terbaiknya di kompetisis sepakbola Inggris. Mereka diperingkat ke 3 terbaik pada musim 1985/1986.

Dan juara Liga Champions kasta kedua pada musim 1957–58, 1980–81, dan gelar Piala FA pada tahun 1964, 1975, 1980.

Pemain

Daftar pemain Westham United musim 2021/2022 yaitu Lukasz Fabianski pemain berkebangsaan Polandia, Alphonse Areola pemain kebangsaan Prancis, David Martin. Darren Randolph, Winston Reid, Aaron CresswellI, Vladimir Coufal, Frederik Alves, Craig Dawson, Angelo Ogbonna, Issa Diop, Ryan Fredericks, Arthur Masuaku, Ben Johnson, Pablo Fornals, Manuel Lanzini, Mark NobleI, Tomas Soucek, Declan RiceI, Andriy Yarmolenko, Michail Antonio, Jarrod Bowe, Said Benrahma, Xande Silva.

Westham United memiliki sejarah panjang sejak klub ini berdiri dan memiiki beberap prestasi terbaik, namun klub ini sebenarnya melahirkan banyak pemain hebat Inggris, terutama klub ini juga menyumbangkan dua pemain yang memiliki andil besar saat Inggris juara Piala Dunia tahun 1966, dan tak lain juga pemain Bobby Moore sebagai legenda Westham United yang masih terus dikenang.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ole Ole