Mengenal “MASKNE” Jerawat yang muncul akibat pemakaian Masker

maskne

Penasaran mengapa ada yang muncul di daerah kamu yang biasanya tertutup ? “” dalam bahasa Inggris adalah , yang berarti Akne () yang muncul di tempat kamu memakai .

mengharuskan kita semua untuk menggunakan . Tujuannya adalah melindungi kita dari terpaparnya virus ke dalam tubuh. Namun, masalah baru dapat terjadi, yaitu yang disebabkan oleh pemakaian . Apapun tipe kita, yang mudah berjerawat ataupun yang tidak, yang berjenis berminyak, kombinasi, maupun kering sekalipun rentan terkena kondisi ini.

Apa penyebab ?

Mengenal "MASKNE" Jerawat yang muncul akibat pemakaian Masker

, dalam dunia kedokteran masuk ke dalam jenis “” yaitu yang muncul akibat iritasi yang disebabkan oleh gesekan/ tekanan mekanis dari benda asing ke . bukanlah hal yang asing dan sudah ada sejak lama. Penyebab biasanya terkait dengan penggunaan helm, jilbab, chin strap, maupun hal lainnya yang menyebabkan gesekan di .

Baca juga  Jangan Asal Pencet Jerawat! Cara Mengatasi Wajah yang Muncul Jerawat

disebabkan oleh gesekan yang terus menerus pada , yang menyebabkan luka kecil pada . Luka kecil tersebut dapat dimasuki oleh bakteri penyebab , ditambah dengan suasana lembab yang ada di balik yang menjadi sarang pertumbuhan kuman.

Baca juga  Langkah Penggunaan Skin Care

Selain itu, penggunaan make-up di yang dibarengi dengan penggunaan dapat memperparah .

Jenis Apa yang dapat Menyebabkan ?

Mengenal "MASKNE" Jerawat yang muncul akibat pemakaian Masker

kain, bedah maupun KN95 dan N95 dapat menyebabkan . Ya, semua jenis dapat menyebabkan .

Apa yang harus Dilakukan untuk Mencegah ?

  1. Jangan menggunakan masker yang sama lebih dari 1 kali. Masker kain harus segera dicuci setelah dipakai, sedangkan masker bedah harus dibuang setelah dipakai.
  2. Ganti masker setelah 4-6 jam digunakan.
  3. Jangan lupa cuci muka 2 kali sehari menggunakan bahan yang lembut. Hindari pencuci muka yang menggunakan scrub, karena dapat menambah iritasi pada jika dipakai sehari-hari.
  4. Jangan lupa memakai pelembab/moisturizer sebelum memakai masker. Hal ini dapat meningkatkan kelembaban , dan menurunkan risiko iritasi oleh gesekan dari masker.
  5. Hindari menggunakan make-upĀ  pada saat menggunakan masker. Make-up dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori, dan jika digabungkan dengan kondisi yang lembab, dapat menciptakan lingkungan yang baik bagi kuman untuk bertumbuh.
Baca juga  COVID-19 di antara Krisis Ekonomi dan Problem Kuliah Daring

Jangan lupa lakukan hal-hal ini untuk mencegah , namun jika kulit kamu masih berjerawat, berkonsultasilah dengan Dokter.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

DOKstraksi