Mengenal Neuropati : Tanda Gejala, Penyebab, dan Cara Pengobatannya

Mengenal Neuropati : Tanda Gejala, Penyebab, dan Cara Pengobatannya 1

Apakah anda mengenal Neuropati? Neuropati adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh kerusakan saraf perifer Anda. Kerusakan ini biasanya menyebabkan mati rasa, nyeri, dan kelemahan pada tangan, kaki, dan area tubuh lainnya. Beberapa hal yang berbeda dapat menyebabkan penyakit Neuropati. 

Penyakit, gangguan, dan faktor risiko meningkatkan peluang Anda untuk didiagnosis dengan kondisi yang menyakitkan ini. Terlepas dari faktor risiko dan penyebabnya, kebanyakan orang yang menderita neuropati hanya ingin rasa sakitnya berhenti. Lalu bagaimana tanda dan apa penyebabnya?Lalu bagaimana cara pengobatannya? Berikut kami akan mengulasnya secara lengkap :

Seputar Tentang Neuropati Yang Harus Diketahui

Tanda dan Gejala Neuropati

Neuropati adalah suatu kondisi yang merusak atau mengganggu sistem saraf tepi Anda. Bagian dari sistem saraf Anda ini mengirimkan informasi dari sistem saraf pusat Anda seperti otak dan sumsum tulang belakang, ke bagian lain dari tubuh Anda. Kebanyakan orang yang menderita kondisi ini mengalami rasa sakit yang digambarkan sebagai terbakar, kesemutan, atau menusuk.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan neuropati termasuk cedera, infeksi, racun, masalah metabolisme, dan penyebab genetik. Diabetes mellitus adalah salah satu penyebab paling umum dari kondisi tersebut. Dalam kebanyakan kasus, neuropati dapat diobati.Gejala pasti yang Anda alami tergantung pada saraf yang terpengaruh oleh kondisi Anda. Saraf di sistem perifer Anda diklasifikasikan menjadi tiga kelompok utama.

Saraf sensorik menyampaikan sensasi dari kulit kembali ke sistem saraf pusat. Sensasi ini termasuk suhu, sentuhan, getaran, dan rasa sakit. Saraf motorik adalah saraf yang membantu mengontrol gerakan otot. Saraf otonom mengontrol berbagai fungsi di seluruh tubuh Anda termasuk tekanan darah, pencernaan, fungsi kandung kemih, dan detak jantung. Kumpulan saraf yang dipengaruhi oleh neuropati dapat menyebabkan gejala yang berbeda.

Penyebab dan Faktor Risiko Neuropati

Bergantung pada apa yang menyebabkan kondisi Anda, Anda mungkin mengalami campuran gejala jika lebih dari satu sistem saraf terpengaruh. Meskipun tidak ada penyakit spesifik yang menyebabkan neuropati, ada sejumlah penyebab yang dapat berkontribusi pada kondisi tersebut. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan kondisi yang menyakitkan ini. Vitamin B seperti B-1, B-6, dan B-12 bersama dengan vitamin E dan niasin semuanya penting untuk kesehatan saraf Anda. 

Orang yang membuat pilihan makanan yang buruk seperti mereka yang kecanduan alkohol sering menjadi korban kondisi ini.Trauma akibat kecelakaan kendaraan atau cedera olahraga juga dapat melukai saraf Anda dan mengakibatkan kondisi yang menyakitkan ini. Dan, sayangnya, dalam beberapa kasus tidak ada penyebab yang jelas mengapa seorang pasien mengalami neuropati. Kasus tanpa penyebab yang jelas adalah idiopatik.

Cara Pengobatan Neuropati

Pengobatan neuropati melibatkan tindakan untuk mengendalikan gejala serta tindakan pengobatan yang mengatasi penyebab neuropati, jika sesuai. Beberapa kasus, terutama yang melibatkan kompresi atau jebakan saraf oleh tumor atau kondisi lain, dapat dihilangkan dengan proses seperti pembedahan. 

Lalu bisa juga dengan cara mengontrol kadar glukosa (gula) darah penting dalam pengobatan neuropati diabetik untuk membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada sel saraf. Serta uji klinis sedang dilakukan untuk membantu menemukan pengobatan baru dan lebih efektif untuk neuropati. Misalnya, perawatan yang melibatkan stimulasi saraf listrik atau stimulasi saraf magnetik sedang dipelajari.

Hal Yang Harus Anda Lakukan Saat Merasa Terkena Neuropati

Mungkin sulit untuk mengetahui kapan neuropati Anda cukup parah sehingga Anda harus menemui dokter. Anda harus segera mencari pertolongan medis jika Anda mengalami kesemutan, nyeri, atau kelemahan yang tidak biasa atau parah pada tangan atau kaki Anda. Diagnosis dini dan rencana perawatan akan memberi Anda kesempatan terbaik untuk mengendalikan gejala dan mencegah kerusakan saraf lebih lanjut.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Digstraksi Official

   

Digstraksi adalah platform untuk mempertemukan penulis independen & pembaca yang haus informasi.