Mengenal Pengertian dan Struktur Teks Prosedur

Mengenal Pengertian dan Struktur Teks Prosedur 1

Teks prosedur merupakan teks yang berisi petunjuk untuk melakukan sesuatu. Teks prosedur berisi urutan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Teks prosedur dapat kita temukan dengan mudah dalam keseharian kita, seperti pada barang elektronik yang baru kita beli, di kemasan kopi instan, hingga pada skincare yang sering kita pakai. Adanya teks prosedur tersebut bertujuan untuk membantu kita melakukan suatu kegiatan tahap demi tahap agar kegiatan tersebut mendapatkan hasil yang maksimal.

Teks prosedur memiliki ciri yang khas yang memudahkan kita mengenali bahwa teks tersebut merupakan teks prosedur. Ciri khas yang dimiliki teks prosedur ialah paragraf-paragraf dalam teks prosedur berisi suatu tahapan, petunjuk, atau langkah-langkah melakukan sesuatu yang dapat dijadikan pedoman oleh pembaca. Teks prosedur biasanya ditulis dalam bentuk poin-poin singkat tapi detail yang berupa tahapan atau petunjuk langkah-langkah untuk memudahkan pembaca mengikuti langkah-langkah tersebut. Poin-poin tersebut ditulis secara runtut untuk mempermudah pembaca mengikuti langkah-langkah yang diberikan dan tidak ada langkah-langkah yang terlewati agar tujuan dapat tercapai dengan optimal.

Umumnya, teks prosedur terbangun atas tiga bagian atau yang biasa disebut dengan struktur. Struktur yang dimiliki teks prosedur ialah tujuan, langkah-langkah (petunjuk), dan penegasan ulang.

1. Tujuan  

Struktur tujuan merupakan pernyataan pembuka di dalam teks prosedur. Pada struktur tujuan ini, berisi pengantar topik yang akan dijelaskan atau diuraikan langkah-langkahnya di dalam teks. Pada bagian ini juga disebutkan tujuan dari penulisan teks prosedur tersebut, contohnya kiat merawat tanaman, langkah-langkah membuat dessert box, dan sebagainya.

2. Langkah-Langkah (Petunjuk)

Struktur langkah-langkah (petunjuk) merupakan perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang dijelaskan. Langkah-langkah yang diuraikan pada bagian struktur ini harus ditulis secara berurutan agar tidak ada tahapan yang terlewat atau tertukar. Penulisan struktur langkah-langkah (petunjuk) ini dapat berupa urutan poin dan nomor atau dalam bentuk uraian paragraf.

3. Penegasan Ulang (Penutup)

Struktur penegasan ulang (penutup) dapat berisi harapan atau manfaat setelah mengikuti petunjuk dengan baik. Pada bagian ini juga dapat berisi simpulan atas kegiatan yang telah diuraikan.

Agar lebih jelas, berikut merupakan contoh teks prosedur beserta bagian-bagian strukturnya.

Tujuan

Cuci tangan merupakan langkah mudah dan aman untuk melindungi

diri dari virus corona COVID-19, tetapi tidak banyak yang tahu

bagaimana cara mencuci tangan yang benar.

Langkah-Langkah (Petunjuk)

Berikut tata cara mencuci tangan yang direkomendasikan WHO. 

  1. Basahi tangan dengan air. 
  2. Tuang sabun pada tangan secukupnya untuk menutupi semua permukaan tangan.
  3. 3. Gosok telapak tangan yang satu ke telapak tangan lainnya.
  4. Gosok punggung tangan dan sela jari.
  5. Gosok punggung jari ke telapak tangan dengan posisi jari saling bertautan.
  6. Genggam dan basuh ibu jari dengan posisi memutar.
  7. Gosok bagian ujung jari ke telapak tangan agar bagian kuku terkena sabun.
  8. Gosok tangan yang bersabun dengan air mengalir.
  9. Keringkan tangan dengan lap sekali pakai.

Penegasan Ulang (Penutup)

Begitulah cara mencuci tangan yang baik dan benar. Dengan tangan yang bersih kita akan terhindar dari kuman dan bakteri yang berbahaya bagi tubuh kita.

(Sumber teks: Modul Teks Prosedur untuk SMP Terbuka Kelas VII, Kemendikbud)

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh