Mengenal Pulau Kakaban Rumah Ubur-Ubur di Kalimantan Timur


Mengenal Pulau Kakaban Rumah Ubur-Ubur di Kalimantan Timur

Pernah terlintas kah dalam pikiran kalian jika mendengar Kalimantan Timur, selain menjadi provinsi dengan kekayaan batu bara yang begitu melimpah akan tetapi terdapat juga kekayaan alam hayati yang dapat ditemukan di Kalimantan Timur.

Selain menjadi salah satu daerah tempat tinggal penyu, di provinsi dengan suku dayak ini juga menjadi daerah kedua di dunia tempat tinggal ubur-ubur. 

Jika sebelumnya kita berpikir jika ubur-ubur hanya dapat dijumpai di dalam perairan yang sangat dalam dan hanya terdapat di Kutub Utara maupun Selatan, maka Anda salah.

Mengapa salah? Karena Indonesia menjadi daerah kedua yang menjadi tempat ubur-ubur berada.

Danau Kakaban yang terletak di Pulau Kakaban yang merupakan salah satu daerah yang terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau. 

Ubur-ubur menjadi ikon dari pariwisata yang disuguhkan oleh Pulau Kakaban untuk dapat dinikmati oleh wisatawan lokal hingga mancanegara.

Kalian akan merasakan sensasi berenang bersama ubur-ubur Danau Kakaban yang sangat luar biasa.

Ubur-ubur Danau Kakaban cenderung lebih bertekstur kenyal dan sangat transparan.

Jika ubur-ubur yang berekosistem di lautan bebas memiliki sengat guna melindungi diri dari predator yang lainnya.

Hal ini sangat berbeda dengan ubur-ubur yang ada di salah satu kepulauan di Kalimantan Timur yang sangat jinak dan tidak menyengat, sehingga pengunjung aman jika berenang dikelilingi oleh ubur-ubur yang terdapat di Danau Kakaban.

Destinasi Pulau Kakaban sangat menarik untuk dijadikan tujuan liburan selanjutnya, namun ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh pengunjung demi menjaga kelestarian kekayaan biota lautnya yaitu pengunjung tidak diperbolehkan untuk menggunakan pelindung tabir matahari, diharuskan untuk berenang secara tenang demi menjaga kedamaian makhluk hidup perairan yang terkandung di dalamnya. 

Maka, sudah semestinya jika masyarakat lokal dan pengunjung domestik maupun internasional menjaga segala bentuk ekosistem biota laut demi meningkatkan pariwisata Indonesia di kancah internasional.

Pemerintah daerah Kabupaten Derawan yang bekerjasama dengan pemerintah provinsi Kalimantan Timur untuk selalu meningkatkan segala bentuk kemudahan bagi pengunjung yang menjadikan Danau Kakaban menjadi objek wisata alam yang sangat unik dengan memperkenalkan ubur-ubur yang cantik nan eksotik yang terkandung di perairan Danau Kakaban.