Mengenal Sejarah, Instrumen Investasi, dan Aktivitas Pasar Modal

Mengenal Sejarah, Instrumen Investasi, dan Aktivitas Pasar Modal 1

Istilah yang kelihatannya belum begitu tanak difahami oleh sebagian orang. Pasar modal sebuah istilah yang tak begitu asing oleh mereka para pelaku pasar modal yang menjalankan usaha mereka dengan cara investasi melalui Bursa Efek Jakarta.

Secara garis besar, definisi dari pasar modal merupakan sebuah media yaitu pertemuan antara emiten atau perusahaan maupun institusi atau pemerintah dengan masyarakat umum yang bertindak selaku pemasok modal atau dana yang memberikan dananya untuk sarana investasi ke pihak emiten tadi.

Pihak masyarakat yang memberikan dananya dalam rangka investasi modal diserahkan ke pihak perusahaan atau institusi pemerintah yang akan mengolah dana investasi tersebut untuk dimanfaatkan dalam kegiatan usaha perusahaa  atau pemerintah sebagai tambahan modal, ekspansi bisnis mereka, dan juga sektor hutang.

Mengenal Sejarah, Instrumen Investasi, dan Aktivitas Pasar Modal 3

Sementara, investasi tersebut dilakukan melalui lembaga yang bertugas sebagai jembatan antara pihak pelaksana investasi atau pihak emiten dengan msayakarakat atau pihak yang menyandang sebagai investor dalam bentuk instrumen invetasi dalam beberapa sarana seperti surat saham, obligasi, reksadana,dan surat utang.

Unsur Subyektif

Mengenal Sejarah, Instrumen Investasi, dan Aktivitas Pasar Modal 4

Ada dua pihak sebenarnya yang menjadi pelaku pasar modal yaitu pihak emiten selaku pelaksana investasi atau Peeusahaan maupun institusi dan pihak pemberi modal atau investor yang kemudian mereka diketemukan dalam media di lingkup pasar modal.

Dalam arti pihak emiten dia disebut pihak yang memerlukan dana tambahan untuk memperkuat usaha bisnis dalam perusahaannya dan investor ia hang memberikan kucuran dana kepada Perusahaan.

Fungsi Pasar Modal

Secara khusus pasar modal sendiri merupakan media yang menjalankan tugas sebagai penengah dan fasilitator agar kegiatan negosisasi dan penawaran baik antara emiten dan investor berjalan baik dengan berbagai kegiatan penawaran instrumen investasi yang ditawarkan.

Instrumen Investasi

Dalam hal ini, pasar modal hanya sebagai fasilitator, bukan pelaku utama dari kegiatan pasar modal.

Pasar modal hanya menjadi pendukung kegiatan penawaran berlangsung dengan baik.

Namun hal tersebut tidak lepas dari adanya instrumen yang menjadi obyek kegiatan pasar modal sebenarnya.

Dalam hal ini produk dari pasar modal atau instrumen investasi yang diperdagangkan adalah berupa saham  surat utang, obligasi, surat berharga, sukuk, waran, efek, serta sarana lainnya.

Pengertian Saham adalah instrumen investasi yang berupa surat berharga yang merupakan alat bukti bahwa benar ia memiliki saham dan memberikan sana sebagai investasi di dalam perusahaan tersebut.

Sementara obligasi merupakan surat berharga yang berupa surat utang dari hasil pembelian sebuah investasi yang dilakukan oleh investor dalam rangka untuk mendapatkan profit. 

Dan Obligasi sendiri didapatkan dari  perusahaan maupun pemerintah yang berupa kupon bunga.

Pengertian resakdana adalah sebuah instrumen investasi yang langsung dilakukan oleh pihak penyedia reksadana dinamakan manajer investasi. 

Namun hal ini dilakukan dengan anda yang ingin mengambil resiko kecil.

Exchange Traded Fund atau disingkat ETF dinamakan hampir mirip dengan instrumen reksadana, akan tetapi perbedaannya adalah jumlah yang diperjualbelikan lebih banyak ketimbang reksadana.

Derivatif adalah instrumen investasi yang berupa perjanjian yang memiliki porsi keuntungannya berkaitan dengan aset lain atau dinamakan underlying asset atau aset awal mulanya yang dipunyai suatu perusahaan.

Pelaku lainnya

Selain emiten dan invetor, ada beberapa pelaku pasar modal yang juga ambil bagian dalam kegiatan di pasar modal.

Diantaranya ada PT kustodian Lembaga Penjamin Bursa Efek Jakarta, underwriter disebut sebagai penjamin emisi. Dalam hal ini tugas dari underwriter yakni bertugas dalam mengelola kegiatan dalam hal adanya wan prestasi atau ingkar janji yang dilakukan emiten.

Selain itu juga peran serta Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, yang melakukan tugas fungsi sebagai lembaga pengawas kegiatan pasar modal sesuai dengan tupoksinya menurut regulasi undang undang.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Susi Idayanti