Mengenal Sejarah Piala Thomas dan Piala Uber

Mengenal Sejarah Piala Thomas dan Piala Uber 1

Piala Thomas dan Piala Uber atau sering disebut Uber Cup dan Thomas Cup merupakan nama kompetisi di dunia olahraga bulutangkis tingkat internasional.

Thomas Cup dan Uber Cup 2021 ini sejatinya akan dihelat pada 9 Oktober hingga 17 Oktober dipartai final ini.

Ada beberapa tim dari beberapa negara termasuk Indonesia yang selalu konsisten mengirimkan pemain-pemain terbaiknya dia setiap event kejuaraan bulutangkis tingkat internasional.

Seperti nama pendahulunya Susi Susanti dan Alan Budikusuma yang merupakan sejarah pemain yang mencatat prestasi terbaik di Dunia bulutangkis.

Mengenal Sejarah Piala Thomas dan Piala Uber 3

Saat ini nama nama baru pun bermunculan dan siap beraksi di kejuaraan bergengsi bulutangkis ini. Namun tahukah anda bagaimana sejarah Piala Thomas dan Piala Uber ini hingga saat ini terus diselenggarakan dan mencatatkan banyak sejarah prestasi terbaik termasuk putra putri Indonesia yang ikut berpartisipasi demi tanah air.

Sejarah 

Mengenal Sejarah Piala Thomas dan Piala Uber 4

Sejarah Thomas Cup dan Uber Cup merupakan dedikasi sebagai perwujudan atas tokoh paling legendaris di dunia Bulutangkis khususnya dia adalah pebulutangkis asal negara Ratu Elizabeth, Inggris, bernama Sir George Alam Thomas yang juga pernah menjabat sebagai ketua Federasi Bulutangkis Dunia atau International Badminton Federation  atau disingkat IBF.

Ia merupakan pebulutangkis dunia yang Legendaris dengan menjuarai beberapa kejuaraan secara beruntun di beberapa kurun waktu antara tahun 1903-1927.

Sementara Piala Uber sendiri mengadopsi pebulu tangkis bernama Betty Uber yang merupakan pebulu tangkis yang juga berasal dari Inggris.

Mengenal Sejarah Piala Thomas dan Piala Uber 5

Baik Piala Thomas dan Piala Uber ini sama -sama pertama kalinya diselenggarakan di Lancashire, Inggris. Sementara untuk Piala Thomas sendiri pebulutangkis asal Malaysia yang pertama kali meraih gelar juara Piala Thomas saat menundukkan tim bulutangkis asal Denmark di partai final Piala Thomas saat itu.

Baik Piala Thomas maupun Piala Uber merupakan dua perlombaan bulutangkis yang memang diambil dari nama pebulutangkis yang legendaris serta bersejarah.

Sementara untuk perlombaan Piala Uber sendiri untuk pertama kalinya saat itu dimenangkan oleh tim Amerika Serikat pada tahun 1957 dengan juga mengalahkan tim bulutangkis Uber asal Denmark.

Piala Thomas dan Uber 2021

Mengenal Sejarah Piala Thomas dan Piala Uber 6

Tim bulutangkis Indonesia baru saja tersingkir di kejuaraan Piala Sudirman, dimana mereka harus takluk dari tim Malaysia dengan skor 2-3.

Namun tim Indonesia masih punya kesempatan di tahun 2021 di gelaran Piala Thomas dan Uber yang akan dihelat di Denmark pada mulai tanggal 9 Oktober ini.

Mengenal Sejarah Piala Thomas dan Piala Uber 7

Di gelaran Piala Thomas dan Piala Uber yang sejatinya digelar tahun kemarin, namun karena terhalang covid, diselenggarakan pada tahun 2021 ini.

Diajang Piala Thomas ini Indonesia akan berada satu grup dnegan Thailand, Aljazair, Taiwan di grup A, sebuah grup menarik dimana di Piala Uber sendiri, Indonesia akan berada satu gruo dengan Jerman, Jepang, dan Prancis.

Sementara ini jadwal fase grup Piala Thomas dan Uber yang akan dihelat pada 9-13 Oktober 2021 ini :

Jadwal Piala Thomas 2021

Mengenal Sejarah Piala Thomas dan Piala Uber 8

pada Hari Minggu, 10 Oktober 2021 pukul 00.00 WIB  akan dihelat pertandingan antara tim Indonesia melawan tim Aljazair

Hari Senin, tanggal 11 Oktober 2021, pukul 18.30 WIB  tim Indonesia akan berhadapan dengan tim Thailand.

Tanggal 13  Oktober 2021 pukul 13.30 WIB tim Indonesia akan berhadapan dengan tim Taiwan.

Jadwal Piala Uber 2021

Mengenal Sejarah Piala Thomas dan Piala Uber 9

Pada hari Sabtu, tanggal 9 Oktober 2021, Pukul 13.30 WIB pertandingan antara Indonesia melawan Jerman.

Hari Senin, pada 11 Oktober 2021, pertandingan antara tim Indonesia melawan tim Prancis.

Kemudian pada hari Selasa, tanggal 12 Oktober 2021 jam 18.30 WIB pertandingan antara Indonesia melawan Jepang.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.