Mengenal Sosok Si Alpha Female


Mengenal Sosok Si Alpha Female

Selama ini yang kita tau hanya seorang pria lah yang bisa memimpin dalam suatu kelompok,  pria dikenal memiliki kekuatan lebih besar dari segi fisik maupun dari segi pengambilan keputusan. Yang biasa disebut ‘Alpha Male’.

Namun ternyata dari dunia ilmu perilaku fauna seorang perempuan pun bisa memiliki kecenderungan ‘Alpha’ tersebut, yang biasa disebut sebagai Alpha Female.

Alpha Female merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan seorang peremuan yang memiliki karakteristik yang dominan, independen, kuat, tegas, dan memiliki kemampuan dalam hal memimpin.

Kata ‘Alpha’ sendiri diambil dari huruf pertama alphabet Yunani, yang memiliki arti pemimpin dalam suatu kelompok atau anggota kelompok teratas.

Lalu seperti apa si karakter Alpha Female tersebut? Berikut rinciannya :

1. Independent

Jules Ostin karakter fiksi dari film ‘The Intern’ yang merupakan Alpha Female.

Seorang Alpha Female adalah orang yang sangat mandiri, mereka tidak ragu untuk melakukan segala halnya sendirian dalam hal apapun.

Jarang sekali mereka mau mengandalkan orang lain, selagi ia mampu mengerjakannya sendiri. Namun hal itu bukan berarti mereka arogan atau sombong, mereka pun tak segan untuk menolong orang lain.

Lalu, apa yang membedakan mereka dengan seorang perempuan independen pada umumnya?

Alpha Female cenderung merasa memiliki power yang lebih besar dan memiliki pengaruhi atas orang lain, seorang pemimpin dalam suatu kelompok.

Berbeda dengan seorang Miss Independent biasa yang cenderung nyaman dengan dirinya sendiri, dan merasa tidak harus menjadi seorang pemimpin.

2. Berorientasi Pada Tujuan Hidup dan Mimpi

Jo March karakter fiksi dari film ‘Little Women’ yang merupakan seorang Alpha Female.

Seorang Alpha Female sudah pasti memiliki tujuan hidup yang terarah, mereka juga tidak ragu untuk bermimpi.

Dari tujuan hidup dan mimpi yang mereka tentukan, seorang Alpha Female tentu memiliki cara dan langkah yang jelas untuk mencapai semua itu.

Kepercayaan diri yang kuat dan sifatnya yang pantang menyerah membuat Alpha Female tidak ragu walaupun mimpinya dirasa sangat tidak mungkin untuk dicapai oleh seorang perempuan sekalipun.

Karena mereka adalah sosok yang sangat kuat, cerdas, dan berorientasi tinggi.

3. Ambisius

Black Widow karakter fiksi dari film ‘Marvel’ yang merupakan sosok Alpha Female.

Dari tujuan hidup, mimpi yang besar dan memiliki rasa kemauan yang tinggi itu membuat seorang Alpha Female menjadi seorang yang sangat ambisius.Ia akan selalu mencari cara bagaimana ia bisa mewujudkan mimpi-mimpinya.

Seorang Alpha Female juga sangat menyukai tantangan baru, hal ini akan dijadikan sebagai alat tes untuk melihat ‘Seberapa jauh kemampuan yang telah mereka miliki?’. 

4. Kecerdasan Intelektual & Emosional

Katniss Everdeen karakter fiksi dari film ‘The Hunger Game’ yang merupakan sosok Alpha Female.

Seorang Alpha Female tidak pernah melihat pendidikan hanyalah sebuah fase maupun kewajiban, pendidikan bagi seorang Alpha Female ialah sebuah bekal yang bisa ia gunakkan sewaktu-waktu saat dibutuhkan.

Selain itu seorang Alpha Female merupakan seseorang yang sangat terbuka dengan hal-hal baru disekitarnya

Dari sifatnya yang ambisius dan suka akan tantangan baru, membuatnya memiliki kecerdasan secara intelektual maupun emosional.

Pemimpin yang baik itu pasti akan selalu terbuka untuk belajar dan menguasai suatu bidang.

5. Dominan

Harmonie Granger karakter fiksi dari film ‘Harry Potter’ merupakan sosok Alpha Female.

Selalu terlihat mendominasi dalam suatu kelompok merupakan ciri dari seorang Alpha Female. Dari ambisi dan kesukaanya dengan tantangan baru, Alpha Female biasa terlihat ingin memegang kendali dalam suatu kelompok.

Mereka percaya dengan dirinya sendiri, mereka kuat, dan tegas hal ini yang membuat mereka sangat ahli dalam memimpin.

Alpha Female dalam hubungan romansa.=

Our Beloved Summer

Walaupun memiliki karatker yang kuat, mendominasi, independen dan ambisius, Tidak berarti ia buruk dalam sebuah hubungan romantis.

Mereka pun tau bagaimana cara mencintai. Ketika mereka mencintai seseorang, mereka akan menjadi pribadi yang mempunyai jati diri dan prinsip, mereka bisa menjadi pasangan yang bisa diandalkan.

Kecerdasan yang mereka miliki membuat mereka kerap menjadi teman bertukar pikiran dan diskusi bersama pasangannya. Maka dari itu seorang Alpha Female cenderung menyukai pria yang bisa mengimbanginya dalam segi apapun.

Seorang pria yang memiliki kualitas Security yang tinggi, karena pria yang memiliki rasa secure mereka tidak akan merasa mudah terintimidasi, hal itu disebabkan mereka memiliki kepercayaan dirinya sendiri.

Berbeda dengan pria insecure yang akan selalu merasa tidak aman saat bersama dengan Alpha Female.

Kenapa banyak sekali Alpha Female yang terlihat tidak memiliki pasangan?

Pertama, mereka terlihat tidak memiliki pasangan bukan berarti mereka itu tidak laku, hanya saja seorang Alpha Female ini adalah seseorang yang memiliki prinsip hidup yang sangat kuat, mereka tidak akan memiliki pasangan hanya karna mereka ingin (status), tetapi mereka cenderung akan memiliki pasangan hanya ketika mereka merasa telah bertemu dengan orang yang sesuai dan tepat.

Mereka selalu stays in control, berbeda dengan perempuan yang desperate pengejar status yang takut akan pandangan orang lain terhadap mereka dan takut akan dicap ‘Tidak Laku’.