Mengenal The AutoTram Extra Grand : Bus Terpanjang di Dunia


Mengenal The AutoTram Extra Grand : Bus Terpanjang di Dunia 1

Pada jaman sekarang ini, kita dihadapkan masalah kemacetan akibat menumpuknya transportasi yang mayoritas dipenuhi oleh kendaraan pribadi. Namun Pemerintah di suatu negaranya masing-masing membuat inovasi tersendiri untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Inovasi itu dibuat sedemikian rupa dan bervariasi dengan keunikan-keunikan tersendiri, dengan tujuan agar mereka tertarik dan nyaman menunggangi kendaraan umum ketimbang pribadi. Dan salah satu transportasi di kota megapolitan paling diminati adalah bus. Di Indonesia bus sendiri bukan hal yang asing lagi, apalagi untuk urusan kemacetan, mereka lebih meminati kendaraan ini karena dinilai lebih nyaman dan leluasa.

Di Jerman ada sebuah inovasi mengagumkan, bus yang dirancang Badan Transportasi IVI Fraunhofer dan Technical University Dresden,  dimana transportasi umum dengan kapasitas lumayan banyak mirip kereta api pun dipergunakan.  Kalau di Jakarta ada Bus gandeng, di Jerman sendiri tidak tanggung-tanggung bergandeng tiga.

Bus bernama The AutoTram Extra Grand mulai diperkenalkan sejak 31 Agustus 2012. Bus dengan panjang 98 meter yang dilengkapi 256 tempat duduk ini menjadi sarana transportasi massal di Jerman dengan memiliki tiga buah badan yang digandeng menjadi satu. Selain kapasitasnya cukup banyak, disamping itu bus ini juga fleksibel dan nyaman di pergunakan.

Untuk urusan kelincahan, meskipun bus ini cukup panjang, namun bus ini tak kalah sama dengan bus pada umumnya. Bus ini dilengkapi dengan sistem komputer yang dikoneksikan pada mobil, sehingga pengemudi sangat terbantu saat akan membelokkan bus.  Selain itu bus ini juga sangat ramah lingkungan. Pasalnya, bus ini mempergunakan mesin hibrida dengan penggerak tenaga listrik. 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap