Mengetahui Cara Kerja Kompresor AC Mobil

Mengetahui Cara Kerja Kompresor AC Mobil

perlu diketahui para pengendara utamanya pemilik mobil, karena fungsi AC pada mobil sangat sifnifikan, terlebih bagi mereka yang tinggal di wilayah perkotaan dan sering terjebak kemacetan. Dengan mengetahui cara kerjanya, setidaknya tahu apa yang harus dilakukan jika sewaktu-waktu terjadi gangguan atau kerusakan pada .

Secara sederhana dapat digambarkan bahwa cara kerja tidak berbeda jauh dengan almari es, yaitu mengganti udara panas di dalam ruangan atau kabin dengan cara mengeluarkannya, serta mengganti dengan udara dingin.

Baca juga  Ciri-ciri Kompresor AC Mobil Rusak

Sistem kerjanya adalah dengan mensirkulasi Freon yang terdapat pada AC yang akan bekerja pada saat tersebut dinyalakan. Adapun urutan kerja dari , adalah sebagai berikut:

Mengetahui Cara Kerja Kompresor AC Mobil

1. Ketika dinyalakan, akan berputar sehingga menghisap Freon pada kondisi tekanan yang rendah. Freon yang dalam bentuk gas tersebut selanjutnya dipompa menuju .

Disaat itulah kompresor memiliki temperatur yang tinggi dan dalam keadaan bertekanan. Proses tersebut membuat freaon yang awalnya dalam bentuk gas diubah oleh kondensor menjadi cair.

Baca juga  Ciri-ciri Kompresor AC Mobil Rusak

2. Freon yang telah berubah menjadi cair tersebut, selanjutnya melewati receiver dryer guna disaring untuk menghindari adanya kotoran di dalam Freon.

3. Setelah disaring oleh receiver dryer, Freon meluncur menuju expansi valve menggunakan saluran sempit yang terdapat pada exspansi valve lalu dikabutkan evaporator.

4. Sesudah sampai di evaporator, Freon kemudian dihisap kembali oleh .

5. Siklus yang berlangsung sebagaimana tersebut diatas, akan kembali berulang dari awal.

Mengetahui Cara Kerja Kompresor AC Mobil

Agar siklus dapat berjalan dengan sempurna untuk menghasilkan udara dingin dalam kabin mobil, otomatis dibutuhkan serangkaian komponen untuk membangun sistem kerja dari . Komponen-komponen pada yang membangun sistem kerja tersebut diantaranya adalah: , kondensor,  receiver dryer, Ekpansi valve, Evaporator, dan heater.

Baca juga  Ciri-ciri Kompresor AC Mobil Rusak

Demikian beserta komponen-komponen yang membantu terbentuknya udara dingin dalam kabin mobil. Dengan mengetahui sistem, kerja , setidaknya akan membantu jika sewaktu-waktu mengalami gangguan atau kerusakan. (*)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan