Mengetahui Penyebab dan Pengobatan Penyakit Kolesterol Tinggi

Mengetahui Penyebab dan Pengobatan Penyakit Kolesterol Tinggi

Penyakit tinggi yang dalam dunia medis disebut hiperkolesterolemia adalah kondisi tubuh dengan tingkat dalam darah melebihi kadar yang normal.

Sebagaimana diketahui merupakan senyawa lemak berlilin yang mayoritas di produksi di dalam hati dan sebagian berasal dari makanan.

Dengan kondisi berkolesterol tinggi, tubuh akan rentan terserang penyakit, utamanya penyakit yang disebabkan oleh pengendapan pada pembuluh darah, seperti serangan jantung dan stroke.

Hal tersebut disebabkan karena dinding arteri tertutup oleh endapan atau terjadi penyempitan arteri yang juga disebut aterosklerosis, sehingga aliran darah yang menuju otak, jantung serta organ tubuh yang lain terhambat.

Baca juga  Berkenalan dengan Kolesterol, Yuk!

Penyebab Tinggi

Mengetahui Penyebab dan Pengobatan Penyakit Kolesterol Tinggi

Banyak faktor yang menyebabkan tingginya kadar , beberapa diantaranya adalah:

  • Pola makan yang tidak sehat dengan terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak jenuh yang tinggi, seperti: jeroan, santan, kulit ayam, cumi, udang, serta yang lain.
  • Kurang berolahraga atau melakukan aktifitas fisik yang cukup.
  • Perokok (aktif maupun pasif), sebab dalam asap rokok terkandung zat kimia yang bernama akrolein. Zat tersebut dapat melemahkan kinerja lemak baik atau HDL yang fungsinya untuk mengangkut timbunan lemak jahat atau LDL dari tubuh ke jantung untuk selanjutnya dibuang.
  • Terlalu sering mengkonsumsi minuman keras.
  • Terlalu gemuk atau obesitas.
  • Efek yang ditimbulkan oleh beberapa jenis penyakit tertentu, seperti kelenjar tiroid yang kurang aktif, diabetes dan tekanan darah tinggi.
  • Faktor keturunan.
  • Faktor usia
Baca juga  Buah - Buahan Ini Terbukti Ampuh untuk Mengusir Kolesterol

Pengobatan Tinggi

Mengetahui Penyebab dan Pengobatan Penyakit Kolesterol Tinggi

Untuk mengatasi penyakit tinggi, pada umumnya dokter akan menyarankan pada pasien untuk mengubah gaya hidup mereka dengan gaya hidup yang sehat, seperti merubah pola makan, menghentikan kebiasaan merokok dan berolahraga secara rutin.

Baca juga  Buah - Buahan Ini Terbukti Ampuh untuk Mengusir Kolesterol

Jika kadar trigliserida pada diri pasien  tinggi, dokter akan menyarankan untuk mengkonsumsi asam lemak omega-3 guna menurunkan kadar trigliserida. Apabila sampailewat beberapa bulan kadar masih saja belum turun, tindakan selanjutnya adalah mengkonsumsi obat penurun .

Terdapat berbagai macam obat untuk mengatasi penyakit , dan masing-masing obat memiliki fungsi dan cara penggunaan yang berbeda-beda. Itu sebabnya diperlukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menentukan obat mana yang akan dikonsumsi. (*)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan