Mengetahui Penyebab Disfungsi Ereksi (impotensi) dan Cara Mengatasinya


Mengetahui Penyebab Disfungsi Ereksi (impotensi) dan Cara Mengatasinya 1

Disfungsi ereksi yang dalam bahasa Inggris disebut erectile dysfunction secara sederhana dapat diartikan ketidakmampuan penis untuk memulai kondisi ereksi atau mempertahankan ereksi, sehingga hubungan seksual tidak dapat berlangsung sebagaimana yang diharapkan.

Jika Disfungsi ereksi tersebut dalam kondisi parah, dengan kata lain penis tidak dapat tegang atau tidak dapat ereksi sama sekali, maka sering disebut impotensi.

Ereksi sendiri adalah keadaan dimana organ seksual laki-laki membengkak/membesar ketika memori otak menerima rangsangan erotis berupa penglihatan, suara, bau, sentuhan, serta ingatan.

Disaat otak menerima rangsangan itulah terjadi reaksi dalam otot dan pembuluh syaraf, sehingga corpora cavernosa terisi darah dan organ seksual berubah kaku karena pembuluh darah terkompres di dalam.

Penyebab Disfungsi Ereksi (Impotensi)

Mengetahui Penyebab Disfungsi Ereksi (impotensi) dan Cara Mengatasinya 3

Disfungsi ereksi atau impotensi berdasarkan penyebabnya terbagi dalam 3 kategori:

1. Impotensi Organik

Kategori yang juga disebut impotensi esensial ini terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah yang menuju ke penis atau karena adanya gangguan susunan syaraf pusat yang berfungsi sebagai pengatur mekanisme ereksi.

2. Impotensi Fungsional

Kategori ini disebabkan oleh faktor-faktor patologis, diantaranya penyakit-penyakit tertentu seperti diabetes, penggunaan obat-obatan yang salah, kebiasaan merokok yang berlebihan, dan pemakaian alkohol.

3. Impotensi Psikis

Jenis impotensi yang satu ini paling sering ditemukan, dan penyebabnya adalah masalah yang bersifat kejiwaan, seperti stress, gangguan emosional, rasa rendah diri, takut, was-was, atau merasa bosan dengan rutinitas.

Meski disfungsi ereksi tidak membahayakan keselamatan jiwa, namun penyakit ini tidak boleh dibiarkan karena dampaknya tidak hanya akan meyiksa diri penderita, tapi juga menyiksa istri atau pasangannya, sehingga dampak lebih lanjut adalah retaknya rumah tangga.

Pengobatan Disfungsi Ereksi (Impotensi)

Mengetahui Penyebab Disfungsi Ereksi (impotensi) dan Cara Mengatasinya 4

Untuk mengobati disfungsi ereksi (impotensi) dapat dilakukan dengan dua cara, yakni secara langsung dan tidak langsung. Tipe pengobatan secara langsung hanya dapat dilakukan untuk impotensi organik, sedang untuk impotensi fungsional dan psikis dapat pula dilakukan sepanjang penyebabnya bukan karena penyakit dan gangguan psikologis yang berat.

Jika kondisi penyakit dan gangguan psikologis terlalu berat, maka sistem pengobatan yang dilakukan harus diawali dengan cara pengobatan tidak langsung, yakni menyembuhkan akar masalah yang membuat terjadinya disfungsi ereksi (impotensi) agar kondisi pasien kembali normal.

Pengobatan secara langsung, dapat dilakukan dengan cara medis maupun non-medis yang dikenal dengan cara herbal. Pengobatan secara medis yang dilakukan oleh Urolog maupun Androlog biasanya dengan memberikan rekomendasi obat sildenafil, vardenafil, fadalafil, dan obat-obatan lainnya yang termasuk dalam kelompok PDE-5 inhibator.

Selain penanganan secara medis, disfungsi ereksi juga dapat diatasi dengan melakukan pengobatan alternatif yaitu memanfaatkan bahan-bahan alami, seperti herbal yang sejak ribuan tahun sudah terbukti ampuh dalam mengatasi persoalan seksual.

Beberapa jenis herbal yang dipercaya dapat mengatasi masalah impotensi tersebut diantaranya adalah Pasak Bumi, Minyak Lintah, Gambir Siam, Seluang Bilum, Kayu  Nyelu Tawar Seribu dan masih banyak lagi jenis herbal lainnya yang dapat mengatasi persoalan seksual termasuk untuk mengobati disfungsi ereksi. (*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments