Menggali Potensi yang Terkubur

Menggali Potensi yang Terkubur 1

Saya percaya kita semua memiliki mimpi yang berbeda. Mimpi tak hanya terbatas pada hal yang sudah kita pelajari sekian tahun lamanya. Contohnya Ketika kamu kuliah di jurusan hukum, tidak menutup kemungkinan bahwa kamu sebenarnya juga ingin menjadi penyanyi, pelukis, atau bahkan membentuk sebuah event organizer.

Entah didasari rasa jenuh melakukan hal yang itu itu saja, mencari uang tambahan, atau bahkan karena memang memiliki ketertarikan pada banyak hal.

Bagi sebagian kaum muda, mencoba berbagai hal baru tentunya bisa membawa ketakutan dan keraguan tersendiri. Berbagai alasan dapat mendasari hal tersebut.

Kendala ekonomi, waktu luang yang tak cukup banyak, banyaknya pesaing hebat yang sudah berkecimpung di bidang yang sama, takut gagal, merasa tak perlu, atau merasa tak memiliki skill yang cukup. Padahal tak menutup kemungkinan kamu justru bisa sukses di hal baru tersebut.

Keberhasilan dalam segala hal tentunya tak luput dari jatuh bangunnya usahamu dalam prosesnya
Keberhasilan dalam segala hal tentunya tak luput dari jatuh bangunnya usahamu dalam prosesnya

Namun tahukah kamu, bagi kebanyakan orang, mencoba hal baru terbukti membawa banyak manfaat. Tak hanya memperbesar peluang kita untuk menggali kemampuan yang kita tak pernah tahu bahwa kita memilikinya, namun juga dapat menjadi potensi sumber pendapatan baru.

1. Menggali potensi diri yang tak kamu ketahui

Menggali Potensi yang Terkubur 3

Terkadang manusia hanya terfokus pada satu hal sehingga terlalu sibuk berkecimpung di dalamnya. Tak ada yang salah dengan hanya befokus pada satu hal. Namun cobalah sesekali melihat keluar zona nyamanmu dan mencoba hal yang tak pernah kamu lakukan.

Bisa jadi selama ini kamu memiliki bakat yang tak pernah punya kesempatan untuk tergali karena berbagai tuntutan yang menekanmu untuk tak melihat keluar zonamu. Ketika kamu milih kuliah di jurusan di X, maka besar kemungkinan kamu memang punya minat pada bidang tersebut, namun bisa jadi bakat yang kamu miliki bukan disitu.

Sehingga pentingnya menggali potensi diri adalah, ketika kamu menjadi mampu menggabungkan minat dan bakatmu menjadi satu. Menggabungkan kedua aspek tadi, tentunya akan memberi dampak dan hasil yang lebih besar dibandingkan apabila keduanya berdiri sendiri.

2. Membuatmu semakin bersemangat setiap harinya

Melakukan hal yang tak pernah kamu lakukan tentunya akan membuatmu memikirkan beberapa hal di pagi hari

“Apa lagi yang harus saya ketahui tentang hal X?”

“Cara apalagi yang harus saya coba untuk meningkatkan kemampuan saya dalam hal tersebut?”

“Apakah saya bisa berhasil dalam melakukan hal ini?”

Pertanyaan-pertanyaan tadi tentunya akan membuat kamu bersemangat untuk cepat menyelesaikan pekerjaan yang harus kamu lakukan lalu kembali fokus untuk mengulik hal yang baru saja kamu coba.

3. Sumber pendapatan baru yang potensial

 Siapa yang tak ingin meningkatkan pendapatan mengingat kondisi pandemi yang semakin memburuk belakangan ini? Atau mungkin hanya sekedar uang jajan tambahan? Karena uang bukanlah sesuatu yang mampu kita lepaskan dari kehidupan sehari-hari.

Berkembang dari kemampuan dan pengetahuanmu yang semakin meningkat saat mempelajari hal baru, kesempatan untuk mengubahnya menjadi uang tak mungkin kita sia-sia kan. Mulai dari hal yang terkecil terlebih dahulu, tak perlu terburu-buru. Jangan gegabah mengeluarkan modal besar untuk hal yang masih kita pelajari, mulailah dari hal dengan modal 0 rupiah atau bermodalkan hal hal yang sudah kita miliki.

Contohnya kita bisa menggunakan kamera ponsel untuk fotografi lalu diedit menggunakan aplikasi editor gambar untuk menghasilkan visual yang lebih menarik. Gunakan hashtag saat mengunggah di media sosial sehingga dapat ditampilkan di laman banyak orang. Siapa tahu ada fotografer professional yang tertarik menyewamu menjadi asisten jarak jauh untuk mengisi konten media sosialnya

4. Menambah pengetahuanmu dalam berbagai bidang

Menggali Potensi yang Terkubur 4

Mencoba hal hal baru yang tak pernah kamu pelajari sebelumnya, otomatis akan membuatmu mencari tahu lebih banyak. Setidaknya cara atau tahap-tahap dasar untuk melakukannya.

Tak menghalangi kemungkinan kamu juga malah menjadi semakin tertarik dan menggali semakin dalam. Sehingga kemampuan dan pengetahuanmu menjadi mumpuni di bidang yang awalnya sama sekali tak pernah kamu lirik

5. Mampu menghargai orang lain yang bekerja di bidang yang berbeda dengan kita

Menggali Potensi yang Terkubur 5

Kita hanya manusia, tak luput dari segala kesombongan dan kekurangan. Pasti pernah terlintas di pikiran kita,

“Ah dia kan cuma kerja sebagai X, pekerjaan gak jelas”

“Gitu doang kan gampang, masa ngerjainnya lama banget”

Pada kenyataannya, tak ada pekerjaan yang mudah. Coba saja bayangkan, misalnya saja kamu adalah seorang pegawai dengan jabatan tinggi kemudian melihat seorang penjual bunga. Mungkin saja kamu berpikir pekerjaanmu lebih “high class” dibandingkan dengan penjual bunga yang memiliki counter kecil di pinggir jalan. Kenyataannya menjadi penjual bunga tidaklah mudah.

Mulai dari mencari supplier termurah, menjaga supaya bunga tidak mudah layu (banyak yang harus diperhitungkan seperti cahaya, kelembaban, dan suhu ruang penyimpanan), teknik merangkai bunga dan membuatnya menjadi buket. Menguasai semua hal tersebut tak bisa dilakukan dalam semalam.

Belum lagi, bisa jadi counter bunganya sepi pelanggan namun dia memiliki banyak pelanggan di marketplace online dan membuatnya menghasilkan uang lebih banyak dari kamu.

Tentunya kita lebih bisa menghargai pekerjaan orang lain apabila sudah mencoba terjun ke dunia tersebut dan berusaha mempelajari seluk beluknya.

Dengan manfaat sebanyak itu, maka tunggu apalagi? Mari coba menerapkan rasa penasaran kita mulai dari hal yang paling kecil dan paling bisa kamu lakukan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Lalita Dyani