Menggali Tips Menulis Cerpen yang Menarik

Menggali Tips Menulis Cerpen yang Menarik 1

Masih bingung mau nulis cerpen yang seperti apa biar keliatan menarik? Cara mulainya gimana ya? Nah, kalau kalian sedang dilema dengan pertanyaan itu, wajib banget baca artikel berikut untuk tahu bagaimana sih tips menulis cerpen yang menarik.

Mungkin ada yang sudah punya niat untuk menulis buku sendiri atau membuat antologi cerpen untuk diterbitkan? Sepertinya sedikitf meragukan ya menulis buku sendiri apalagi sampai ratusan halaman, pasti bingung cara mulai nulisnya gimana. Eits, tapi nggak perlu sampai pusing berlarut larut. Segera buat proses untuk niat kalian, karena menulis juga berawal dari pola pikir dan mindset. Kalau kita memiliki pola pikir dan mindset yang negatif apalagi pesimis, maka tindakan dan karakter kita juga akan seperti itu. Jadi, usahakan ketika menulis memiliki situasi yang baik. Lalu untuk tips menulisnya?

Ingat! Cerpen sangat berbeda ya dengan novel. Panjang novel berkisar sampai 40.000 kata. Sedangkan cerpen berkisar antara 1000 sampai 3000 kata saja. Jadi bagaimana cara menulis cerpen dengan mengembangkan gagasan dan amanatnya secara baik dalam penulisan yang memiliki jumlah kata yang terbilang tidak banyak seperti novel?

  • Tips pertama, pastikan hanya satu topik atau masalah yang diangkat. Tidak perlu memasukkan hal hal yang tidak menyangkut atau selain masalah tadi. Pada cerpen, fokus cerita harus berpusat pada satu persoalan pokok saja. Kenapa harus seperti itu? agar cerpen lebih tertuju dan menghindari hal hal yang berlebihan. Dengan begitu, makna dalam cerpen akan lebih mudah dicerna dan naskahmu juga sesuai dengan kaidah penulisan panjang cerpen.
  • Tips kedua, tidak perlu memasukkan banyak tokoh yang hanya akan membuat bingung pembaca untuk menghafal pemeran setiap tokoh. Kembangkan antara satu sampai empat tokoh saja. Bahkan ada lho yang terpusat memang kepada satu tokoh saja. Intinya, ambil tokoh yang memiliki peran penting sesuai dengan alur dan ide ceritamu.
  • Tips ketiga, pilihlah latar cerita, tempat, dan waktu yang sesuai dan mempengaruhi para tokoh. Seperti gambaran tentang satu kejadian karena waktu yang diceritakan dalam cerpen terbilang singkat, hitungan hari bahkan hitungan jam saja.
  • Tips keempat, buatlah alur dan ide cerpen yang tidak rumit, seperti menulis kejadian yang pernah kamu temui atau sering terjadi dilingkungan sekitarmu. Jangan lupa buat alur yang baik dan menarik minat pembaca di awal paragraf seperti memunculkan rasa penasaran atau pertanyaan dibenak pembaca.
  • Tips terakhir, gunakan kalimat yang efektif agar pembaca lebih mudah memahami setiap alur ceritanya mulai dari awal hingga bagian akhir cerita. Bahkan, lebih bagus jika kosakata yang digunakan diperbanyak agar cerpen tidak monoton.

Gimana nih, udah pada faham dan punya gambaran untuk lanjut atau mulai menulis cerpen dari mana dong pastinya? coba terapin tipsnya dalam tulisan kalian ya. Oh iya, ada satu tips rahasia nih. Ketika cerita kalian sudah selesai coba berikan akhir yang membuat pembaca kalian melongo dan banyak yang tidak menduga akhir ceritamu akan seperti itu.

Penting, untuk disetiap tulisan kalian buatlah tulisan cerpen yang sesuai dengan ide dan kreativitas kalian saja, tidak harus terfokus dan terpaku dengan tips yang sudah kalian baca. Bisa juga gunakan tips yang kalian punya sendiri ya.

Terimakasih sudah membaca, selamat menulis.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.