5 Langkah Untuk Menghilangkan Sifat Procrastination

procrastination

Sebagian orang lazim dengan istilah  yang didefinisikan sebagai menunda-nunda yang bisa dikerjakan sekarang. tersebut pasti bisa terjadi karena setiap orang memiliki perasaan malas. Sudah hal wajar bila seseorang pernah merasakan malas, namun jika rasa malas dilakukan secara terus-menerus bahkan sampai melakukan menunda-nunda yang seharusnya bisa dikerjaan sekarang tentunya hal tersebut dapat berakibat fatal. Alhasil semua menjadi menumpuk di akhir yang menyebabkan seseorang kewalahan dan berujung stress.

Yakinlah sifat  tersebut merupakan musuh kita semua terutama bagi orang-orang yang dihadapkan oleh . Meskipun dapat memberikan kenyamanan,  sifat yang sering mempermainkan waktu tersebut merupakan sifat yang amat merugikan dan hanya menyebabkan menjadi menumpuk mendekati . Jika anda ingin menghilangkan sifat  semuanya membutuhkan usaha yang tekun. Mari mulai secara perlahan dan rubah kebiasaan kita. Kuncinya adalah yang baik untuk menghilangkan sifat  tersebut.  Berikut merupakan langkah-langkahnya

Temukan Media yang Menunjang Aktivitasmu

5 Langkah Untuk Menghilangkan Sifat Procrastination

Langkah pertama menghilang sifat  adalah temukan media yang tepat sebagai penyedia yang praktis. Sebagian orang memilih menggunakan ponsel pintar mereka karena amat praktis jika dibawa-bawa, namun sebagian orang lebih memilih menggunakan agenda karena mengganggap ponsel pintar merupakan biang keladi dari munculnya

Selain kedua media tersebut serta apapun medianya yang terpenting adalah mudah dan menarik untuk anda gunakan. Buatlah media tersebut menjadi semenarik mungkin supaya anda tidak bosan menggunakanya.

Baca juga  5 Tips Mengerjakan Tugas Tepat Waktu dan Tidak Menumpuk

 

Pandailah Memilah /

5 Langkah Untuk Menghilangkan Sifat Procrastination

Langkah kedua adalah anda wajb memilah / yaitu dengan menggolongkan utama atau kecil. utama merupakan tanggung jawab anda yang wajib dikerjakan dan tidak bisa dilimpahkan ke orang lain, sementara kecil adalah sampingan yang sebenarnya bisa diundur dan di delegasikan ke orang lain. Diigatkan juga bahwa kedua itu sama-sama penting karena sama-sama yang wajib dikerjakan.

Mulailah dengan menggolongkan tugas berdasarkan prioritas, bersifat urgent, dan memilki  dekat. Dalam menggolongkan tugas tersebut, tidak disarankan untuk membuat time table dengan membagi tugas secara spesifik per detil  berdasarkan waktu dikarenakan dapat membuat kaku terhadap perubahan yang mungkin akan terjadi.

Baca juga  5 Resiko Menunda Pekerjaan Bagi Para Freelancer

 

Kerjakan Tugas yang Sudah Dipilah

5 Langkah Untuk Menghilangkan Sifat Procrastination

Setelah berhasil memilah tugas, langkah ketiga adalah mulailah mengerjakan tugas yang dijadikan prioritas utama. Artinya dengan mulai mengejakan tugas prioritas utama, berarti dapat menyelesaikan apa yang sudah dipertanggung jawabkan oleh anda. Jika menyelesaikan tugas prioritas utama cukup sulit dilakukan, maka anda juga boleh mengerjakan tugas-tugas kecil terlebih dahulu. Semua tergantung kepada kenyamanan, bisa dikerjakan tugas prioritas utama dahulu karena beranggapan tugas prioritas utama harus dilawan dengan fokus diawal, namun  juga ada yang memilih mengerjakan tugas kecil dahulu karena beranggapan Big Boss harus dilawan di akhir.

Lalu, bagaimana menggolongkan metode mana yang lebih cocok kepada pada diri anda? mudah saja coba keduanya secara berangsur lalu golongkan sesuai dengan kenyamanan diri anda.  intinya anda wajib mengerjakan tugas yang semestinya anda sudah susun.

 

Tanamkan Pikiran Terbuka & Fleksibel

5 Langkah Untuk Menghilangkan Sifat Procrastination

Sering kali anda sering dihadapkan dengan situasi yang amat mendadak. Pada langkah keempat ini anda wajib menanamkan pikiran terbuka dan fleksibel. Dengan datangnya tugas yang amat mendadak tersebut membuat beberapa tugas yang sudah anda prioritaskan dikerjakan lebih dahulu mesti terganggu. Hal terebut wajar, mulailah menarik nafas dalam-dalam, jangan takut untuk merubah, dan atur kembali tugas prioritas yang telah dibuat.

Baca juga  Hal-hal yang Dilakukan Ketika Susah Tidur

Sedikit tips, jika tugas sudah selasai dikerjakan coretlah dari media yang gunakan hal tersebut dinilai memiliki kepuaasan tersendiri dan membuat lebih semangat untuk mengerakan kembali tugas yang ada.

 

Evalasi Diri

5 Langkah Untuk Menghilangkan Sifat Procrastination

Ternyata setelah melakukan yang terbaik, nyatanya masih didapati kenyataan yang diluar dugaan. Jangan merasa kesal dan tidak pandai yang terpenting disini adalah evaluasi dan mengambil pembelajaran. Coba lihat kembali apa yang dilewatkan dan evaluasikan kenapa hal tersebut bisa terjadi. Apakah hal tersebut bisa terjadi karena terlalu lama membuang-buang waktu ataukah karena tugas tersebut tidak bisa dikerjakan oleh anda sendiri. Pasca dipahami penyebabnya mulailah untuk mencoba mengatasinya. Pada intinya kita mesti harus fokus terhadap tugas yang ada.

Itulah kelima langkah untuk menghilangkan sifat , jika dilakukan dengan tekun tentunya kita semua akan berhasil melewatinya.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

R.Dewanto

   

"I may be spent too much of my life just remembering" - Nomadland