Mengungkap Fakta Dibalik Arti Kesenian dan Alat Musik” Tarawangsa “Yang Wajib Anda Ketahui


Mengungkap Fakta Dibalik Arti Kesenian dan Alat Musik" Tarawangsa "Yang Wajib Anda Ketahui 1

Tarawangsa memiliki dua definisi atau arti, dimana definisi pertama tarawangsa berarti alat musik, alat musik tradisonal jawa barat yang berasal dari sumedang, Jawa Barat yang dilakukan dengan cara digesek dengan memiliki dua dawai, dan merupakan alat musik gesek tertua di jawa barat.

Sedangkan arti tarawangsa yang kedua, adalah jenis musik atau kesenian di jawa barat atau sunda. Tarawangsa sendiri bentuknya lebih tinggi atau besar dari rebab yang biasa kita kenal. Karena ukurannya yang tinggi, maka disebut rebab jangkung. Alat musik sejenis rebab ini memang sudah lama sejak abad ke 15, 16 sejak bangsa Arab dan India menyebarkan agama islam ke indonesia. 

tarawangsa
tarawangsa

Cara memainkan alat musik tarawangsa ini dilakukan dengan cara digesek atau dipetik satu dawai saja, sedangkan dawai lainnya dilakukan dipetik dengan tangan kiri. sedangkan tangan yang satu tetap memetik dawai yang dekat dengan pemain itu sendiri.

Sedangkan untuk tarawangsa yang berarti jenis kesenian, kesenian tradisional jawa barat yang terkenal, diwilayah Sumedang, Rancakalong, Cibalong, Cipatujah, Banjaran, Kanekes. Untuk alat musik tarawangsa dimainkan dengan laras pelog semuanya dimainkan dengan stem laras pelog. Alat musik tarawangsa dimaikan dengan cara dipetik dan termasuk dalam alat musik petik.

Sementara alat musik tarawangsa sendiri terbuat dari bahan kemiri, kayu kenanga, dadap, dan jengkol. Dalam instrumennya, alat musik tarawangsa sendiri memang diperankan sebagai pembawa melodi dalam memainkan sebuah lagu, sementara jentreng sendiri berfungsi sebagai alat pengiring lagu. Tarawangsa memiliki motif berupa ukiran yang berada disepanjang bagian atas alat musik ini dan membuat alat musik ini kelihatan berbeda dengan lainnya.

kesenian tarawangsa
kesenian tarawangsa

Menurut harfiah,Tarawangsa berasal dari tiga kata yakni Ta, Ra, dan Wangsa. Ta sendiri berarti bahasa Sunda yang memiliki arti pergerakan, lalu ‘Ra’ memiliki definisi berarti api yang besar, namun dalam bahasa mesir Ra sendiri berarti matahari. Kemudian yang ketiga ‘Wangsa’ memiliki persamaan Bangsa. Arti tarawangsa sendiri sebenarnya termasuk ke dalam kitab kuni abada ke 10 yang berada di Bali. Kata tarawangsa juga termuat dalam kitab-kitab kuno abad ke-10 yang ditemukan di Bali.

Untuk itu arti ta-ra-wangsa sendiri merupakan definisi dari kehidupan bangsa matahari, dalam kegiatan adat jawa barat, tarawangsa sendiri merupakan wujud dari kegiatan kesenian dalam rangka adanya kegiatan panen terhadap  tanaman padi, tanaman yang sangat membutuhkan sinar matahari sebagai wujud syujur kepoada Tuhan Yang Maha Esa. 

Tarawangsa
Tarawangsa

Alat musik tarawangsa dimainkan dengan dua jenis, tarawangsa sendiri dimainkan dengan cara digesek, sementara jentreng bagian dari alat musik tarawangsa dimainkan dengan cara dipetik. Jenis alat musik Tarawangsa ini tentunya tidak sama dengan alat musik gesek lainnya. Tarawangsa sendiri berbeda dengan rebab yang kita kenal. bentuknya panjang dan berleher panjang terdiri dari dua dawai.

Tarawangsa memiliki nuansa yang sangat pekat dengan nuansa adat di jawa barat, khususnya di daerah rancakalong, sumedang, jawa barat. Bagi warga sunda alat musik dan kesenian ini sebagai bagian dari kesenain tarawangsa dan melestarikan alat musik tradisional ini menjadi dikenal pada jaman milenial ini. Dengan kaum muda mengenal alat musik dan kesenian ini, diharapkan kebudayaan dan kesenian di jawa barat, khususnya tarawangsa masih terus dilestarika sebagai warisan kesenian turun temurun.

Cuplikan video tarawangsa


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap