Mengungkap Misteri Tanjakan Sitinjau Lauik


Mengungkap Misteri Tanjakan Sitinjau Lauik 1

Pernah kalian melewati jalan yang berkelok-kelok, bahkan menanjak. Nah, buat kalian yang gemar travelling atau jalan-jalan, tentunya sangat menarik kita membahas jalur tanjakan dan berkelok-kelok. Jalur paling extreem ini berada di jalur lintas Sumatera Barat.

Tepatnya di tanjakan Si tinjau Lauik, jalur lintas Sumatera Barat ini menghubungkan kota Padang- Solok. jalur ini terkenal cukup berbahaya dan beresiko, apalagi buat kendaraan besar dan panjang yang melintas di area tersebut. Hampir setiap hari jalur ini ramai di padati kendaraan yang secara konstan lebih didominasi oleh kendaraan besar, semisal bus dan truk tronton.

Sebagian pengemudi bus dan truk besar yang akan melintas harus punya skill khusus, dan tidak sembarang melintasi jalur ini, mengingat tikungannya yang tajak hamapir 45 derajat dan posisinya juga menanjak, maka dibutuhkan kemampuan dan keahlian khusus.

Dengan banyaknya kendaraan besar yang melintas, untuk melewati tanjakan di Sitinjau Lauik ini, kendaraan yang panjang dan besar harus memiliki trik khusus, yaitu dengan cara mengambil radius yang lebih lebar dan diarahkan ke arah jalur kanan berlawanan. Teknik ini sering dinamakan dengan out-in-out. Hal ini bertujuan agar kendaraan tetap melaju konstan, namun juga haarus berhati-hati, karena terkadang ada kendaraan lain yang menyalip dari bagian dalam, hal ini yang bisa membahayakan.

Untuk kendaraan pribadi atau minibus mereka harus menggunakan sistem ini, sehingga tak akan berlawanan arus, dan mempermudah ketika ada kendaraan besar dan panjang melintas.  jalan tersebut memang memiliki lalu lintas yang ramai dan dipenuhi oleh truk. Untuk melewati tanjakan tersebut, ada teknik tertentu yang biasa digunakan.

Di sekitar lokasi memang belum ada petugas secara khusus dari Kepolisian untuk mengatur rotasi kendaraan di Tanjakan tersebut, namun sudah ada seorang relawan yang membantu memperlancar keluar masuknya kendaraan di lokasi tersebut. 

Bahkan tanjakan di Sitinjau Lauik ini juga sering dijadikan konten video karena sering dilewati kendaraan-kendaraan besar, misalnya bus dan truk. Banyak orang yang senang menyaksikan ketika truk bermuatan besar berhasil melewati tanjakan tersebut. Apalagi ada bus yang sedang viral karena berhasil melewati tanjakan tersebut dengan baik, mengingat itu adalah bus double decker yang terkenal panjang dan tinggi, namun akhirnya bus bisa lancar melewati tanjakan tersebut.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap