Mengungkap Sejarah Perang Paling Lama di Dunia

Mengungkap Sejarah Perang Paling Lama di Dunia 1

Perang telah menjadi tradisi turun temurun bahkan hingga berabad-abad lamanya. Perang jaman dahulu lebih di identikkan dengan adanya diplomasi mengenai adanya perebutan kekuasan dan wilayah.

Ada perang yang terjadi bahkan selama beratus-ratus tahun lamanya, hingga turun temurun oleh keturunannya.

Berikut perang terlama di jagad raya ini :

Reconquista

reqonquista (sumber gambar : spainbg)
reqonquista (sumber gambar : spainbg)

Perang pertama bernama perang Reconquista, yang juga disebut dengan Perang Salib Iberia.

Perang ini dimulai pada tahun 711 saat para Muslim dari wilayah Afrika Utara mengkudeta wilayah Semenanjung Iberia dari wilayah Visigoth.

Kemudian terjadi pada abad ke-11 Masehi, dimana para ksatria Kristen semua Eropa berupaya akan mengambil kembali kekuasaan wilayah Spanyol dan Portugis saat itu. Kemudian pada tahun 1085, kaum Kristen mendapatkan  keberhasilannya saat Rajanya Alfonso VI mengambil alih kekuasaan wilayah Toledo.

Setelah itu selama beberapa abad setelahnya, Muslim Moor akhirnya kalah dalam peperangan di Las Navas de Tolosa. Itu merupakan kekalahan terbesar Muslim Moor dan sulit bagi mereka untuk menang.

Kota itu akhirnya menyerah pada tahun 1492, akhirnya konflik berkepanjangan selesai selama berabad-abad Muslim menyerah dan hanya tersisa di Granada.Perang ini bisa dikatakan perang paling lama di dunia, hampir dipastikan perang ini terjadi hampi selama  781 tahun lamanya atau selama tujuh abad lamanya.  

Perang Inggris-Prancis

napoleon bonaparte dan pasukannya (sumber gambar : wikipedia)
napoleon bonaparte dan pasukannya (sumber gambar : wikipedia)

Perang Inggris Perancis ini terjadi antara Inggris dan Perancis terjadi pada tahun 1006 saat William Duke of Normandy, serta 7.000 pasukan militer Perancis menyerang wilayah Inggris.

Duke menyakini jika ia memiliki kekuasaan di wilayah Inggris saat itu. Perang ini terjadi selama 750 tahun lamanya dan akhir dari peperangan adalah saat Napoleon Bonaparte takluk ditangan Inggris.

Perang itu mengakibatkan negara lain terlibat, dalam pertempuran Waterloo, dan Perancis diserang oleh beberal negara yang tergabung dengan Inggris.

Perang Bizantium-Bulgaria 

Mengungkap Sejarah Perang Paling Lama di Dunia 3

Perang terlama berikutnya adalah perang Bizantium Bulgaria. Perang ini dimulai pada tahun 681 saat Kekaisaran Bulgaria pertama dimulai dan terjadi konflik peperangan dengan kekaisaran Bizantium.

Konflik muncul saat Kekaisaran Bulgaria mengalami kekalahan dan mulai tak berdaya. Hal tersebut terjadi sebagai akibat dari banyaknya perang yang dilakukan oleh kekaisaran Bulgaria di abad ke 10 Masehi.

Titik poinnya saat Kekaisaran Bulgaria berada di wilayah kekaisaran Bizantium. Hal tersebut terjadi pada tahun 1018. Setelah beberapa waktu kemudian akhirnya Kekaisaran Bulgaria berhasil diambil alih kembali dari wilayah kekaisaran Bizantium.

Hak tersebut terjadi karena Bizantium sedang ada masalah. Posisi akhirnya berbalik Kekaisaran Bulgari kembali berkuasa dan konflik tak hentinya terjadi. Kekerasan terjadi terus menerus, meski kedua pihak sudah berdamai. Perang akhirnya dilanjutkan sampai tahun 1396, saat Bulgaria akhirnya menyerah dari Turki Ottoman. 

Saat itu pula akhir dari peperangan yang sangat lama hampir 715 tahun lamanya dan Kekaisaran Bizantium juga jatuh ke tangan Turki. Akhir dari sebuah dua Kekaisaran besar saat itu.

Perang Romawi-Persia

Mengungkap Sejarah Perang Paling Lama di Dunia 4

Perang berikutnya adalah perang Romawi Persia yang berlangsung selama 681 tahun.

Perang Romawi-Persia merupakan peperangan antara Kekaisaran Romawi dengan Kekaisaran Persia pada tahun 54 Sebelum Masehi.

Perang ini lebih menitikberatkan perebutan wilayah atau teritorial dengan adanya permasalahan kecil karena perbedaan agama.

Kedua kubu baik bangsa Romawi dan Persia saling menang dna kalah, namun akhirnya melemah karena saat itu bangsa Arab mulai bersatu.

Perang terlama adalah perang Reconquista selama 781 tahun lamanya. Dan peperangan merupakan konflik yang lebih menitikberatkan adanya perbedaan faham dan keyakinan saja.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

boban