Mengupas Tuntas Persoalan ‘Perubahan Iklim’ melalui Novel Dunia Anna

Mengupas Tuntas Persoalan ‘Perubahan Iklim’ melalui Novel Dunia Anna

Perubahan iklim merupakan salah satu isu yang saat ini menjadi perhatian semua pihak.

Menurut Boateng & Boateng (2015) bahwa perubahan iklim adalah sebuah masalah kebijakan publik terbesar di zaman ini. Mengenai perubahan iklim, United States Global Climate Change Programme (dalam Okoli & Ifeakor, 2014) perubahan iklim didefinisikan sebagai reaksi ekstrem fenomena cuaca yang menciptakan dampak negatif pada sumber daya pertanian, sumber daya air, kesehatan manusia, penipisan lapisan ozon, vegetasi dan tanah, yang menyebabkan dua kali lipat dari konsentrasi karbon dioksida dalam ekosistem.

Baca juga  Pergaulan Memengaruhi Keimanan Seseorang Tergambar dalam Novel Atheis

Berbicara mengenai perubahan iklim, terdapat novel yang menceritakan mengenai persoalan iklim. Novel tersebut merupakan buku pertama dari Jostein Gaarder. Mengenai karyanya yang berjudul Dunia Anna, Jostein Gaarder berhasil menyuntikkan paradigma baru kepada para pembacanya tentang masalah lingkungan yang akan terjadi selama beberapa tahun ke depan dan hal tersebut dilakukan oleh generasi saat ini.

Baca juga  'Arah Langkah' Sebuah Novel Perjalanan Mencari Jati Diri atau Melarikan Diri?

Anna adalah sosok remaja cerdas dan tekun yang cara berpikirnya lebih dewasa dibandingkan dengan remaja seusianya. Oleh karena itu, Anna senang ketika Dokter Benjamin memperlakukannya seperti orang dewasa. Anna tertarik pada permasalahan lingkungan. Sementara itu, tokoh Jonas adalah sosok pacar yang kooperatif dan juga cerdas.Sementara itu, tokoh Dokter Benjamin berperan sebagai pencetus ide agar Anna dan Jonas membentuk sebuah organisasi lingkungan hidup.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Syifa Aulia Rahma